Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 4 September 2011 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 4 September 2011 pukul 16.00 WIB dalam rangka hari suci Jambala Kuning, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning (南無黃財神息災祈福護摩火供大法會). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

Bulan 8 imlek telah datang menggantikan bulan 7 imlek, banyak orang yang bilang bahwa bulan 8 imlek ini sangatlah bagus melakukan segala hal, baik urusan rezeki, urusan pernikahan, dan lainnya. Hari suci Jambala kuning jatuh pada awal bulan 8 yaitu tepatnya tanggal 4 imlek, maka sangat pas untuk memohon rezeki di awal bulan. Sehingga mendengar Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya akan menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning, semua orang tentu tidak akan melewatkan kesempatan yang baik ini untuk berpartisipasi baik melalui formulir pemberkahan, kayu homa, atau berpartisipasi langsung mengikuti upacara ini untuk memohon pemberkahan dari Jambala Kuning.

Pukul 3 sore, vihara sudah dipadati oleh umat yang ingin berpartisipasi, ada yang menulis kayu homa, formulir pemberkahan atau mempersembahkan persembahan. Semua umat Zhenfo Zong mengetahui bahwa Jambala kuning suka sekali dengan yang manis – manis, sehingga kesempatan ini tidak akan dilewatkan oleh umat untuk mempersembahkan semua yang beraroma atau rasanya manis kepada Jambala Kuning contohnya coklat, susu, madu, dll.

Sebelum masuk ke tahap visualisasi Jambala Kuning, Vajra Acarya Lian Yuan mempersembahkan dupa di Altar jambala kuning, untuk bervisualisasi asap dari dupa tersebut. (untuk jelas visualisasinya, bisa dilihat di tata ritual sadhana Jambala Kuning / liturgi Jambala Kuning. Liturgi Jambala Kuning bisa Download di website shenlun http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-jambala-kuning/)

Selesai upacara homa, Vajra Acarya Lian Yuan menyampaikan ceramah dharma. Inti ceramah beliau adalah
dalam ceramah, Vajra Acarya sedikit bercerita mengenai pengalaman Beliau saat berkunjung ke Seattle untuk bertemu dengan Mahaguru dan berpartisipasi dalam upacara yang dipimpin oleh Mahaguru. di Seattle Mahaguru memimpin upacara Mahabrahma (大梵天王/四面佛) atau Da Fan Tian Wang atau lebih dikenal dengan Si Mian Fo. Saat Mahaguru memimpin Upacara Mahabrahma, Mahabrahma muncul dan mengatakan kepada Mahaguru bahwa banyak orang yang tidak mengetahui siapa itu Mahabrahma. Di dalam agama Kristen atau Khatolik Mahabrahma merupakan Allah, di dalam agama hindu Mahabrahma merupakan Mahabrahma Sang Dewa Pencipta, di dalam agama Buddha Mahabrahma bukan hanya Pencipta tetapi juga adalah adalah pelindung dharma. Banyak orang yang menganggap Mahabrahma merupakan dewa rezeki, itu juga benar karena Mahabrahma bisa memberikan rezeki. Di negara Thailand, banyak orang yang meletakkan Mahabrahma di mall (pusat perbelanjaan), karena dianggap sebagai dewa pelindung. Mahabrahma tidak hanya Tuhan para umat manusia, juga semua Tuhan dari Surga Dhyana Pertama

Mahabrahma mempunyai sifat agak sedikit cepat marah. Jika memohon kepada Mahabrahma, berjanji kepada Beliau, maka janji tersebut anda harus menepatinya, tidak ada alasan apapun untuk mengingkarinya. Jika anda menepatinya maka Mahabrahma pasti akan memberikan anda pemberkahan, tetapi jika anda mengingkarinya, maka Beliau akan sangat marah dan memberikan hukuman. Di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya juga mempersemayamkan altar Mahabrahma, sehingga tidak perlu jauh – jauh ke negara Thailand untuk memohon Beliau atau berdoa kepada Beliau.

Mahabrahma sangat menyukai tarian, di surga Tusita Beliau sangat suka melihat tarian. Jadi jika anda ingin mempersembahkan tarian kepada Beliau, anda bisa menarikan sendiri sebuah tarian, tidak perlu sampai mengundang orang Thailand untuk menari. Tarian apa saja boleh yang penting bagus. Untuk mempersembahkan persembahan kepada Mahabrahma, selain tarian, makan persembahan tidak harus mempersembahkan kelapa atau bunga, apa saja boleh. Di Thailand memang banyak orang yang mempersembahkan kelapa dan bunga karena orang Thailand suka dengan kelapa dan juga di Negara Thailand tersebut agamanya bukan hanya agama Buddha, tetapi agama Hindu dan Buddha menjadi satu.

Untuk mantra Mahabrahma serta mudra-Nya, silahkan lihat di website shenlun http://www.shenlun.org

Kemudian V.A Lian Yuan menjelaskan mengenai Jambala Kuning. Huang Cai Shen (黃財神) atau Jambala Kuning tentu tidak asing lagi bagi kita umat Zhenfo Zong. V.A Lian Yuan menjelaskan sedikit mengenai pengalaman Beliau melakukan Sadhana Jambala Kuning hingga bisa sukses seperti sekarang. V.A Lian Yuan juga berbagi tips kepada umat yang hadir yaitu bagaimana cara melakukan Sadhana Jambala Kuning Mahaguru. Tipsnya adalah Rupang atau foto Jambala Kuning di letakkan di atas beras, kemudian di depan rupang / Foto Jambala Kuning tersebut diletakkan 1 gelas arak, 1 gelas madu, 1 gelas susu, dan persembahan lainnya(persembahan ini harus lah yang manis – manis karena Jambala kuning sangat menyukai manis). Kemudia anda juga mengenakan pakaian berwarna kuning, tasbih berwarna kuning, dll. Semua berwarna kuning. Karena warna kuning melambangkan Zeng Yi (penambahan rezeki / berkah). Untuk visualisasinya, sama seperti yang terdapat di buku panduan puja bakti. Sewaktu melafalkan mantra jambala kuning “ Om zhen ba la cha leng cha na ye suo ha” tedapat 1 jambala kuning. Selain tasbih kuning, juga boleh tasbih mata kucing atau tasbih dari pohon Bodhi. Untuk gelas arak, madu dan susu, boleh menggunakan gelas besar atau gelas kecil (tergantung dengan kondisi pribadi). Setelah usai sembayang boleh di minum. Setiap hari persembahan tersebut diganti.Jika anda semua ingin sukses, rezeki berlimpah, anda harus setiap hari melafalkan mantra Mahaguru dan melakukan sadhana Jambala kuning.

Untuk Mantra Jambala Kuning beserta bulatan penjapaannya dapat di download di http://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/. Untuk artikel mengenai Jambala Kuning silahkan download di http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Upacara Api homa Pemberkahan Jambala Kuning telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya Adhisatana dari Mahaguru dan para Budha Bodhisattva. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Mahaguru selalu sehat dan senantiasa memutar roda dharma.

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment