Penjelasan Mengenai Sembilan Langkah Pernapasan

Penjelasan Mengenai Sembilan Langkah Pernapasan

Maha Acarya Lien Shen beranggapan: melakukan sembilan Langkah pernapasan sebelum memasuki Samadhi bermaksud untuk menghentikan pengembaraan pikiran dengan memperhatikan pernapasan. Manfaatnya besar sekali. Ini adalah hasil penghayatan dan pengalaman saya selama melatih diri dalam Tantra.

Waktu melakukan Sembilan Langkah Pernapasan, sebaiknya mengontrol keluar masuknya napas melalui lubang hidung kanan dan kiri dengan pikiran. Jika belum bisa melakukan demikian, boleh menggunakan jari manis menutupi lubang hidung dengan lembut. Misalnya tarik napas melalui lubang hidung kanan, tutupilah lubang hidung kiri dengan tangan; tarik napas melalui lubang hidung kiri, tutupilah lubang hidung kanan dengan tangan, kedua tangan bertugas secara bergantian, berlatihlah dengan pelan-pelan. (Mengeluarkan napas melalui lubang hidung kanan, tutupilah lubang hidung kiri dengan tangan; mengeluarkan napas melalui lubang hidung kiri. Tutupilah lubang hidung kanan dengan tangan).

Namun, saya tetap beranggapan, mengontrol keluar masuknya napas melalui lubang hidung kiri dan kanan dengan pikiranlah yang terbaik, sehingga ketenangan tidak diganggu oleh banyaknya gerakan tangan. Dengan pikiran mengontrol keluar masuknya napas melalui lubang hidung kiri dan kanan, pada awalnya memang agak susah. Namun jika dilatih terus, akan menjadi mahir. …

Baca kelanjutannya dan download di situs Vihara

Sumber:

  • Vajragarbha(2), (Diterjemahkan dari buku “Satyabuddha Dahrmatidharma” yang di terbitkan pada bulan maret 1988).
  • Compilled by: VVBS web team

    Leave a comment

    Your comment