Bhagawati

Majalah dharma talk edisi Juli 2008 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2008/juli/
Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Bhagawati dari Majalah dharma talk edisi Juli 2008

Tatagatha Usnisa Vijaya DharaniSiswa saya yang bermarga Wang mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut: “Mahaguru, di vihara Tantra, saya melihat setiap pratima dari Vajra Vidyaraja, masing-masing memeluk sesosok Bhagawati, apa pengertian dari Bhagawati?””Di Vihara Karmayogi saya bertemu seorang pelayan rinpoche, pelayan ini adalah seorang wanita, lantas saya bertanya padanya bagaimana seharusnya saya memanggilnya? Ia menjawab seharusnya memanggilnya dengan sebutan Bhagawati. Benarkah bila saya memanggilnya Bhagawati?”

“Banyak adinata dalam ajaran Tantra yang dijuluki Bhagawati, misalnya, Prajna Bhagawati, Cundi Bhagawati, Simhavajra Bhagawati, Sitatapatra Bhagawati, Usnisa Vijaya Bhagawati, Kurukulla Bhagawati, dan lain sebagainya. Apa artinya?”

“Di dalam ajaran Tantra terdapat predikat Tara dan Dhara, apakah Tara dan Dhara adalah Bhagawati?”

“Di dalam tradisi Tantra terdapat Vajra Vahari, Anattawati, Gaolimu, Kelimu, Kaximu, Dongbimu, dan lain-lain. Apakah semuanya adalah Bhagawati?” Siswa bermarga Wang mengajukan banyak pertanyaan seputar Bhagawati, namun, saya bisa menjawab seluruh pertanyaannya sekaligus. Sutra Tantra disebut dengan “Xu”.
Kitab Sutra ayah Dharma kemudahan.
Kitab Sutra ibu Dharma kebijaksanaan.

Ajaran Tantra menyebut kebijaksanaan sebagai Bhagawati, bahkan Kitab Sutra yang berisi tentang Prajna disebut sebagai Sutra Bhagawati. Pengertian dari Bhagawati adalah ibu yang melahirkan semua kebijaksanaan, bahkan memandang semua Buddha dilahirkan oleh Bhagawati. Di sini kebijaksanaan melambangkan:
Mahasukha (kebahagiaan tertinggi),Terang, Sunya (kekosongan).

UKesimpulannya:
Bhagawati melambangkan kebijaksanaan, kebijaksanaan melambangkan sunya, sunya melahirkan segala sesuatu. Di dalam tradisi Tantra, Bhagawati membantu sadhaka mencapai:
Mahasukha, terang, pembebasan, dan kebuddhaan.
Pratima yab-yum dalam tradisi Tantra:
Melambangkan kolaborasi antara kemudahan dan prajna.

Pelayan wanita dari Rinpoche Tibet dipanggil Bhagawati, kita boleh menganggapnya sebagai orang yang membantu Sang Rinpoche mencapai kebuddhaan. Bhagawati di dalam adinata Tantra memiliki sebutan terhormat yang berbeda-beda berdasarkan fungsi kebijaksanaan-Nya.
Ada Bhagawati tolak bala.
Ada Bhagawati kemakmuran.
Ada Bhagawati keharmonisan.
Ada Bhagawati penaklukan.
Ada Bhagawati panjang umur.

Keduapuluhsatu Tara adalah Bhagawati kategori ini, Dhara pun demikian. Vajra Vahari, Anattawati, dan lain-lain adalah Bhagawati yang membantu Tantrika mencapai pencerahan. Jadi, kita sering mengatakan bahwa Buddha yang tidak terhingga dilahirkan oleh Bhagawati yang tidak terhingga. Prajna Bhagawati menduduki posisi tertinggi, Ia adalah sumber dari kebijaksanaan, kedudukan-Nya setara dengan Buddha. Ia adalah Bhagawati yang mempunyai pengetahuan tertinggi, mencapai pencerahan,
dan menduduki posisi tertinggi. Ajaran Tantra tidak meremehkan wanita, bahkan menyebut semua wanita sebagai Bhagawati.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

  • * Penjelasan Maha Guru mengenai asal Acalanatha, arti dari pedang dan tali yang dibawa oleh Acalanatha.
  • * Bagaimana agar umat manusia memahami Maha Guru?.
  • * Maha Guru memaparkan bagaimana cara menekuni Samadhi
  • * Maha Guru membantu tante besar dari California untuk mengatasi penyakit Insomnia yang dideritanya selama beberapa tahun.
  • * Mahaguru menjawab 9 pertanyaan seputar sadhana Dhumapuja dan ceramah tentang “Dharma ketenangan”
  • * Tata Cara Sadhana (Liturgi) Dhumapuja
  • * Ada orang yang menganggap bahwa Sutra Raja Agung adalah Sutra palsu , bagaimana orang tersebut bisa paham bahwa Sutra Raja Agung merupakan jalan praktek dan sangat unggul
  • * Penjelasan Maha Guru mengenai asal usul Ucchusma Vidyaraja, penjelasan Maha Guru mengenai Bodhisattva sila yaitu seorang penerima sila Bodhisattva dianggap melakukan dosa meremehkan dan mengabaikan bila tidak pergi mendengarkan Bijaksanawan berceramah dharma meskipun dirinya mempunyai waktu untuk mendengarkannya. Seorang Vajra Acarya harus hadir pada saat Maha Guru mentransmisikan Sadhana Penting.

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

  • Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
  • Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

  • Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
  • Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
  • Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
  • Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: www.facebook.com/VVBS.Palembang
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment