Mencetak Sutra Tentang Pahala Menjadi Biksu

Majalah dharma talk edisi April 2013 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2013/april/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Mencetak Sutra Tentang Pahala Menjadi Biksu dari Majalah dharma talk edisi April 2013

Mencetak Sutra Tentang Pahala Menjadi Biksu

Kejadian Upasamapada Kelompok (sekelompok orang ditahbiskan menjadi biksu) di vihara Zhong Tai Zen (Taiwan) menimbulkan reaksi keras di surat kabar. Reputasi sangha terpengaruh secara negatif dan banyak kesalahpahaman dari mereka yang tidak mengerti. Kerugian yang di derita Budhisme tidaklah kecil.

Upasamapada (chu jia : menjadi biksu) dalam Budhisme mirip dengan mengangkat sumpah membujang di gereja Katolik. Wanita menjadi biarawati. Pria menjadi calon pastur. Mereka memilih jalan rohani dan mengubah tujuan hidup mereka. Ini adalah salah satu pengorbanan dan juga kehormatan.

Tujuan upasamapada adalah membuat sumpah Bodhi untuk mencapai pencerahan sebagai seorang Buddha dan menyelamatkan para insan setelah memperoleh pencapaian. Ini bertolak belakang dengan apa yang banyak orang telah salah sangka. Menjadi biksu bukanlah untuk menghindar dari kawin paksa, menghindar dari penagih hutang, dan berbagai tanggung jawab lainnya. Disamping menjalankan sadhana, biksu harus melayani masyarakat umum seperti anda dan saya. Perbedaannya hanyalah bahwa hidup mereka lebih diatur. Mereka harus menjalankan semua sila yang diterapkan oleh Sakyamuni Buddha dan Budhisme.

Saya menganjurkan kalian untuk mencetak “Sutra tentang pahala upasamapada” untuk dibagi-bagikan. Setelah membacanya, para pembaca akan mempunyai pengertian yang lebih baik tentang pahala-pahala menjadi biksu dan konsekuensi-konsekuensi mencegah orang menjadi biksu.

Biksu Sei Jue Mahathera berteriak kepada para wartawan,”Apakah melanggar hukum untuk menjadi biksu?”

Jawaban saya adalah,”Menjadi biksu bukanlah tindakan kriminal. Sebaliknya, ini adalah tindakan berpahala. Masalahnya adalah mereka yang ingin menjadi biksu seringkali tidak mendapatkan persetujuan dari orang tua dan saudara mereka sehingga timbul konflik.”

Sakyamuni Budha menyampaikan “Sutra Tentang Pahala Upasampada” kepada siswanya Ananda. Dikatakan dalam sutra itu bahwa setelah diupasamapada dan mentaati sila – sila selama 24 jam penuh, seseorang mengumpulkan cukup pahala sehingga dia dapat terlahir di salah satu dari ke 6 alam surga (Kamadhatu/ alam dewa yan masih mempunyai nafsu) selama 7 kehidupan.

Saya mendukung supaya sutra itu dicetak dan dibagi-bagikan sehingga pahala dari menjadi biksu (chu jia) dapat dimengerti. Bukanlah maksud saya untuk meminta semua orang menjadi biksu. Upasamapada adalah tergantung jodoh seseorang.

Om Mani Padme Hum

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Intuisi dari Dunia Roh – Perasaaan timbulnya intuisi sungguh sulit diungkapkan dengan kata-kata karena intuisi itu tidak berwujud, meskipun banyak orang yang melatih diri tahu bagaimana rasanya mendapatkan intuisi (ilham). Tanpa disadari, intuisi yang datang ini membantu perkembangan ilmu pengetahuan umat manusia diberbagai bidang seperti didalam filsafat dan sastra.
    • * Arwah Ibu Mertua yang Menyiksa – Dengan kata lain, alam pikiran sang ibu telah terproyeksi pada tubuh anaknya dan diekspresikan kembali melalui anaknya. Lagipula, ada pendapat yang mengatakan bahwa antara ibu dan anak sering terjadi penyerupaan sifat dan tabiat.
    • * Kisah 3 Arca Yang Dapat Berbicara – Ada orang yang memberikan dia tiga buah arca anak kecil. Ketiga arca ini tidak lebih dari 6 inchi (kira-kira 15 cm). Pada masing-masing arca, tangannya memegang palu. Menurut orang yang memberikan arca ini, ketiga arca anak kecil tersebut dahulu kala bisa berbicara, bahkan bisa memberitahukan informasi tentang apa yang akan terjadi.
    • * Dewa Bumi Bernyanyi – “Bertobatlah. Semua perbuatan yang kau lakukan, semua ucapan yang kau katakan, dan semua pikiran didalam benakmu tercatat oleh alam semesta dan tak dapat disembunyikan.
    • * Mencetak Sutra Tentang Pahala Menjadi Biksu – Saya mendukung supaya sutra itu dicetak dan dibagi-bagikan sehingga pahala dari menjadi biksu (chu jia) dapat dimengerti. Bukanlah maksud saya untuk meminta semua orang menjadi biksu. Upasamapada adalah tergantung jodoh seseorang.
    • * Bersadhana dengan Sabar dan Yakin – Mereka yang berlatih dengan serius mempunyai jodoh yang kuat, sedangkan mereka yang berlatih asal-asalan mempunyai jodoh yang biasa.
    • * Manfaat dari Beramal Makanan (Empat Sumpah Tak Terhingga) – Bila amal itu datang dari hati, maka kita akhirnya akan mencapai tingkat tertinggi yaitu ‘amal tanpa pamrih’ (amal tanpa keakuan).
    • * Mahasadhana Avineka Vishnu – Di India ada 3 dewa utama, satu adalah Dewa Pencipta Mahabrahma, satu lagi adalah Dewa Pelindung Vishnu, satu lagi adalah Shiva Mahesvara Dewa Perusak. Seluruh India percaya pada Shiva. Namun, yang percaya pada Subhakrtsna,yaitu Vishnu.
    • * 闡述《阿彌陀經釋要》(一)

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment