Liputan dan Dokumentasi Upacara Dalam Rangka HUT Mahaguru dan HUT VVBS 6 dan 8 juli 2012 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Dalam Rangka HUT Mahaguru dan HUT VVBS :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka HUT Mahaguru ke 68 dan HUT VVBS ke 20, VVBS Palembang menyelenggarakan upacara yaitu Upacara Pertobatan Satya Buddha dan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Padmakumara Putih. Kedua upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan.

Jumat, 6 Juli 2012 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Mahaguru ke – 68. Seluruh umat Zhenfo Zong pasti merayakannya. Sebelum upacara, terlihat bahwa rata – rata umat yang hadir membawa persembahan. Ada yang membawa kue ulang tahun, ada yang membawa bunga, membawa buah, dll. Meja altar penuh dengan persembahan. Saudara saudari sedharma dengan senangnya mempersembahkan persembahan yang mereka bawa. Selain itu, terlihat beberapa shixiong shijie yang sedang menulis formulir pemberkahan dan penyeberangan. Formulir pemberkahan ini untuk mendaftarkan keluarga yang tidak bisa hadir dalam upacara ini. Semoga mendapatkan pemberkahan dari para Buddha Bodhisattva. Selain itu, formulir penyeberangan juga untuk mendaftarkan leluhur kita, semoga mereka mendapat pancaran cahaya dari sang Buddha dan terlahir di alam yang lebih baik.

Pukul 19.30 WIB, upacara dimulai. Lantunan lagu Pendupaan mengiringi V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual pertobatan Satya Buddha. Tata ritual ini bisa di download di sini. Di akhir upacara, Vajra Acarya beserta para Bhikkhu Lhama dan ketua menyanyikan lagu Memohon Buddha Menetap dan lagu pertobatan serta lagu Happy Birthday untuk Mahaguru sekaligus memohon agar Mahaguru senantiasa sehat, bahagia, menetap di dunia dan selalu memutar Roda Dharma.

Selesai upacara, Vajra Acarya, para Bhikkhu Lhama dan umat menikmati hidangan yang telah disediakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Mahaguru.

Dalam rangka HUT VVBS, Minggu 8 Juli 2012 pukul 14.00 WIB diselenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Padmakumara Putih. Umat yang hadir kurang lebih 400 orang. Sebelum upacara dimulai, beberapa umat sedang membeli barang persembahan di stand muda – mudi, ada juga yang sedang menulis kayu homa dan formulir pemberkahan serta penyeberangan. Persembahan homa kali ini terlihat ada sebuah topi Panca Buddha dan rompi naga ukuran mini yang terletak di mangkok persembahan. Topi Panca Buddha dan rompi naga ini akan dimasukkan ke dalam tungku api homa saat upacara ini untuk dipersembahkan kepada Padmakumara.

Upacara berlangsung dengan khidmat, V.A Lian Yuan memberkati naskah doa dan nama – nama donatur upacara. Jalannya upacara ini sesuai dengan tata ritual api homa. Yidam upacara ini adalah Padmakumara Putih. Cara visualisasinya adalah Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara HUM putih, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara HUM yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Mula Guru yang tampak anggun dan sambil tersenyum, duduk bersila di atas padmasana berwarna putih. Di bagian kening Mula Guru memancarkan seberkas cahaya putih menerangi kening sendiri. Di bagian tenggorokan Mula Guru memancarkan seberkas cahaya merah menerangi tenggorokan sendiri. Di bagian cakra hati Mula Guru memancarkan seberkas cahaya biru menerangi cakra hati sendiri. Demikian tri cahaya melebur ke dalam lahir batin diri sendiri. Kemudian melafalkan mantra pendek Padmakumara : Om. gu lu. lian sheng xi di. hum. Mantra ini juga mengiringi Vajra Acarya Lian Yuan melakukan puja api homa.

Vajra Acarya melakukan Simabandhana pada tungku homa, kemudian api dinyalakan. Satu per satu persembahan dimasukkan ke dalam tungku homa.

Selain itu, terlihat juga ada sebuah kue yang satu ukuran dengan mangkok homa. kue ini juga dipersembahkan kepada Padmakumara dengan masuk kedalam tungku homa.

Selesai upacara, bersama – sama mengenang sejarah vihara dari awal terbentuknya vihara Vajra Bhumi Sriwijaya hingga sekarang. Setelah itu ketua dan pengurus vihara membagikan hadiah spesial di hari ulang tahun VVBS yang ke 20 kepada anak – anak dan orang tua. Kemudian makan malam bersama untuk merayakan HUT Mahaguru sekaligus HUT VVBS.

Upacara untuk memperingati HUT Mahaguru dan HUT VVBS telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada seluruh donatur dan umat yang telah partisipasi dalam upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Informasi terkait :
*Sutra Satya Buddha : http://www.shenlun.org/sutra/sutra-satya-buddha/
*Tata Ritual Sadhana Padmakumara : http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-padmakumara/
* Mantra Hati Padmakumara : http://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmakumara/
* Penyalinan Sutra Satya Buddha : http://www.shenlun.org/salin-sutra/penyalinan-sutra-satya-buddha/
* Screen Saver Grand Master : http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-grand-master/

*Temukan informasi menarik lainnya di http://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment