Upacara Mandi Rupang menyambut Waisak 2009

Bulan Mei 2009

3 Mei 2009
Om Mani Padme Hum!
Saudara saudari se-dharma yang berbahagia.
Setiap tahun semua umat beragama Buddha memperingati sebuah hari suci dimana Sakyamuni Buddha Lahir, mencapai Penerangan Sempurna dan Parinibhana, hari ini disebut hari raya Tri Suci Waisak. Pada tahun 2009 ini, hari Waisak 2553 jatuh pada tanggal 9 Mei 2009.
Untuk memperingati hari Waisak, tanggal 3 Mei 2009 pukul 16.00 WIB, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Sakyamuni Buddha dan Upacara Mandi Rupang (浴佛節) yang dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan didampingi oleh Bhikkhu Lhama Lian Pu, Bhikkhu Lhama Lian Tai dan Bhikkhuni Lhama Lian Xia.

Upacara ini diselenggarakan di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya.
Maksud dari “Mandi Rupang (Yi Fo)” sebenarnya bermula dari Ketika Sang Buddha berada di suatu kota, di kota tersebut ada sebuah gunung ketika itu ada 1 Boddhisatva yaitu Qing Qing Hui Pu Sa, Beliau juga merupakan Avalokitesvara, dan Manjusri Bodhisattva bertanya kepada Sang Buddha “Bagaimana cara kita membersihkan diri?” Sang Buddha menjawab “Dengan cara Memandikan rupang. ketika memandikan rupang, visulisasi, dan membaca 1 syair yaitu “Saya pada hari ini atau sekarang memandikan Buddha untuk membersihkan pikiran, dan pahalanya adalah untuk menambah serta memperindah pahala di alam mana saja atau semua tanah alam bagaikan lautan yang tak bisa diukur, dan membersihkan 5 racun semua badan dan terlepaskan, serta bersama sama berhasil menjadi Buddha. Selain itu ada beberapa pahala yang lain yaitu setelah mandi rupang perasaan menjadi tenang, Buddha hadir di hadapan kita dan bersama Buddha memandikan rupang. Pada saat mandi rupang (Yi fo) kita bisa mempersembahkan minyak wangi, dupa, untuk membersihkan dan mencucikan diri Buddha. Kita dapat mengikuti acara mandi rupang merupakan jodoh yang sangat bagus. Setelah selesai mandi rupang, airnya dapat diambil untuk dibawa pulang. Pada saat memandikan rupang, jangan lupa visulisasikan kita memandikan diri sendiri.

Bagi saudara saudari se-dharma yang ingin mendaftarkan nama-nya untuk dituliskan di kayu homa pada Upacara Api Homa Sakyamuni Buddha ini dapat mengisi form pendaftaran homa pada website www.jingen.org pada menu Daftar ==> homa.
Ket : 1 keping kayu homa untuk 1 nama Rp. 10.000,-
untuk Pendaftaran paling lambat 1 jam sebelum Upacara diselenggarakan.
Ketengan lebih lanjut : contactus@jingen.org

Info bagi semuanya, bahwa pada tanggal 9 Mei 2009 akan diadakan Acara Menyambut detik-detik hari Tri Suci Waisak (pukul 11.10 WIB ) di Candi Borobudur
Info selanjutnya hubungi Vihara Vajra Bhumi Jayakarta

Terima kasih!
Om Mani Padme Hum!

Comments (1)

AnnaHopnMay 14th, 2009 at 2:27 pm

Hi, Amazing! Not clear for me, how offen you updating your shenlun.jingen.co.uk.
Have a nice day

Leave a comment

Your comment