Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Homa Amitabha Buddha 4-11 Desember 2011 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Amitabha Buddha :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Upacara Pertobatan 3000 Buddha (三千佛洪名寶懺) yang diselenggarakan oleh Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya dimulai pada tanggal 4-10 Desember 2011. Upacara ini di pimpin langsung olehVajra Acarya Lian Yuan, di dampingi oleh Dharmacarya, dan Para Bhikku Lhama

Kitab Pertobatan 3000 Buddha (三千佛洪名寶懺本經) terdapat 3 Bab, yang terdiri dari bagian atas (上), bagian tengah (中), dan bagian bawah / akhir (下). Pada Bab bagian atas terdapat nama-nama Budhha di masa lampau, pada Bab bagian tengah terdapat nama-nama Budhha di masa sekarang, dan pada Bab bagian bawah (akhir) terdapat nama-nama Budhha di masa akan datang. Manfaat dari kita partisipasi dalam setiap upacara pertobatan adalah dapat mengikis karma buruk kita, menjalin jodoh dengan para Buddha Bodhisattva, mendatangkan rezeki, kesehatan, dll. Dengan melakukan pertobatan, itu berarti kita dengan setulus hati menyatakan bertobat kepada para Buddha Bodhisattva.

Upacara pertobatan tanggal 4 Desember 2011 dimulai pada pukul 16:00 WIB, dan tanggal 5 s/d 10 acara dimulai pada pukul 19:00 WIB. Berbagai umat berpartisipasi dalam upacara ini, ada yang dari kota Palembang sendiri, dan ada juga yang datang dari luar kota Palembang. Upacara pertobatan kali ini berbeda dari biasanya, karena terdapat mandala di altar Dirgahayu dan altar Leluhur, serta antusiasnya umat yang berpartisipasi. 1 Minggu upacara berlangsung, tetapi jumlah umat yang hadir justru tidak berkurang. Pertobatan 3000 Buddha ini berarti kita bersujud kepada 3000 Buddha. Maka dari itu upacara ini berlangsung selama 1 minggu (7hari). Hari pertama dan hari kedua bersujud kepada 300 Buddha setiap hari. Hari ketiga bersujud kepada 400 Buddha, hari keempat sampai hari terakhir bersujud kepada 500 Buddha setiap hari. Total selama satu minggu adalah bersujud kepada 3000 Buddha sambil mengagungkan Nama Buddha. Sungguh luar biasa!

Di dalam kitab ini,pembacaan sutra tidaklah banyak, terfokus pada melafalkan nama – nama para Buddha kemudian melakukan Namaskara (bersujud).

Dalam upacara ini, umat yang hadir pun tidak melewatkan kesempatan untuk berpartisipasi melalui formulir pemberkahan, dan penyeberangan. Selain umat yang hadir, umat dari berbagai kota yang tidak dapat berpartisipasi langsung pun tidak melewatkan kesempatan ini untuk melakukan pendaftaran dalam formulir pemberkahan dan penyeberangan (terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dalam upacara ini, Semoga selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva).

Selama satu minggu ini berbagai persembahan dipersembahkan di altar, berbagai jenis kertas mantra atau kertas sembayang, teratai, dll dipersembahkan di altar Dirgahayu dan altar Leluhur. Selain mendaftarkan leluhur mereka, umat – umat yang berpartisipasi pun tidak lupa memberikan persembahan kepada leluhur mereka.

Minggu, 11 Desember 2011 merupakan upacara penutup dari upacara Pertobatan 3000 Buddha yaitu Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha. Akhir upacara, V.A Lian Yuan mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka bersarana serta abhiseka pemberkahan Amitabha Buddha kepada umat yang hadir. Setelah upacara selesai, hujan pun turun sangat deras, sungguh deras sekali hingga panita sedikit mengalami kesulitan membakar kertas sembayang. Walaupun kesulitan, tetapi tetap selesai semua dengan sempurna

Setiap selesai upacara, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah Dharma. Inti dari ceramah Dharma V.A Lian Yuan selama 1 minggu upacara berlangsung adalah.

Beliau menjelaskan secara singkat mengenai kitab Upacara Pertobatan 3000 Buddha.

3000 Buddha berasal dari ketika Sakyamuni Buddha menceritakan kepada umat. Sang Buddha bersaddha, ketika sebelum Sakyamuni Buddha, ribuan Kalpa yang lalu, Sakyamuni Buddha bersama Buddha Miao Guang. Pada zaman itu belum ada Buddha Dharma, belum ada juga Bhikkhu yang mempelajari Buddha Dharma.

Waktu itu ada 53 orang bersama – sama beranjali dan mendengarkan apa yang dituturkan (sabda) oleh Buddha Miao Guang. Kemudian 53 orang tersebut memahaminya serta mengetahui Buddha dharma tersebut. Kemudian mereka mencapai tingkat Kebuddhaan yang disebut 53 Buddha (五十三佛).

Setelah 53 Buddha itu memahami, kemudian dengan sukacita mengajarkan kepada 3000 orang. Ketika mereka memahami dan mengerti Buddha Dharma tersebut, Dan berubahlah menjadi ajaran. Dan 3000 orang tersebut dengan satu suara dan setulus hati memuji nama Buddha dan menghormati serta bernamaskara. Terjadilah 3000 Buddha. Demikian jodoh pahala ini dimulai hingga melampaui ribuan kalpa. Tetapi 3000 orang tersebut ada yang memahami lebih awal, ada yang terlambat memahami dan juga ada yang menengah (tidak terlalu cepat memahami dan juga tidak terlalu lambat memahami). Maka yang lebih awal memahami disebut Buddha masa lampau, yang menengah disebut Buddha masa sekarang, dan yang terakhir adalah Buddha masa yang akan datang.

Buddha yang pertama memahami adalah Buddha Hua Guang Zi Zai Fo, kedua adalah Pi Shi Fou Fo. Dan setelah ribuan kalpa kemudian, dan orang pertama lagi disebut, ji liu shun fo, dan seterusnya adalah lou zhi fo. Dan sekarang sebagai orang pertama yaitu ri guang fo, dan seterusnya adalah xi mi xiang fo. Dan Buddha di masa yang akan datang adalah san de ru lai, dan lainnya. Demikian dimulai dari para suciwan 53 Buddha.

Bila ada orang yang mengerti, mempersembahkan, menyebut, atau menulis, atau menggambar, atau memberitahukan kepada yang lain, dan bernamaskara, maka akan mendapatkan umur yang panjang, tidak akan mendapatkan bencana, mendapat 32 keanggunan dari Buddha, mendapatkan 80 jenis kebaikan, terhindar dari 8 jenis kesusahan, dan juga akan mencapai tingkat Buddha serta akan menjadi Buddha yang akan datang.

Di dalam Pertobatan Raja Liang juga terdapat nama para Buddha yang terdapat di kitab pertobatan 3000 Buddha. Dalam petobatan Raja Liang bab 1 terdapat nama Buddha masa lampau yang pertama kali kita bernamaskara yaitu Sakyamuni Buddha, Buddha Maitreya, dll. Berjumlah 7 Buddha (7 Buddha ini mantra-nya yaitu li po li po di. qiu he qiu he di. tuo luo ni di….). 7 Buddha yang ada di altar mandala merupakan perwakilan dari Buddha masa lampau,dan masa sekarang.

Mandala yang didirikan (di altar Dirgahayu dan altar Leluhur) pada upacara pertobatan 3000 Buddha kali ini di dalamnya terdapat silsilah. Mandala ini melambangkan sebagai 3000 Buddha. Untuk menghormati 3000 Buddha yaitu dengan mengelilingi mandala tersebut 3 kali, melambangkan kita mengelilingi Triloka Buddha.

Mandala yang terdapat di altar Leluhur juga untuk leluhur supaya leluhur kita mempunyai kesempatan untuk mengelilingi mandala tersebut, sehingga karma buruk bisa terkikis.

Saat kita melakukan Namaskara, kita tidak perlu memikirkan bentuk dari para Buddha tersebut bagaimana. Cukup bervisualisasi saat anda bersujud, bervisualisasi asap hitam keluar dari tubuh anda, para Buddha atau dari altar mandala keluar cahaya yang terang benderang menyinari anda hingga kita berdiri. DI dalam kitab suci mengatakan bahwa bervisualisasi jangan sampai terdapat perasaan curiga atau ragu – ragu baru anda bisa mencapai kontak yoga.

Setiap kali kita sembayang, kita ada membakar uang kertas (ci fo jin, kertas mantra, kertas sembayang, dll). Itu melambangkan penghormatan kita kepada para Buddha dan Bodhisattva. Kertas – kertas sembayang tersebut bukan hanya dapat dipersembahkan untuk arwah penagih hutang atau leluhur saja, kepada para Buddha Bodhisattva juga dapat kita persembahkan. Itu juga merupakan pahala bagi anda.

Selesai upacara, V.A Lian Yuan mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka bersarana kepada umat baru dan abhiseka Pemberkahan kepada umat.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya Adhisatana dari Mahaguru dan para Budha Bodhisattva. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Mahaguru selalu sehat dan senantiasa memutar roda dharma.

Untuk download Mantra 7 Buddha dan mantra Amitabha Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

Untuk download Tata Ritual Sadhana Amitabha Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/liturgi/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Untuk download Screen Saver silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment