Liputan dan Dokumentasi Upacara Dalam Rangka Hari Suci Bhaisajyaguru Buddha 26 – 27 Oktober 2011 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Dokumentasi dari Upacara Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Tanggal 26 – 27 Oktober 2011, pukul 19.00WIB dalam rangka hari suci Bhaisajyaguru Buddha, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di damping oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

Dalam kitab pertobatan Bhaisajyaguru Buddha terdapat 3 Bab (Bab atas, tengah, dan akhir / 上中下). Pada hari pertama (yaitu tanggal 26 Oktober 2011) dilaksanakan 2 Bab, dikarenakan pada bab tengah (中) tidak terlalu banyak yang dibaca. Sedangkan tanggal 27 Oktober 2011 dilaksanakan 1 Bab yaitu bab akhir. Bhaisajyaguru Buddha biasa dikenal dengan Medicine Buddha / Buddha obat / 藥師佛, tentu umat Zhenfozong tidak akan melewatkannya untuk berpartisipasi dalam upacara ini, karena Bhaisajyaguru Buddha adalah Buddha Obat / Medicine Buddha. Kita bisa memohon kesehatan kepada Beliau.

Upacara pertobatan berjalan dengan sempurna sesuai dengan tata ritual pertobatan. Selesai Upacara, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah Dharma. Inti dari ceramah Beliau selama 2 hari adalah :

Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha ini, jika kita melakukannya banyak sekali manfaatnya. Antara lain, bisa membuang hal yang tidak baik dan menghasilkan yang baik atau rezeki bisa datang, terhindar dari orang yang berniat tidak baik, terhindar dari ular berbisa, terhindar dari penyakit orang tua, bisa menghilangkan pikiran yang tidak baik, bisa menambah umur panjang, menjauhkan dari karma buruk, dan masih banyak lagi.

Di dalam sutra Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha tertulis bahwa melakukan pertobatan ini sebaiknya jangan memohon dengan tangan kosong, sebaiknya memberikan persembahan. Persembahan tersebut bisa berupa 5 persembahan (dupa, bunga, lilin, teh, buah), atau yang lainnya.

Zaman dulu, orang yang melakukan pertobatan ini adalah untuk memohon agar penyakit yang tidak bisa disembuhkan bisa hilang. Sampai sekarang, jika ada orang yang bertanya kepada Mahaguru, Mahaguru akan menganjurkan untuk melakukan Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha. Karena Inti dari melakukan Pertobatan ini adalah menghilangkan karma buruk, dan menghilangkan penyakit yang tidak bisa diobati oleh dokter (divonis dokter menderita penyakit berat). Dulu pernah ada orang yang bertanya dan memohon petunjuk dari Mahaguru, orang tersebut telah divonis oleh dokter bahwa menderita penyakit Kanker. Mahaguru mengatakan bahwa akan memberikan hu tetapi orang tersebut juga harus melakukan pertobatan Bhaisajyaguru Buddha.

Bhaisajyaguru Buddha mempunyai 12 Jendral Yaksa, 12 Jendral tersebut sangat berhubungan dengan kita karena setiap jendral dari ke – 12 Jendral tersebut masing – masing menjaga dan melindungi shio. Kita pribadi masing – masing juga memiliki shio. Contohnya ada jendral yaksa dari 12 Jendral tersebut melindungi orang yang bershio Naga, bershio macan, dll. Dalam Mandala Bhaisajyaguru Buddha, selain terdapat 12 Jendral Yaksa, di samping Bhaisajyaguru Buddha terdapat Bodhisattva Surya (Ri Guang Pu Sa / 日光菩薩) dan Bodhisattva Candra (Yue Guang Pu Sa / 月光菩薩) dan juga terdapat Yao Wang Pu Sa (藥王菩薩) dan Yao Shang Pu Sa (藥上菩薩). Keempat Nama Bodhisattva ini juga terdapat di dalam Sutra pertobatan Bhaisajyaguru Buddha. Mengapa jika kita melakukan pertobatan Bhaisajyaguru Buddha bisa menghilangkan penyakit, berncana dan menambah umur? Karena 12 Jendral yaksa tersebut pernah berjanji kepada Bhaisajyaguru Buddha bahwa jikga ada orang yang menyebut, melakukan, mengingat, bernamaskara dan menyatakan pertobatan di hadapan Bhaisajyaguru Buddha, maka mereka akan membantu dan melindungi orang tersebut.

Di dalam sutra itu juga tertulis bahwa kita tidak tahu telah melakukan kesalahan atau kecerobohan bai sengaja maupun tidak sengaja. Zaman sekarang banyak orang yang melakukan kesalahan tanpa memikirkan akibatnya. Karma yang diperbuat akan dibayar sekarang atau nanti atau pada kelahiran berikutnya. Orang tua yang melakukan karma, akan berakibat kepada anak cucu-nya juga. Mengapa? Karena sebab akibat. Anak cucu juga mewarisi semua dari orang tua, tidak hanya harta saja, tetapi karma juga diwarisi. Jika tidak, mengapa kita dapat terlahir di keluarga tersebut. Untuk itu, setiap kali Upacara pemberkahan dan penyeberangan, sebaiknya kita mendaftarkan nama leluhur kita sebagai donator atau dengan menulis formulir supaya leluhur kita yang melakukan kesalahan bisa dikurangi karma-nya, kita juga mendaftarkan diri kita sendiri dan memohon agar kesalahan kita bisa dikurangi. Dalam melakukan pertobatan kita juga bernamaskara untuk mewakili mereka dan diri kita sendiri. Sungguh bermanfaat sekali untuk kita dan leluhur kita.

Di dalah sutra juga tertulis bahwa melakukan pertobatan Bhaisajyaguru Buddha sangat bagus melakukannya selama 49 hari dengan menyalakan 49 lilin dan mempersembahkan 49 jenis persembahan.

Di dalam sutra juga tertulis bahwa Selama melakukan pertobatan, tidak boleh ada keraguan, atau berpikir yang jelek, misalnya berpikir bahwa apakah dengan melakukan pertobatan ini memiliki khasiatnya buat kita, dan lain sebagainya. Hal itu sangat tidak boleh, dalam melakukan pertobatan seharusnya dengan hati yang tulus, tidak penuh keraguan, sangat menghormati dan pikiran penuh dengan konsentrasi serta mendalami sutra tersebut. Jika orang yang membaca dan mendengar sutra pertobatan ini, maka akan mendapatkan pahala. Jika membaca utra ini harus mengeluarkan suara, jangan melafalkannya dalam hati, karena orang yang melafalkan dan orang yang mendengarkan akan mendapatkan pahala.

Sungguh karma yang sangat luar biasa jika dapat melakukan pertobatan ini.

Selesai upacara, V.A Lian Yuan mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka bersarana kepada umat baru dan abhiseka Pemberkahan kepada umat.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya Adhisatana dari Mahaguru dan para Budha Bodhisattva. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Mahaguru selalu sehat dan senantiasa memutar roda dharma.

Untuk download Mantra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

Untuk download Tata Ritual Sadhana Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/liturgi/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Untuk download Screen Saver silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment