Upacara Mandi Rupang 21 Mei 2010

Hello temen temen sedharma,

Om Mani Padme Hum!

Setiap tahun semua umat beragama Buddha memperingati sebuah hari suci dimana Sakyamuni Buddha Lahir, mencapai Penerangan Sempurna dan Parinibhana, hari ini disebut hari raya Tri Suci Waisak. Pada tahun 2010 ini, hari Waisak 2554 jatuh pada tanggal 28 Mei 2010.

Tanggal 21 Mei 2010 bertepatan dengan hari suci Sakyamuni Buddha.Untuk memperingati hari Trisuci Waisak dan hari suci Sakyamuni Buddha, tanggal 28 Mei 2010 pukul 19.00 WIB, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Mandi Rupang (浴佛節) yang dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan didampingi oleh para Bhikkhu Bhikkhuni Lhama serta pandita lokapalasraya. Upacara ini diselenggarakan di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya.

Maksud dari “Mandi Rupang (Yi Fo = 浴佛 )” sebenarnya bermula dari Ketika Sang Buddha berada di suatu kota, di kota tersebut ada sebuah gunung ketika itu ada 1 Boddhisatva yaitu Qing Qing Hui Pu Sa, Beliau juga merupakan Avalokitesvara, dan Manjusri Bodhisattva bertanya kepada Sang Buddha “Bagaimana cara kita membersihkan diri?” Sang Buddha menjawab “Dengan cara Memandikan rupang. ketika memandikan rupang, visulisasi, dan membaca 1 syair yaitu “Saya pada hari ini atau sekarang memandikan Buddha untuk membersihkan pikiran, dan pahalanya adalah untuk menambah serta memperindah pahala di alam mana saja atau semua tanah alam bagaikan lautan yang tak bisa diukur, dan membersihkan 5 racun semua badan dan terlepaskan, serta bersama sama berhasil menjadi Buddha. Selain itu ada beberapa pahala yang lain yaitu setelah mandi rupang perasaan menjadi tenang, Buddha hadir di hadapan kita dan bersama Buddha memandikan rupang. Pada saat mandi rupang (Yi fo) kita bisa mempersembahkan minyak wangi, dupa, untuk membersihkan dan mencucikan diri Buddha. Kita dapat mengikuti acara mandi rupang merupakan jodoh yang sangat bagus. Setelah selesai mandi rupang, airnya dapat diambil untuk dibawa pulang. Pada saat memandikan rupang, jangan lupa visulisasikan kita memandikan diri sendiri.

Temen – temen sedharma yang berada di kota Palembang dan sekitarnya jangan lupa hadir pada upacara ini.
Semoga Maha Guru selalu memberkati kita semua

Terima kasih!

Om Mani Padme Hum!

Comments (1)

Dokumentasi Upacara Rupang Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya 2010 | VVBS and SBS CornerMay 29th, 2010 at 11:02 pm

[…] Temukan penjelasan mengenai Mandi Rupang (Yi Fo = 浴佛) di sini […]

Leave a comment

Your comment