Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Cundi Bodhisattva 6 April 2012 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Cundi Bodhisattva 6 April 2012 :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Setiap tahun di bulan 3 (penanggalan imlek)merupakan ritual tahuan etnis tionghoa dimana warga tionghoa berkumpul sekeluarga dan beramai – ramai berziarah dan bersembayang ke makam leluhur mereka. Kegiatan ini disebut dengan Chengbeng (Festival Qing Ming / 清明節), selain itu juga diketahui dengan sejumlah nama lain yaitu Hari Semua Arwah, Festival Bersih Terang, Festival Ziarah Kuburan, Hari Menyapu Kuburan, Hari Peringatan Musim Semi. Hari Menyapu Kuburan (Hari Pembersihan Pusara) dan Festival Bersih Terang adalah terjemahan yang paling umum dalam mengartikan Qing Ming/清明. Perayaan Cheng Beng ini merupakan suatu hari untuk mengingat dan menghormati (menunjukkan penghormatan) nenek moyang / para leluhur. Setiap orang berdoa di depan nenek moyang, menyapu pusara (membersihkan makam), meletakkan bunga dan bersembahyang dengan makanan, teh, arak, dupa, kertas sembahyang dan berbagai aksesoris, sebagai persembahan kepada nenek moyang. Mereka percaya, dengan membersihkan makam, berarti telah menyingkirkan segala hal yang mengganggu roh para leluhur. Dengan memberikan makanan dan minuman kepada para leluhur, diharapkan dapat memberikan kesehatan dan kehidupan yang baik bagi keturunannya. Usai persembahyangan, makanan dan minuman yang diberikan tersebut tidak dibuang,melainkan dibawa kembali dan dimakan bersama-sama oleh anggota keluarga. Upacara ini adalah sangat penting bagi kebanyakan orang Tionghua.

Berdasarkan perhitungan kalender China, Festival Qingming sendiri jatuh pada hari ke 104 setelah titik balik matahari pada musim dingin atau hari ke 15 dari hari persamaan panjang siang dan malam pada musim semi yang umumnya jatuh pada tanggal 5 April (khusus di setiap tahun kabisat seperti tahun 2012 ini, jatuh pada tanggal 4 April). Biasanya vihara zhenfo zong atau vihara aliran lain pasti mengadakan ritual penyeberangan.

Maka dari itu, dalam rangka festival Qing Ming serta memperingati hari suci Maha Cundi Bodhisattva yang bertepatan pada tanggal 6 April 2012 yaitu hari Jumat, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Cundi Bodhisattva. Upacara terselenggara pada pukul 19.00 WIB dan dipimpin oleh V.A Lian Yuan.

Sebelum hari jumat, informasi mengenai upacara telah tersebar melalui jaringan internet (website, blog, facebook, email) dan pemberitahuan melalui sms serta pengumuman saat puja bakti. Mendengar informasi akan diadakan Upacara api homa pemberkahan dan penyeberangan, maka umat tidak akan tinggal diam baik dari daerah Palembang sendiri maupun di luar Palembang. Mereka berbondong – bondong mengisi formulir pemberkahan, penyeberangan dan menulis kayu homa. Tidak ketinggalan umat dari luar Palembang, mereka berpartisipasi dengan download formulir pemberkahan, penyeberangan dan homa kemudian mengirimkannya ke Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Semua formulir pendaftaran dan kayu homa telah diproses dan siap pada waktunya. Ada juga beberapa umat yang tidak sempat untuk menulis formulir pendaftaran, maka pada saat hari “H”, mereka hadir lebih awal. Dalam hal pemberkahan atau penyeberangan atau bahkan homa, semua pasti tidak akan ketinggalan untuk berpartisipasi. Apalagi yang menyangkut tentang penyeberangan, kita pasti tidak akan lupa untuk membantu leluhur kita agar mereka dapat terseberangkan ke alam yang lebih baik.

Upacara berjalan dengan lancar sesuai dengan tata ritual. Yidam kali ini adalah Maha Cundi Bodhisattva. Mudra Maha Cundi Bodhisattva Mudra dari Maha Cundi adalah : Kedua jari kelingking dan jari manis saling mengepal di dalam. Jari tengah berdiri tegak. Kedua jari telunjuk menekan punggung jari tengah, rapatkan kedua ibu jari. (Letakkan di depan dada).

Visualisasinya adalah Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara ZHUN berwarna putih, memancarkan cahaya kuning muda.Bijaksara ZHUN yang berada di tengah cakra chandra berputar, Aksara Maha Cundi berubah menjadi Cundi Bhagawati yang berwarna kuning muda, Beliau adalah sesosok Maha Bhagawati yang bermata tiga dan berlengan delapan belas, mengenakan mahkota ratna yang bertahtakan sesosok nirmanakaya Buddha. Lengan Bhagawati mengenakan barang berharga, jubah surgawi berwarna putih. Delapan belas lengan-Nya memegang beragam Dharmayudam, dari sebelah kanan gambar ke bawah searah jarum jam adalah RATNA-KETU, PADMA, KENDI, TALI, CAKRA, KEONG, RATNA-KUNDIKA, KOTAK PRAJNA, RATNA-MALA, MUDRA AKAR, VAJRA, KAIL, KAPAK, BUAH SURGAWI, JAPAMALA, PEDANG PRAJNA, MUDRA ABHAYA, Mudra Akar dibentuk dengan kedua tangan-Nya, jumlah keseluruhan adalah 18 tangan. Tubuh Cundi Bhagawati berwarna kuning muda, bermata 3 dan berlengan 18, mengenakan mahkota ratna yang bertahtakan nirmanakaya Buddha, muncul dan menetap dengan anggun di angkasa di hadapan sadhaka. Bervisualisasi dari mata langit Cundi Bhagawati memancarkan seberkas cahaya putih yang amat tajam mengabhiseka ubun-ubun kepala sadhaka, sehingga sekujur tubuh sadhaka menjadi putih bersih dan murni.Kembali bervisualisasi dengan berulang-ulang, bahwa dari mata ketiga Maha Cundi memancarkan seberkas cahaya yang amat tajam pada kening tepat di bagian mata ketiga sadhaka. (Bagi yang hendak memperoleh mata ketiga, visualisasilah hingga kening sampai terasa kaku).

Mantra Maha Cundi Bodhisattva : 嗡。者禮主禮。準提。梭哈。(Om. Zhe li zhu li. Zhun ti. suo ha). Mantra ini dilafalkan sambil mengiringi V.A Lian Yuan melakukan puja api homa. Jangan lupa saat Upacara Api Homa kita bervisualisasi yidam, diri kita sendiri dan api menyatu menjadi satu. Selesai bermeditasi, melantunkan pujian kepada Maha Cundi Bodhisattva :
大聖準提尊,哀愍於世間,成就諸悉地,我今恭敬禮。(Maha Mulia Maha Cundi, mengasihi duka dunia, Mencapai berbagai siddhim berkenan kita sujudi). 大慈準提尊,我今為本尊,福持功德海,我今恭敬禮。(Maha maitri Maha Cundi, sudi dijadikan yidam, Memberkahi lautan pahala, berkenan kita sujudi). 大力準提尊,善哉明持王,降伏諸魔難,我今恭敬禮。(Maha sakti Maha Cundi, Vidyaraja yang sungguh bijak, Menakluk berbagai mara, berkenan kita sujudi). 大福準提尊,如意無等等,真如有摩尼,我今恭敬禮。(Maha berkah Maha Cundi, leluasa tiada tara, Teguh sejati memiliki ratna mani, berkenan kita sujudi).

Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Cundi Bodhisattva telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada seluruh teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Informasi yang terkait :
*Download Tata Ritual Sadhana Maha Cundi Bodhisattva di http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-maha-cundi-bhagawati/
*Download Mantra Maha Cundi beserta bulatan penjapaannya dihttp://www.shenlun.org/mantra/mantra-maha-cundi-bodhisattva/
*Download Screen Saver Maha Cundi http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-maha-cundi-bodhisattva/

*Temukan informasi menarik lainnya di http://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment