Dewa Skanda

Download: Dewa Skanda (PDF)

Dewa Skanda

5671727 082153039480 2 Dewa Skanda

Nama “Skanda” adalah perkataan Bahasa Sansekerta. Menurut Tradisi-Buddhis di Tiongkok, beliau dinamai Jenderal Wei-Tuo. Menurut teks yang terdapat di dalam Naskah Suci Agama Buddha, diterangkan bahwa beliau itu adalah salah seorang Dewa yang berada di bawah Komando seorang raja pelindung agama Buddha dan pelindung umat Buddha, yang diam di wilayah selatan, yang kerajaannya sedang mengalami perkembangan; beliau juga adalah salah seorang dari panglima tertinggi dari Jenderal-jenderal, di bawah komando dari Empat Raja-Raja surga, yang sangat termasyur itu. Beliau adalah penjaga dan pelindung Tata tertib ke biaraan dan kuil-kuil atau rumah-rumah peribadatan.

Menurut pernyataan dari seorang ahli ilmu filsafat keagamaan Tao dan sekaligus juga ahli Vinaya, yang bernama guru spiritual Shien, Dewa Wei-Tuo ini adalah putra laki-lakinya dari seorang Raja Surga. Dewa Wei-Tuo ini sejak remaja telah mempraktekkan ajaran Dharma, dan telah memimpin semua setan-setan dan hantu-hantu. Ketika Hyang Buddha Sakyamuni memasuki alam nirvana, sang Dewa mendapat bertugas menjaga Buddha Dharma dan juga melindungi semua umat Buddha. Dewa Wei Tuo ini bertugas di wilayah: Timur, Barat, dan Selatan dari benua, dengan kekuatan yang luar biasa kehebatannya.

Kapanpun Sang Dewa mengetahui ada timbul konflik atau pertentangan di antara kelompok-kelompok keagamaan, Sang Dewa segera pergi untuk mendapatkan dan memecahkan persoalannya secara damai………..Baca selengkapnya di sini <klik>



Baca juga:

  1. Artikel Sangharama Dharmapala – 伽藍尊者
  2. Mantra Skanda Dharmapala – 韋陀護法心咒
  3. Gratis Screen Saver Skanda
  4. Artikel Marici Bodhisattva – 摩利支天菩薩
  5. Artikel Vaisravana – 北方多聞天王

Leave a comment

Your comment