Upacara Pertobatan Argam Samaya di VVBS

Om Mani Padme Hum!
Dalam rangka pergantian tahun 2008 ke tahun 2009, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan dua buah Upacara yaitu pertama, Upacara Pertobatan Argam Samaya (San Mei Shui Chan) yang dipimpin oleh Vajra Acharya Lian Hua Chang Zhi dari Amerika dan didampingi oleh Vajra Acharya Lian Yuan beserta para Bhikkhu dan Bhikkhuni Lhama. Kedua, Upacara Api Homa Pemberkatan dan Penyeberangan Amitabha Buddha yang dipimpin oleh Vajra Acharya Lian Yuan dan didampingi oleh Bhikkhu dan Bhikkhuni Lhama.
Upacara ini berjalan selama 3 hari dimulai tanggal 29 Desember 2008 sampai dengan 31 Desember 2008. VVBS pertama kali menyelenggarakan upacara Pertobatan Argam Samaya. Walaupun pertama kali, semua umat yang hadir pada upacara ini tidak sulit untuk mengikutinya karena pada dasarnya sama seperti upacara pertobatan lainnya. Pada upacara ini, Vajra Acharya Lian Hua Chang Zhi secara langsung memimpin upacara pertobatan ini. Di akhir upacara pertobatan ini Vajra Acharya Lian Hua Chang Zhi mewakili Maha Guru untuk memberika Abhisekha Pemberkahan Padmakumara Putih.
Upacara Api Homa Pemberkatan dan Penyeberangan Amitabha Buddha ini menjadi penutup akhir dari Pertobatan Argam Samaya. Upacara Api Homa ini dipimpin oleh Vajra Acharya Lian Yuan tetapi Vajra Acharya Lian Hua Chang Zhi tidak dapat mendampingi dikarenakan Beliau harus ke daerah lain untuk Pembabaran Dharma.
Di akhir Upacara Api Homa tersebut, Vajra Acharya Lian Yuan juga mewakili Maha Guru untuk memberikan Abhiseka Pemberkahan Amitabha Buddha. Upacara pertobatan dan upacara api homa berjalan dengan sukses dan sempurna menjadi penutup akhir tahun 2008 dan menjadi awal tahun 2009. Semoga di tahun 2009 bisa lebih baik dari tahun 2008. Happy New Year!
Om Mani Padme Hum!

Leave a comment

Your comment