Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Raja Agung Avalokitesvara 28 Maret 2013 Di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Raja Agung Avalokitesvara :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka Festival Qing ming, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Raja Agung Avalokitesvara. Upacara ini berlangsung pada tanggal 28 Maret 2013 pukul 18.00 WIB. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Jie dari Amerika (sekretaris TBF) di dampingi oleh V.A Lian Yuan, Dharmacarya Lian Xing dari Taiwan, Bhikkhu Lhama, Pandita Dharmaduta dan Pandita Lokapalasraya dari luar kota maupun luar negeri. Selain itu juga beberapa umat dari Jakarta, pontianak, semarang, malang, lubuk linggau, dll.

tulisan gatha

Upacara dimulai pukul 18.00, Sebelum memasuki upacara Api homa, terlebih dahulu melangsungkan pemberkatan pernikahan yang dipimpin oleh V.A Lian Yuan. Kedua mempelai beserta orang tua memasuki ruangan Bhaktisala yang diiringi lagu kami datang bersujud. Prosesi pemberkatan pernikahan berlangsung. Selesai upacara pemberkatan pernikahan, Vajra Acarya Lian Jie mewakili Mahaguru memberikan ucapan dalam bentuk tulisan gatha kepada kedua mempelai.

Selesai melakukan prosesi pemberkatan pernikahan, dilanjutkan dengan Upacara Api Homa yang dipimpin oleh V.A Lian Jie. Visualisasi Raja Agung Avalokitesvara yaitu 大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起,月輪中有種子字帝字,放光。種子字的顏色、放光,依行者的需求變化:求息災觀想白色種子字放白光、求增益觀想黃色種子字放黃光、求敬愛觀想紅色種子字放紅光、求降伏觀想 藍色種子字放藍光。月輪中帝字旋轉,化為高王觀世音菩薩,頭戴七佛冠(過去七佛:毘婆尸佛、尸棄佛、毘舍浮佛、拘留孫佛、拘那含牟尼佛、迦葉佛、釋迦牟尼佛),右手說法印,左手等持印。高王觀世音菩薩的天心放出一道白光,直照自己天心;喉部放出一道紅光,直照自己喉部;心輪放出一道藍光,直照自己心輪。白、紅、藍三光溶入自己身心。Di atas samudra, langit cerah tak berawan, cakra candra terbit dari permukaan samudra, di tengah cakra candra terdapat bijaksara DI, bersinar. Warna bijaksara dan sinar yang dipancarkan berubah sesuai kebutuhan sadhaka: memohon tolak bala visualisasi bijaksara putih memancarkan sinar putih, memohon kemakmuran visualisasi bijaksara kuning memancarkan sinar kuning, memohon keharmonisan visualisasi bijaksara merah memancarkan sinar merah, memohon penaklukan visualisasi bijaksara biru memancarkan sinar biru. Aksara DI di tengah cakra candra berputar, berubah menjadi Bodhisattva Raja Agung Avalokitesvara, bermahkota 7 Buddha (7 Buddha masa lampau: Buddha Vipasyin, Buddha Sikhin, Buddha Visvabhu, Buddha Krakucchanda, Buddha Kanakamuni, Buddha Kasyapa, Buddha Sakyamuni), tangan kanan mudra Dharmadesana, tangan kiri mudra Samadhi. Cakra kening Bodhisattva Raja Agung Avalokitesvara memancarkan seberkas sinar putih, langsung memancari cakra kening kita; tenggorokan memancarkan seberkas sinar merah, langsung memancari tenggorokan kita; cakra hati memancarkan seberkas sinar biru, langsung memancari cakra hati kita. Ketiga sinar dari putih, merah, dan biru melebur ke dalam jiwa dan raga kita.

aksara Di

Puja Api Homa dimulai, Vajra Acarya Lian Jie satu bersatu melakukan persembahan, kemudian diselingi dengan memperagakan mudra, dilanjutkan dengan melakukan persembahan kembali, lalu diselingi dengan memperagakan mudra.

Upacara telah selesai, Sebelumnya Vajra Acarya Lian Yuan terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mahaguru yang telah memberikan tulisan syair kepada kedua mempelai (merupakan anak perempuan dari V.A Lian Yuan). Vajra Acarya Lian Yuan juga berterima kasih kepada Vajra Acarya Lian Jie yang telah meluangkan waktu untuk dapat hadir di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya beserta Dharmacarya, para Bhikkhu Lhama dan para pandita Dharmaduta serta para tamu undangan yang telah berkesempatan hadir dalam upacara ini.

Kemudian Vajra Acarya Lian Jie menyampaikan ceramah Dharma. Beliau sangat senang bisa hadir kembali untuk memimpin upacara di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Beliau menyampaikan bahwa ceramah dharma yang disampaikan oleh Mahaguru merupakan silsilah, sehingga kita harus benar – benar mendengarkan Beliau. Karena di dalam Tantrayana Vajra Acarya menyampaikan pengalaman Beliau setelah menjadi Bhikkhuni.

Selesai menyampaikan ceramah Dharma, Vajra Acarya melakukan abhiseka pemberkahan Raja Agung Avalokitesvara.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman sedharma yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu mendapatkan pemberkahan dari Mahaguru, Jambala Merah, para BUddha Bodhisattva dan makhluk suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Raja Agung Avalokitesvara beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-raja-agung-avalokitesvara/

Untuk download Sutra Raja Agung Avalokitesvara beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-raja-agung-avalokitesvara/

Untuk download Penyalinan Sutra Raja Agung Avalokitesvara, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download Visualisasi Maha Sadhana Avineka Raja Agung Avalokitesvara, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment