Dokumentasi Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Usnisa Vijaya Bhagawati 22 November 2009

Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Usnisha Vijaya Bhagawati
22 November 2009

Om Mani Padme Hum!
Minggu, tanggal 22 November 2009 Vihara Vajra Bhumi menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Usnisa Vijaya Bhagawati (南無尊勝佛母息災,祈福,超度護摩火供大法會). Upacara dipimpin oleh Vajra Acharya Lian Yuan dan didampingi oleh Bhikkhu Lhama Lian Pu, Bhikkhu Lhama Lian Xia serta Pandita Lokapalasraya. Umat yang hadir dalam mengikuti upacara ini kurang lebih ada 200 orang umat.
Satu hari sebelum Upacara dimulai, Vajra Acharya dan para Bhikkhu Lhama membuat sebuah mandala Usnisha Vijaya Bhagawati. Mandala ini terdiri dari 3 tingkat dimana tingkat pertama dari atas terdapat rupang Usnisa Vijaya Bhagawati, di tingkat kedua terdapat pagoda Tathagata Usnisha Vijaya, di tingkat ketiga terdapat rupang para Dharmapala antara lain Acalanata, 4 Raja Langit, dll. Di sekeliling rupang tersebut terdapat persembahan yaitu 5 persembahan, antara lain bunga, garu, lilin, teh dan buah.
Sebelum upacara dimulai, umat – umat yang hadir sibuk untuk mendaftarkan keluarga mereka di kayu homa, formulir pemberkahan, dan mendaftarkan leluhur mereka di formulir penyeberangan. Pada upacara ini, panitia khusus menjual lilin yang akan diletakkan di mandala Usnisa Vijaya Bhagawati, gunanya adalah untuk memberikan persembahan kepada Usnisa Vijaya Bhagawati dan juga memohon agar Usnisa vijaya Bhagawati dapat memberikan pemberkahan agar kita dapat diberikan penerangan sepanjang hidup kita ke depan.
Upacara dimulai pada pukul 16.30 wib. Upacara diawali dengan mempersilahkan Vajra Acharya untuk mempersembahkan dupa, bernamaskara, dll. Setelah memohon Maha Guru untuk memberikan Adhistana dengan membaca Mantra Padmakumara, kita melakukan visualisasi Usnisha Vijaya Bhagawati. Tampak semua umat berkonsentrasi mendengar Vajra Acharya Lian Yuan menjelaskan cara bervisualisasi serta memvisualisasikannya. Setelah selesai bervisualisasi maka membaca mantra Usnisa Vijaya Bhagawati yaitu ” Om Brum Suo Ha, Om A Mi Ta, A Yi La, Da De, Suo Ha”. Lalu Vajra Acharya menyalakan tungku homa dan siap melakukan persembahan homa. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Sutra Tathagata Usnisa Vijaya Bhagawati. Sutra ini dibaca dalam bahasa sansekerta karena Maha Guru mengatakan bahwa sutra ini tidak diterjemahkan dalam bahasa Mandarin.
Setelah selesai melantunkan Sutra tersebut, Vajra Acharya mengajak semua umat bersama – sama untuk mengelilingi bhaktisala, mandala Usnisha Vijaya dan Pagoda Tathagata Usnisha yang berada di lantai 1 vihara sambil diiringi mantra Usnisa Vijaya Bhagawati. Semua umat dengan khidmat mengelilingi bhaktisala, madala dan pagoda tersebut. Karena pagoda tersebut terletak di halaman depan vihara, maka walaupun ada umat yang tidak sempat memakai alas kaki mereka tetap khidmat mengelilinginya.
Upacara selesai pada pukul 18.00 wib. Vajra Acharya memberikan ceramah dharma mengenai pentingnya membaca sutra dan mantra Usnisa Vijaya Bhagawati. Di dalam buku Maha Guru tertulis bahwa, Sutra dan mantra Usnisha Vijaya Bhagawati bisa menyeberangkan leluhur kita maupun arwah janin yang menempel di tubuh kita. Selain itu juga Maha Guru mengatakan bahwa membaca sutra dan mantra Usnisa bisa mengubah nasib kita serta bisa terelak dari bencana 5 unsur (api, air, tanah, angin, kosong). Untuk itu Vajra Acharya mengatakan bahwa sutra dan mantra ini sangatlah penting bila ditambahkan dalam puja bakti kita sehari – hari di rumah.
Setelah selesai memberikan Dharmadesana, Vajra Acharya mewakili Maha Guru Lian Sheng untuk memberikan Abhisekha pemberkahan usnisha Vijaya Bhagawati.
Berkat Pancaran Cahaya Adhistana dari Maha Mula Acharya Lian Sheng, upacara api homa pemberkahan dan penyeberangan Usnisa Vijaya Bhagawati berjalan dengan sukses dan sempurna.
Om Mani Padme Hum!

Leave a comment

Your comment