Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Padmakumara Putih

Temen – temen,
berikut ini adalah dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Padmakumara

Liputannya adalah sebagai berikut

Rabu, malam tahun baru imlek tanggal 2 Februari 2011 pukul 22.00 WIB, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Padmakumara Putih untuk memohon kepada Padmakumara putih agar dapat memberikan pemberkahan kepada kita di awal tahun baru imlek dan juga memberikan penyaluran jasa kepada semua para donator Majalah Enlightenment (感謝燃燈雜誌功德主). Upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan dan didampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya. Upacara ini dihadiri oleh kurang lebih sekitar 250 orang.
Sebelum upacara dimulai, umat yang hadir menulis kayu homa untuk mendaftarkan keluarga mereka dalam Upacara Api Homa ini sehingga bisa mendapatkan pemberkahan dari Padmakumara Putih.
Upacara api homa dimulai dengan Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu Pendupaan, kemudian pembacaan naskah doa, hingga Melafalkan Mantra Padmakumara. Sebelum melafalkan mantra Padmakumara, kita melafalkan sajak untuk mengundang Padmakumara Putih. Sajaknya adalah sebagai berikut :
自性蓮花法性身。右手說法左持蓮。
Zi Xing Lian Hua Fa Xing Shen You Shou Shuo Fa Zuo Chi Lian
Teratai pada jati diri adalah Dharmakaya. Tangan kanan membabarkan Dharma dan kiri memegang teratai.
化身遍滿千萬境。天衣寶飾妙莊嚴。
Hua Shen Bian Man Qian Wan Jing Tian Yi Bao Shi Miao Zhuang Yan
Nirmanakaya menenuhi beribu-ribu alam. Tampak agung dengan jubah surgawi dan mustika-mustika.
得承道顯密一身。融合傳承最上珍。
De Cheng Dao Xian Mi Yi Shen Rong He Chuan Cheng Zui Shang Zhen
Memperoleh silsilah Taoisme, Eksoterik, dan Esoterik dalam satu diri. Berbaur dalam silsilah adalah kondisi termulia.
真佛密法眾生導。普度群生而無餘。
Zhen Fo Mi Fa Zhong Sheng Dao Pu Du Qün Sheng Er Wu Yü
Sadhana Tantra Satya Buddha adalah penuntun para insan. Menyeberangkan semua insan tanpa sisa.

Memasuki tahap inti yaitu visualisasi Padmakumara. Cara visualisasinya sekaligus tata ritual sadhana Padmakumara Putih dapat download di http://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmakumara/

Setelah bervisualisasi, melafalkan mantra Padmakumara sebanyak 108 kali, memohon pancaran cahaya pemberkahan dari Padmakumara. Mantranya adalah : 嗡。咕嚕。蓮生。悉地。吽。(om. gu lu. lian sheng. xi di. hum).
Untuk download mantra Padmakumara beserta bulatan penjapaannya, silahkan klik http://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmakumara/

Memasuki puja homa, dimana Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa, pemberkatan dengan pemutaran japamala, melakukan Sima Bhandana di tungku homa, dan puja homa dimulai. Vajra Acarya mempersembahkan sarana puja ke dalam api homa, kemudian memperagakan mudra tolak balak dan pemberkahan diiringi alunan suara pembacaan mantra yang agung.

Setelah upacara selesai, Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma-Nya. Inti dari ceramah Beliau adalah Beliau mengucapkan selamat tahun baru imlek kepada semua umat yang hadir, semoga selalu sehat, rezeki berlimpah, keluarga harmonis, dan lain – lain. Tidak lupa juga berterima kasih kepada semua donatur Majalah Ran Deng (Enlightenment Magazine) Anumodana. Karena upacara hari ini juga untuk memberikan penyaluran jasa kepada para donatur majalah Ran Deng.

Selesai upacara, Vajra Acarya mewakili Maha Guru untuk memberikan Ang Pao sebagai simbolis memberikan pemberkahan atau rezeki kepada kita semua.

Upacara berjalan dengan sukses dan sempurna, terima kasih kepada seluruh umat yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga Maha Guru dan para Buddha Bodhisattva selalu memberkati anda dan keluarga

Semoga Maha Guru selalu memutar roda dharma.

Selamat Tahun Baru Imlek 2562

Om Mani Padme Hum

Leave a comment

Your comment