Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Padmasambhava 26 Agustus 2012 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan Padmasambhava :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Pada tanggal 26 Agustus 2012 pukul 16.00 WIB Vihara Vajra Bumi mengadakan Upacara Api Homa Pemberkahan Padmasambhava (南摩蓮華生大士息災祈福護摩火供大法會). Upacara tersebut dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di damping oleh para Bhikkhu Lhama. Sebelum Upacara Api Homa dimulai terlihat sekali umat yang antusias dalam mengikuti Upacara tersebut. Ada yang sedang menulis kayu homa dan ada yang sedang membeli bahan persembahan untuk di persembahkan pada Buddha dan Bodhisattva.

Upacara dimulai, lagu Pendupaan menjadi salah satu lagu pembuka yang mengiringi V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa, kemudian Lu Xiang Zan dan dilanjutkan dengan Qing Jing Zan. Selanjutnya Mantra Pembersihan, mantra pengundang, hingga Mantra Padmakumara dilafalkankan sesuai dengan tata ritual, setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra yidam Padmasambhava kemudian bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara “XIE” berwarna merah, memancarkan cahaya merah muda. Bijaksara “XIE” yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Padmasambhava yang berwarna merah muda, mengenakan mahkota dan duduk bersila di atas padmasana, serta menetap di atas angkasa. Tangan kanan memegang vajra, siku tangan kiri menjepit tongkat trisula dan tangan kiri memegang tempurung kepala yang berisikan ratna dan amrta. Bervisualisasi air amrta berubah menjadi cahaya putih, membusur mengabhiseka sadhaka. Dan Maha Amrta ini melenyapkan segala karma buruk, penderitaan dan rintangan mara sadhaka.

Melafalkan mantra Padmasambhava “Om. A Hum. Bie Zha. Gu Lu. Bei Ma. Xi Di. Hum. Xie.” dengan lantang untuk mengundang kehadiran Padmasambhava.

Setelah Upacara Api Homa selesai, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah dharma, inti dari ceramah beliau adalah Di Tibet, Padmasambhava sangat penting sekali, karena mereka menganggap Padmasambhava adalah Guru Rinpoche. Di dalam Tantrayana Zhenfo Zong juga terdapat Guru Rinpoche bukan hanya Padmasambhava saja. Di Altar mandala VVBS Palembang selain Padmasambhava, terdapat 4 guru dari Mahaguru selain Padmasambhava yang merupakan Guru Rinpoche juga, yaitu Maha Ratna Dharma Raja Karmapa ke-16, Thubten Dhargye Rinpoche, Bhikkhu Liao Ming, dan Sakya Zheng Kong Lhama. keempat guru dari Mahaguru ini sering disebut oleh Mahaguru sebelum Beliau memulai ceramah Dharma-Nya yaitu menghormati keempat guru tersebut. Saat kita bernamaskara di depan altar mandala VVBS, kita juga sekaligus bernamaskara kepada Guru dari Mahaguru. Selain kita menghormati Guru kita, kita juga harus menghormati guru dari Guru kita.

V.A Lian Yuan juga menjelaskan bahwa Mahaguru telah mewariskan berbagai banyak sadhana, V.A Lian Yuan bertanya kepada Mahaguru bahwa ada murid yang mengatakan bahwa V.A tidak mengikuti Mahaguru untuk menerima sadhana – sadhana yang diberikan oleh Mahaguru. Mahaguru mengatakan memang banyak sadhana yang telah diberikan, tetapi kita sebaiknya bersadhana salah satu saja. Satu sadhana telah berhasil maka yang lainya pasti berhasil. Apakah kita telah mencapai kontak yoga dalam sadhana Vajrasattva puja atau Guruyoga atau yidam yoga? Bila anda telah melalui tahap tersebut maka semua para Buddha Bodhisattva dan Dharmapala pasti akan membantu anda. Bagaimana bisa berhasil dalam sadhana yang lebih dalam, sedangkan sadhana Vajrasattva atau Guruyoga kita belum berhasil.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya upacara ini. Semoga kita semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva serta mendapat perlindungan dari Dharmapala dan Makhluk Suci lainnya.

Informasi terkait :
* Mantra Padmasambhava : http://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmasambhava/
* Screen Saver Padmasambhava : http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-padmasambhava/
* Tata Ritual Sadhana Padmasambhava : http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-padmasambhava/

*Temukan informasi menarik lainnya di http://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment