Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Marici 24 Jan – 3 Feb 2013 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Marici :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Untuk mengucapkan terima kasih kepada Dewa Tai Sui 2012, maka diselenggarakan Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan juga Upacara Api Homa Marici Bodhisattva 24 Februari – 3 Maret 2013 di VVBS Palembang. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh Dharmacarya Lian Xing dari Taiwan serta Bhikkhu Lhama.

Tanggal 24 Februari upacara dimulai pada pukul 19.00 WIB. Dalam upacara pertobatan 3000 Buddha ini, kita melafalkan nama para Buddha Bodhisattva sambil bernamaskara. Tentunya hal ini tidak dilewatkan oleh teman – teman sedharma. Mereka hadir untuk berpartisipasi. Dari tanggal 25 Februari 2013 sampai tanggal 2 Maret 2013, 10 hari upacara ini terselenggara, tidak membuat umat patah semangat untuk berpartisipasi. Bahkan tidak terasa hari dengan cepat berlalu. Kita melafalkan nama para Buddha Bodhisattva sambil melakukan namaskara satu hari kurang lebih 300 kali bernamaskara hingga mencapai 3000 kali namaskara. Sungguh upacara yang tidak boleh dilewatkan apabila akan terselenggara di kemudian hari.

Minggu, 2 Februari 2013 diselenggarakan Upacara Api Homa Marici Bodhisattva. Upacara dimulai pukul 16.00 WIB. Umat yang hadir juga banyak dan memadati ruang bhaktisala. Bagaimana visualisasi Marici Bodhsiattva?

Visualisasinya adalah sebagai berikut :
大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上升起虛空月輪中有一個種子字[ ] 摩字放金色光, [ ]摩字旋轉,化為摩利支天菩薩。摩利支天菩薩二臂天女形象,坐於蓮花座上,左手持天扇,右手下垂,掌心向外成與願印。摩利支天菩薩身著白色天衣,身金色。觀想摩利支天菩薩放三光加被行者,行者得三業清淨,通體光明。
Bervisualisasi di atas samudra langit yang cerah, cakra candra terbit dari permukaan laut, dan ditegahnya terdapat bijaksara “mo” berwarna emas yang memancarkan cahaya keemasan, bijaksara tersebut berputar dan muncul Marici Bodhisattva. Marici Bodhisattva berwujud lengan dua, duduk di atas padmasana, tangan kiri memegang kipas, tangan kanan menjulur ke bawah, membentuk mudra Varada. Tubuh Marici Bodhisattva berwarna emas, mengenakan jubah berwarna putih. Lalu bervisualisasi Marici Bodhisattva memancarkan tricahaya pada diri sadhaka, sadhaka memperoleh triguhya, sekujur tubuh menjadi besih dan bening.

Mantra dari Marici BOdhisattva adalah : 嗡。 摩利支玉。梭哈。「om. mo li zhi yu. suo ha.」

Upacara api homa telah selesai, Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma-Nya. Sebelum Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma, Bhikkhu Lhama Lian Pu menyampaikan pengalaman Beliau selama belajar di Taiwan dan juga Dharmacarya Lian Xing menyampaikan rasa terima kasih Beliau karena bisa hadir di Palembang. Setelah itu Vajra Acarya Lian Yuan menyampaikan dharmadesana. Inti ceramah Beliau adalah Setiap manusia sering merasa tidak puas. Walaupun hidup dalam berkecukupan, tetapi masih merasa kekurangan. Manusia mempunyai hati yang tidak puas. bila telah memiliki kebahagiaan, maka ingin lebih bahagia lagi, bila telah memiliki keberuntungan maka ingin lebih beruntung lagi.

Berdasarkan pengalaman dari lian pu, saya pribadi juga bisa seperti ini, bukan hanya satu atau dua hari saja.

Upacara Pertobatan 3000 Buddha ini diselenggarakan untuk berterima kasih kepada Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala yang telah memberkati kita dan kota Palembang selama satu tahun ini. Kita partisipasi pertobatan 3000 buddha ini, bisa mengikis karma kita, menundukkan keangkuhan / kesombongan kita, selain itu juga kita berolahraga.

Vajra Acarya juga menjelaskan seputar Roh janin. Sangat penting kita mendoakan roh janin. Walaupun sewaktu keguguran janin tersebut berusia 1 bulan, janin tersebut sudah mempunyai kehidupan. Terlahir menjadi manusia merupakan sebuah kesempatan yang besar. Maka dari itu, bila janin tersebut digugurkan, maka roh janin tersebut akan dendam. Karena kesempatan dia untuk terlahir di dunia itu sudah hilang. Ada yang bilang itu merupakan tanggung jawab perempuan saja. Tentu saja tidak, lelaki juga ikut andil dalam hal ini. Selain itu juga, pada kehidupan lampau, kita tidak lah mengetahui apakah kita terlahir sebagai seorang wanita atau seorang laki – laki.

Untuk itu mendaftarkan roh janin, arwah penagih hutang, ataupun leluhur dalam upacara penyeberangan sungguh baik. Karena anda sendirilah yang akan mendapatkan buah baik tersebut, selain itu juga mereka berterima kasih kepada anda karena telah mendaftarkan mereka untuk diseberangkan.

Selain itu juga diselenggarakan upacara Api Homa Marici Bodhisattva adalah untuk berterima kasih kepada Bodhisattva Marici dan juga Dewa Tai Sui tahun 2012. Kita semua tentu mengenal Marici Bodhisattva. Bila kita melafalkan sutra atau Mantra Marici, maka akan terhindar dari orang yang ingin berniat jahat kepada kita, contohnya mencelakakan kita atau mencuri barang milik kita, dll.

Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Marici Bodhisattva telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada temen – temen sedharma yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Marici Bodhisattva beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-marici-bodhisattva/

Untuk download Sutra Marici Bodhisattva beserta bulatan penjapaannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-marici-bodhisattva/

Untuk download Penyalinan sutra Marici Bodhisattva silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/salin-sutra/penyalinan-sutra-marici-bodhisattva/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Untuk download Screen Saver Marici Bodhisattva, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Om Mani Padme Hum.



Baca juga:

  1. Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Marici 5 – 12 Januari 2014 di VVBS Palembang
  2. Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Homa Amitabha Buddha 4-11 Desember 2011 di VVBS Palembang
  3. Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Marici Bodhisattva 19 Januari 2012 di Palembang
  4. Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Upacara Homa Marici Bodhisattva 24 Januari – 3 Februari 2013 di VVBS Palembang
  5. Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Upacara Homa Marici Bodhisattva 6-12 Januari 2013 di VVBS Palembang

Leave a comment

Your comment