Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah di OPI Convention Center 29 Maret 2013

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Jumat, 29 Maret 2013, jam 2 siang, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah (南無紅財神息災祈福護摩火供大法會). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh V.A Lian Jie Dharmacarya, para bhikkhu lhama, pandita dharmaduta dan pandita lokapalasraya dari luarkota maupun mancanegara.

Persiapan dari panitia VVBS untuk upacara ini telah dilakukan 3 hari sebelumnya. Pada saat hari Jumat tersebut, pukul 6 pagi panitia telah berkumpul di OPI Convention Center untuk mempersiapkan segala hal yang belum selesai. Pukul 12.00 WIB, satu persatu umat hadir memadati tempat upacara. Ada yang menulis kayu homa, ada yang menulis pita permohonan, dll. Umat dari Luar kota dan luar negeri juga ikut partisipasi.

Mandala Jambala Merah

Dalam upacara ini juga di gelar altar mandala, mandala Jambala Merah, tungku Api Homa, Persembahan homa, dan lain sebagainya. Dari Video dokumentasi, temen – temen bisa melihat kondisi tempat upacara, altar mandala, Mandala Jambala Merah, persembahan homa. Yang menjadi pusat perhatian salah satunya adalah mandala Jambala Merah. Mandala ini sungguh agung, Pratima Jambala Merah dikelilingi gajah emas dan perak, kemudian kuda emas. Setiap sudut terdapat Vajra Salib dan Vajra Dorje serta ditaburi perhiasan – perhiasan yang gemerlap. Selain itu, yang menjadi perhatian berikutnya adalah sebuah wadah yang berisikan beras merah dimana Pratima Jambala berada di atas beras tersebut. Disana juga terdapat lipatan uang yang diletakkan oleh umat di sana.

Pukul 14.00 WIB upacara dimulai, barisan penjemputan yang dibawakan oleh muda mudi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya memberikan hormat kepada altar Mandala kemudian dengan diiringi mantra Mahaguru berjalan menjemput rombongan Vajra Acarya.

Sebelum memasuki ritual upacara, terlebih dahulu memperkenalkan Vajra Acarya, Dharmacarya, para Bhikkhu Lhama, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya beserta pada tamu undangan.

Memasuki ritual upacara, Visualisasi Jambala Merah adalah 大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有梵字「 」港字,然後旋轉,變成四臂紅財神。紅財神是紅色身,象頭,右第一手持蘿蔔,第二手持降魔斧,左第一手持蘿蔔葉,第二手持念珠。紅財神站立在藍色的吐寶鼠上面。觀想清楚後,行者右手拿金剛杵按一下紅財神的頂(如離壇城太遠可觀想紅財神移到行者面前然後以金剛杵輕按其頂)。隨即觀想紅財神象鼻吐出自已所求之事物。Bervisualisasi di atas samudra langit cerah tak berawan, cakra candra terbit dari permukaan laut dan ditengahnya terdapat bijaksara “gang”. Bijaksara tersebut berputar dan berubah menjadi Ganesha. Tubuh Ganesha berwarna merah, berkepala gajah, tangan kanan pertama menggenggam wortel, tangan kanan kedua menggenggam kapak, tangan kiri pertama menggenggam daun wortel, tangan kiri kedua menggenggam japamala. Usai visualisasi dengan jelas, sadhaka memegang vajra di tangan kanan menekan dia tas kepala Ganesha (bila mandala berjarak terlalu jauh, boleh bervisualisasi Ganesha bergeser ke depan sadhaka) Sementara itu bervisualisasi Ganehsa melalui belalai-nya berkenan melimpahkan segala materi yang didoakan sadhaka

Puja Api Homa dimulai. Mempersilahkan Vajra Acarya memberkati kertas sembayang, melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, menyalakan api pada tungku homa, sarana puja dimasukkan, memperagakan mudra tolak bala, dan pemberkatan. Umat yang hadir melafalkan mantra Jambala Merah: 嗡 。嘎那巴底耶。梭 哈。om. ga na ba di ye. suo ha.

Satu per satu persembahan di masukkan ke dalam tungku. Semua umat yang hadir dengan khusyuk melafalkan mantra Jambala Merah, ada juga terlihat yang sedang mengucapkan permohonan. Pertengahan puja api homa, Hujan turun dengan derasnya membasahi kota Palembang. Saat ini puja api homa tetap berlangsung. Api semakin membesar walalupun hujan turun.

Selesai upacara dilanjutkan dengan Vajra Acarya, Dharmacarya, para Bhikkhu Lhama, para Pandita Dharmaduta, para Pandita Lokapalasraya beserta pada tamu undangan, pengurus dan umat bersama – sama bersujud dan memohon Buddha menetap. Lantunan lagu “Qing Fo Zhu Shi” mengiringi prosesi tersebut.

Upacara telah selesai, Vajra Acarya menyampaikan terima kasih kepada semua umat yang menyempatkan waktu untuk hadir dalam upacara ini.

Kemudian Vajra Acarya melakukan abhiseka pemberkahan Jambala Merah.

Selesai pemberkahan, Barisan rombongan muda mudi VVBS yang membawa persembahan dan panji – panji kembali menghantar rombongan Vajra Acarya. Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman sedharma yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu mendapatkan pemberkahan dari Mahaguru, Jambala Kuning, para BUddha BOdhisattva dan makhluk suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Jambala merah beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-jambala-merah/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment