Kebimbangan Di hatiku

Majalah dharma talk edisi September 2010 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2010/september/
Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Kebimbangan Di hatiku dari Majalah dharma talk edisi Januari 2011

Pak Chu Fei adalah redaktur utama dari ‘Pohon Bodhi’, sebuah majalah bulanan Budhisme.

Aku pikir, “Karena ia setiap hari bergelut didalam bidang pengetahuan Budhisme, pastilah ia seorang yang bijaksana. Mungkin aku dapat belajar sesuatu darinya.”Aku memutuskan untuk mengunjunginya dikota Tai-Chung.

Aku ceritakan kepada Pak Chu Fei dan istrinya mengenai pengalaman pengalamanku dengan dunia roh yang begitu aneh tapi nyata dan mengenai keinginanku untuk belajar lebih jauh. Pak Chu menggelengkan kepala dan menyatakan bahwa hal-hal yang kuceritakan itu tidak mungkin terjadi. Bahkan istrinya mulai membacakan mantra kepadaku; ia membaca mantra Maha Karuna Dharani.

“Nyonya Chu,” kataku, “Aku juga membaca mantra ini setiap hari.”

“Oh! Begitukah?” jawabnya dengan agak malu. Didalam pikiran nyonya Chu, aku pastilah seorang yang kalau bukan sedang sakit ingatan pastilah kerasukan setan. Mantra Maha Karuna Dharani (Tai Pei Chou) sangatlah berkhasiat besar untuk mengusir setan. Aku melafal mantra ini begitu sering sampai-sampai aku dapat melafalnya mulai dari belakang, dari depan, maupun dari tengah.

Pak Chu, setelah terdiam sejenak, akhirnya berkata, “Menurut pendapat saya engkau ini kerasukan setan. Tidak ada obatnya untuk ini.”

“Orang yang membina batin menekuni Dharma itu seperti kayu yang terapung disungai,” kataku. “Arus sungai membawanya. Bila tepi sungai dan arus balik tidak membuatnya rusak, maka akhirnya kayu itu dapat tiba dilautan. Orang-orang yang melatih batin, bila tidak tersesat atau tergoda (Mara), bila mereka mengikuti hati nurani mereka yang bersih dan tanpa pamrih, secara hukum alam dijamin dapat mencapai Tao. Aku merasa sangat beruntung mendapatkan pengalaman pengalaman dengan dunia roh yang aneh tapi nyata ini. Tapi anda menyebut semua ini sebagai perbuatan setan.”

Pak Chu dan istrinya memandangku tanpa menjawab. Akhirnya, Pak Chu berkata “Saudara Lu, maafkan pengetahuanku yang rendah. Lebih baik anda mengunjungi guru kami, Li Ping-nan. Kami adalah murid beliau. Ia telah memuja Buddha jauh lebih lama dibandingkan kami dan ia lebih bijaksana. Mungkin beliau dapat menjawab pertanyaan pertanyaanmu. Pengalaman-pengalamanmu sungguhlah unik!”

Aku mengucapkan terima kasih dan bersujud dihadapan arca Ksitigarbha Bodhisattva dan Sang Buddha. Ketika aku meninggalkan rumah mereka aku mulai bertanya kepada diri sendiri, “Betulkah semua yang kualami datang dari setan?” Ketika aku sedang bimbang seperti itu, sebuah lingkaran sinar aura muncul didepan mataku. Ditengahnya duduk seorang Bodhisattva bermahkotakan 5 Buddha dengan warna emas.

Aku adalah penjelmaan Bodhisattva dari gunung Chiu-hua. Aku lihat engkau mulai bimbang. Aku datang untuk menasihatimu: jagalah benih Buddha (Aku sejati, non-Aku) didalam dirimu. Teruslah membina diri tanpa menginginkan apa-apa. Begitulah engkau harus berprinsip. Ingatlah selalu bahwa setiap orang adalah Buddha. Engkau
adalah Buddha.”

“Lian-sheng, Buddha adalah non-Buddha dan non-Buddha adalah Buddha. Bila engkau merasa hidup diantara non-Buddha merupakan sebuah masalah, maka hidup diantara Buddha juga merupakan masalah. Engkau sedang menghadapi ujian. Aku datang untuk menasihatimu : janganlah bimbang.”

Setelah beliau menyampaikan pesannya itu, sinar itupun lenyap dari pandanganku.
Aku dapatkan aku sedang berdiri dipersimpangan jalan.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

  • * “Orang yang membina batin menekuni Dharma itu seperti kayu yang terapung disungai,” kataku. “Arus sungai membawanya. Bila tepi sungai dan arus balik tidak membuatnya rusak, maka akhirnya kayu itu dapat tiba dilautan. Orang-orang yang melatih batin, bila tidak tersesat atau tergoda (Mara), bila mereka mengikuti hati nurani mereka yang bersih dan tanpa pamrih, secara hukum alam dijamin dapat mencapai Tao. Aku merasa sangat beruntung mendapatkan pengalaman pengalaman dengan dunia roh yang aneh tapi nyata ini. Tapi anda menyebut semua ini sebagai perbuatan setan.”
  • * Pendapat seorang guru tersohor tentang diriku
  • * Apa itu dewa dan hantu? untuk orang awam, ini bukanlah pertanyaan yang mudah untuk dijawab; karena mereka tidak dapat melihatnya, mendengar atau merasakannya (mereka milik dunia spiritual). Karena topik pada Dewa dan Hantu adalah kompleks dan membingungkan. yang menyebutkan mereka akan mengakibatkan banyak penerjemahan yang tidak nyata.
  • * Adakalanya hantu bisa mengganggu kehidupan manusia atau malah bisa menguasai badan manusia sehingga si manusia menjadi medium. untuk kasus kasus yang lebih parah, si korban menjadi gila dan harus masuk ke rumah sakit jiwa. Orang orang yang menderita penyakit jenis ini akan mempunyai tingkah laku lebih dari satu orang (dalam ilmu jiwa, umum dikenal dengan istilah multiple personality)
  • * Adakalanya hantu bisa mengganggu kehidupan manusia atau malah bisa menguasai badan manusia sehingga si manusia menjadi medium. untuk kasus kasus yang lebih parah, si korban menjadi gila dan harus masuk ke rumah sakit jiwa. Orang orang yang menderita penyakit jenis ini akan mempunyai tingkah laku lebih dari satu orang (dalam ilmu jiwa, umum dikenal dengan istilah multiple personality)
  • * Kekuatan seorang Bodhisattva sungguh tidak terkirakan. Kekuatan untuk selalu semangat mencapai kebuddhaan, kekuatan kebijaksanaan menaklukkan Mara dan kegelapan batin, kekuatan kasih sayang dan welas asih menyebrangkan semua makhluk ke Pantai Seberang, Nirvana, itulah kekuatan agung Bodhisattva Mahasattva. Salah satu Bodhisattva Mahasattva yang memiliki kekuatan luar biasa itu adalah Bodhisattva Mahasthama- prapta (Mahasthamaprapta), atau dalam Mahayana Tiongkok dikenal dengan nama Dashizhi Phu Sa.
  • * Sutra apakah yang terbaik? mantra apakah yang paling berpahala? seseorang mengajukan kedua pertanyaan ini kepada saya. jawaban saya adalah, yang paling menarik hati anda adalah yang terbaik. mantra dan sutra tidak bisa dibandingkan nilainya satu dengan yang lain. pembacaan mantra atau sutra dianggap berhasil bila yang membacanya dapat menggunakannya untuk memutar roda Dharma.
  • * “Pertobatan” (Ksamaya : mohon kesabarannya agar jangan mencela, atau dengan arti : mohon diampuninya) merupakan mata rantai yang sangat penting dalam Buddha Dharma. dalam Buddha Dharma terdapat ritual berpuja sujud atas ritual pertobatan tersebut, itulah yang dinamakan ‘Sadhana Pertobatan’. sepeyangetahuan Saya, “Sadhana Pertobatan” dalam Buddha Dharma terdapat sebagai berikut : Sadhana Pertobatan Mulia Kaisar Liang; Sadhana Pertobatan Air; Sadhana Pertobatan Kencana Gemilang; Sadhana Pertobatan Avalokitesvara; Sadhana Pertobatan Amitabha; Sadhana Pertobatan Saddharma Pundarika; Sadhana Pertobatan Bhaisajyaguru; Sadhana Pertobatan Vaipulya.
  • * Cara Visualisasi Gatha Penyaluran Jasa.

=====================================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

  • Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
  • Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

  • Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
  • Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
  • Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
  • Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: www.facebook.com/VVBS.Palembang
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment