Kunci dari Maha Puja

Kunci dari Maha Puja

Puja berarti mempersembahkan. Ke atas mengandung makna mendekati, melayani, menghormati. Ke bawah mengandung makna merasa simpati, mengasihani, memelihara.

Umumnya persembahan kita ada enam yaitu bunga, wewangian (parfum), air, dupa, makanan dan pelita yang masing – masing melambangkan dana, sila, ksanti (kesabaran), wirya (rajin, bersemangat), dhyana (meditasi) dan pradnya (kearifan).

Delapan persembahan dari Tantrayana adalah sangkha (cangkang keong), air pembersih (air sabun) dan enam persembahan di atas.

Selain itu masih ada tujuh persembahan, 27 persembahan dan 37 persembahan yang terdiri dari : Gunung Sumeru, Benua Purwawideha, Benua Jambudwipa, Benua Awargodaniya, Benua Uttarakuru, surya, candra, delapan benua kecil, cakraratna, hastiratna (gajah), aswaratna (kuda), maniratna (permata), parinayakaratna (jenderal), striratna (gadis), gerhapatiratna (kepala rumah tangga), botol mestika, gunung mestika, kerbau mestika, beras (bukan beras ketan), maharatnachatra (payung besar), ratnachatra kecil, gadis pemegang parfum, gadis penghibur, gadis kebun, gadis penyanyi dan gadis penari.

Delapan benua kecil terhitung sebagai delapan persembahan sehingga seluruhnya ada tiga puluh tujuh persembahan.

Baca kelanjutannya dan download di situs Vihara

Sumber:

  • Wajragarbha(1), diperbanyak oleh Yayasan Buddha Tantra Mahayana Indonesia. (diterjemahkan dari buku “Satyabuddha Dharmatidharma” yang diterbitkan pada bulan Maret 1988).
  • Compilled by: VVBS web team

    Leave a comment

    Your comment