Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah 3 Juni 2012 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 3 Juni 2012 pukul 14.00 WIB, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan. Jambala Merah biasa dikenal dengan Red Jambhala / 紅財神(Hong Cai Shen) / Ganesha sangat terkenal di India. Jambala Merah termasuk dari salah satu 5 Jambala (Jambala Kuning, Jambala Hijau, Jambala Hitam, Jambala Putih, Jambala Merah). Memohon rezeki selain kepada Jambala Kuning, kita juga bisa memohon kepada Jambala Merah. Di India, Ganesha termasuk salah satu dewa Rezeki.

Upacara di mulai pukul 14.00 WIB. Dari pukul 13.00 WIB, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya telah dipadati oleh umat. Satu per satu umat hadir hingga Upacara dimuliai. Untuk mengawali upacara, lantunan lagu “Lu Xiang Zan / Pendupaan” dan “Qing Jing Zan” di nyanyikan untuk mengundang para Buddha Bodhisattva serta Yidam untuk hadir di Bhaktisala. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual dari mantra Pembersihan hingga mantra Padmakumara untuk memohon adhistana dari Mahaguru.

Mudra Jambala Merah

Memasuki tahap inti yaitu bervisualisasi Jambala Merah. Sebelum bervisualisasi, membentuk mudra Jambala Merah dan bervisualisasi kekosongan. Visualisasi Jambala Merah adalah bervisualisasi bijasara “Khan (baca Gang)” muncul, berputar, lalu berubah menjadi Ganesha. Tubuh Ganesha berwarna merah, berkepala gajah, tangan kanan pertama menggenggam wortel, tangan kanan kedua menggenggam kapak, tangan kiri pertama menggenggam daun wortel, tangan kiri kedua menggenggam japamala. Setelah bervisualisasi dengan jelas, sadhaka memegang vajra di tangan kanan menekan di atas kepala Ganesha (bila mandala berjarak terlalu jauh, boleh bervisualisasi Ganesha bergeser ke depan sadhaka). Sementara itu bervisualisasi Ganesha melalui belalai-Nya berkenan melimpahkan segala materi yang didoakan sadhaka. Melafalkan mantra Ganesha “Om Ga Na Ba Di Ye Suo Ha” 108x. Mantra ini mengiringi Vajra Acarya dalam puja api homa.

Setelah Upacara selesai, Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma-Nya. Inti dari ceramah Beliau adalah hari ini Upacara Api Homa Ganesha telah sukses dan sempurna, semoga apa yang dicita – citakan dapat terkabul. Ganesha / Jambala merah / Hong cai shen sangat terkenal. Selain bisa memohon rezeki kepada Beliau, beberapa universitas ada yang menggunakan gambar Ganesha. Karena mereka mengganggap Ganesha merupakan Dewa Kepintaran (untuk sekolah). Kononnya bila ingin berdoa yang berkaitan dengan sekolah, caranya berdoa dan memohon sambil memegang belalai-Nya. Mengapa demikian, karena di dalam agama Hindu, Ganesha terkenal sangat pintar. Dalam cerita agama Hindu, Ganesha mengajak saudari-Nya bertanding, siapa yang tercepat mengelilingi dunia sebanyak 3 kali yang paling cepat dia yang menang. Di dalam Hindu, Saudari Ganesha mengendarai burung merak sedangkan Ganesha mengendarai tikus. Saudari-nya berpikir bahwa pasti dia yang akan menang karena bagaimana tikus itu bisa dengan cepat membawa Ganesha untuk berkeliling dunia. Pertandingan di mulai, saudari Ganesha dengan cepat melesat pergi untuk mengelilingi dunia, sedangkan Ganesha ternyata santai saja pulang dan tidur. Setelah bangun, Ganesha menemui orang tua-Nya. Ayah dari Ganesha adalah Dewa Siwa. Dewa Siwa juga merupakan salah satu dewa rezeki. Kemudian Ganesha bersujud kepada orang tua-Nya dan mengelilingi orang tua-Nya sebanyak tiga kali kemudian duduk kembali. Dewa Siwa bertanya kepada Ganesha, kenapa masih bersantai, bukankah sedang melangsungkan pertandingan mengelilingi dunia. Ganesha pun menjawab “orang tua melambangkan dunia atau jagad raya, bila mengelilingi orang tua, sama dengan mengelilingi jagad raya”. Dewa Siwa pun tidak bisa berkata apa – apa lagi, karena memang di dalam agama Hindu atau Buddha, orang tua melambangkan jagad raya. Kemudian saudari-Nya kembali dari keliling dunia, dan menyatakan bahwa diri-Nya sudah menang dalam pertandingan karena Ganesha tidak berkeliling dunia. Ganesha menyuruh saudari-Nya untuk bertanya kepada orang tua-Nya. Dan orang tua-Nya menyatakan Ganesha memang sudah berkeliling dunia, karena orang tua melambangkan jagad raya atau dunia itu sudah cukup. Dari cerita tersebut maka Ganesha disebut sebagai dewa kepintaran.

aksara Khan (Gang)

Selain memohon kepintaran, kita juga bisa memohon rezeki, memohon anak, memohon jodoh, dan lainnya kepada Ganesha. Bagaimana cara visualisasi Ganesha, seperti pada saat puja bakti tadi telah disampaikan bahwa dengan cara bervisualisasi di dalam cakra candra terdapat bijaksara Khan (gang). Bijaksara tersebut supaya anda ingat bagaimana visualisasinya, bijaksara tersebut seperti gajah, bulatan itu berupakan mata, lengkungan tersebut merupakan belalai dan kotak tersebut seperti telinga gajah, coba anda lihat dan pikirkan. Setelah itu visualisasi bijaksara tersebut berubah menjadi Ganesha, dimana satu kakinya menginjak tikus berwarna biru. Tangan Ganesha ada 4, tangan kanan pertama menggenggam wortel, tangan kanan kedua menggenggam kapak, tangan kiri pertama menggenggam daun wortel (mangkok), tangan kiri kedua menggenggam japamala. Kemudian visualisasi kepala Ganesha tersebut sakit, dan kita tekan dengan Vajra. Lalu Ganesha tersebut senang dan dari belalai mengeluarkan apa yang kita cita – citakan di mangkuk tersebut dari kecil kemudian membesar dan menyerupai asli. Tikus itu adalah mara, dulu tikus tersebut sangat besar dan berperang dengan ganesha, Ganesha menginjak tikus itu hingga kecil dan Ganesha pun menang, kemudian tikus itu berjanji untuk selalu setia kepada Ganesha. Persembahan yang penting adalah lobak, bawang bombai, susu, dan madu.

Upacara api homa pemberkahan Jambala Merah telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada seluruh donatur dan umat yang telah partisipasi dalam upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Informasi yang terkait :
*Download Mantra Jambala Merah beserta bulatan penjapaannya dihttp://www.shenlun.org/mantra/mantra-sakyamuni-buddha/
*Download Musik Mantra Jambala Merah dihttp://www.shenlun.org/gallery/musik/

*Temukan informasi menarik lainnya di http://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment