Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Kurukulle Bhagawati 21 Juli 2013 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Kurukulle Bhagawati 21 Juli 2013 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 21 Juli 2013, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan, tolak bala, dan cinta kasih Kurukulle Bhagawati. Upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Ning (Amerika), didampingi oleh Vajra Acarya Lian Yuan, Dharmacarya Lian Xing (Taiwan), Bhikkhu Lhama Lian Pu, Bhikkhu Lhama Lian Tai (Lubuk Linggau), Bhikkhu Lhama Lian Xia, Bhikkhu LHama Lian Zui, Pandita Dharmaduta dan Pandita Lokapalasraya. Upacara ini juga dihadiri berberapa umat dari luar kota yaitu dari Jakarta, Pontianak, Cirebon, Cilacap, Lubuk Linggau, dll.

Sebelum upacara dimulai, terlihat umat sedang membeli persembahan. ada yang membeli persembahan bunga, ada juga yang membeli paket persembahan, dan ada juga yang sedang menulis kayu homa. Di bagian persembahan homa terdapat mandala Kurukulle Bhagawati, terdapat persembahan bunga mawar, bunga teratai, arak, parfum dengan jumlah yang banyak. Semua untuk dipersembahkan pada saat api homa nanti. Umat yang hadir pada upacara kali ini rata – rata mengenakan pakaian yang berwarna merah. Hari ini warna merah sangat dominan sekali.

Tiba waktunya, barisan rombongan penjemputan Acarya telah siap bersama seluruh Pandita Dharmaduta dan Pandita Lokapalasraya untuk menjemput rombongan Acarya. Mantra Mahaguru mengiring rombongan tersebut menuju tempat Acarya. Setibanya rombongan Acarya di ruang Bhaktisala, Lagu Pendupaan mengiringi Acarya Lian Ning mempersembahkan dupa dan dilanjutkan dengan namaskara.

Memasuki tahap inti yidam yaitu membentuk mudra Kurukulle dan bervisualisasi. Visualisasinya adalah di angkasa muncul aksara [rang]. Aksara tersebut berubah menjadi cakra candra, di tengah cakra candra terdapat bijaksara [chu li]. bijaksara tersebut memancarkan cahaya berwarna merah, mengundang kehadiran kurukulle Bhagawati, disekeliling kurukulle Bhagawati terdapat para Buddha Bodhisattva.

Kurukule Bhagawati memiliki 1 muka dan 4 lengan, tampak muda dan ayu, muka seperti tertawa tetapi tampak marah, tubuh berwarna merah dan anggun. Sepasang tangan yang berada di tengah memegang sebuah busur dan panah, tangan kanan bagian bawah memegang vajra kait, tangan kiri bagian bawah memegang tali, kaki kanan di angkat dan kaki kiri sambil menekuk berdiri di atas mara. Kurukule mengenakan mahkota tengkorak dan dibagian tubuh atas mengenakan pakaian surgawi, dibagian tubuh bawah mengenakan rok kulit macan.

Visualisasi di tengah cakra hati kita terdapat sebuah teratai, di tengah teratai terdapat cakra candra dan terdapat bijaksara [chu li], bijaksara tersebut memancarkan sinar mengundang kehadiran Kurukulle bhagawati untuk masuk ke dalam tubuh kita melalui nadi tengah. Seketika itu kita berubah menjadi Kurukule Bhagawati.

Mantra Kurukulle Bhagawati : 嗡 。咕嚕咕咧。杵利。梭 哈。(om. gu lu gu lie. chu li. suo ha).

Puja Api homa dimulai, Vajra Acarya Lian Ning memberkati semua persembahan dan kayu homa, kemudian Acarya memutar Japamala dan melakukan simabandhana di tungku homa. Api dinyalakan, semua persembahan dan kayu homa satu – persatu dimasukkan ke dalam api. Saat memperagakan mudra, terlihat Acarya membentuk mudra seperti sedang memegang sebuah busur panah. Kurukulle Bhagawati juga memegang sebuah busur panah.

Upacara Api Homa selesai dengan sukses dan sempurna. Vajra Acarya Lian Ning menyampaikan ceramah Dharma. Temen – temen bisa mendengarkannya langsung di Video Dokumentasi di atas. Setelah menyampaikan ceramah dharma, V.A Lian Ning mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan juga memberikan abhiseka izin melafalkan mantra Kurukulle serta abhiseka pemberkahan, tolak bala dan cinta kasih kepada umat yang hadir. Dengan catatan bahwa, teman – teman yang telah menerima abhiseka kurukulle dari Mahaguru Lian Sheng, jangan menerima abhiseka lagi dari Acarya Lian Ning.

Upacara Api Homa Kurukulle Bhagawati telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Kurukulle Bhagawati beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-kurukule-bhagawati/

Untuk download Mudra Kurukulle Bhagawati, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment