Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Yao Chi Jin Mu

Temen – temen,
berikut ini adalah dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Yao Chi Jin Mu

Liputannya adalah sebagai berikut

Minggu, Tanggal 23 Januari 2011 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan upacara Api Homa Pemberkahan Yao Chi Jin Mu. Upacara ini dimulai pada pukul 16.0 WIB dipimpin oleh V.A Lian Yuan (釋蓮元金剛上師主壇). Sebelum upacara dimulai, saudara – saudari sedharma sibuk untuk mendaftarkan keluarga mereka untuk dituliskan di kayu homa. Upacara berlangsung dengan sangat khidmat saat pembacaan mantra, sutra, serta proses visualisasi.

Memasuki tahap inti yaitu visualisasi Maha Dewi Yao Chi. Cara visualisasinya adalah 大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有白色種子字吽字,放大白光。月輪中吽字旋轉,化為無極瑤池金母,戴鳳冠持拂塵及如意,面帶微笑,法相莊嚴,慈眼視眾生。觀想金母的手中拂塵及如意放白光上昇,成一弧形從密宗行者的頂竅灌入,行者透體成白色水晶透明,業障全消除。(或觀想金母天心部位放出一道白光,直照自己天心。金母喉部放出一道紅光,直照自己喉部。金母心輪放出一道藍光,直照自己心輪,白、紅、藍三光溶入自己身心。)
Diatas samudera, langit cerah tanpa awan, cakracandra muncul dari permukaan laut, ditengah cakracandra terdapat bijaksara HUM berwarna putih, memancarkan cahaya putih. Bijaksara HUM berputar searah jarum jam, berubah menjadi Yaochijinmu, memakai mahkota feniks, tangan kanan membawa Vjayana, tangan kiri membawa Ruyi. Berupa agung, tersenyum dan menatap para makhluk dengan penuh kasih . Bervisualisasi vyajana dan ruyi memancarkan cahaya putih melesat keatas, membusur memasuki ubun ubun sadhaka, menyebar ke seluruh tubuh, karma buruk berubauh menjadi asap hitam keluar melalui pori pori tubuh, sekujur tubuh menjadi sebening kristal.
(Atau bervisualisasi cakra dahi Yaochijinmu memancarkan cahaya putih menyinari dahi kita. Leher Yaochijinmu memancarkan seutas sinar merah menyinari leher kita, dan cakra hati Yaochijinmu memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita.)

Setelah bervisualisasi, melafalkan mantra Yao Chi Jin Mu sebanyak 108 kali, memohon pancaran cahaya pemberkahan dari Yao Chi Jin Mu. Mantranya adalah : 嗡。金母悉地。吽。」 (om. jin mu xi di. hum). Kemudian membaca sutra dari Yao Chi Jin Mu. Untuk download mantra Yao Chi Jin Mu tersebut, silahkan klik di sini.

Memasuki puja homa, dimana Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa, pemberkatan dengan pemutaran japamala, melakukan Sima Bhandana di tungku homa, dan puja homa dimulai. Vajra Acarya mempersembahkan sarana puja ke dalam api homa, kemudian memperagakan mudra tolak balak dan pemberkahan diiringi alunan suara pembacaan mantra yang agung.
Setelah upacara selesai, Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma-Nya. Inti dari ceramah Beliau adalah Yao Chi Jin Mu merupakan Dewi yang pertama kali membuka mata batin Maha Guru. Yao Chi Jin Mu, memiliki kekuatan besar, terlebih adalah dalam hal Virus atau wabah. Menurut Catatan Kisah Para Dewata Tiongkok, Yaochijinmu sendiri adalah memegang kuasa atas semua dewa wabah. Oleh karena itu bila terjadi wabah penyakit, hendaknya memohon pada Yao Chi Jin Mu, serta melafalkan mantra-nya atau membaca Nama Agung dari Yao chi Jin Mu, ini yang paling tepat.

Selesai upacara, Vajra Acarya mewakili Maha Guru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Yao Chi Jin Mu.

Upacara berjalan dengan sukses dan sempurna, terima kasih kepada seluruh umat yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga Maha Guru dan para Buddha Bodhisattva selalu memberkati anda dan keluarga

Semoga Maha Guru selalu memutar roda dharma.

Om Mani Padme Hum

Ingin mengetahui lebih jauh mengenai Yao Chi Jin Mu, silahkan lihat di link ini http://www.shenlun.org/artikel-lain/yao-chi-jin-mu/

Leave a comment

Your comment