Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan Kaisar Liang 7 – 14 Juli 2013 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan Kaisar Liang 7 – 14 Juli 2013 :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya pada tanggal 7 – 14 juli 2013 menggelar upacara Pertobatan Kaisar Liang dan upacara Penyeberangan Ulkamukhayoga Ksitigarbha.

Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan yang menetap di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, didampingi oleh Dharmacarya Lian Xing dari Taiwan, dan dibantu oleh para Bhikkhu Lhama (Lian pu, Lian Xia dan Lian Zui).

Upacara ini merupakan agenda tetap dalam kegiatan Dharma dari Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Selain Pertobatan Kaisar Liang, Pertobatan 3000 Buddha termasuk salah satu kegiatan Dharma dari Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya.

Upacara Pertobatan Kaisar Liang ini membutuhkan waktu yang agak panjang, karena terbagi menjadi 10 bagian (10 bab). Upacara ini sangatlah sakral, di setiap bab sutra pertobatan Kaisar Liang ini menceritakan beraneka ragam dharma, khususnya yaitu sebab dan akibat. Setiap memulai pertobatan (setiap bab) selalu melantunkan gatha persembahan, dan persembahannya beraneka ragam dimulai dari dupa, bunga, pelita, air, buah – buahan, batu permata, dsb.

Setelah selesai melakukan pertobatan, Acarya selalu menjelaskan intisari dari pertobatan tersebut, intinya yaitu harus meyakini akan keberadaan Triratna, mengajarkan agar berlindung kepada Triratna, meyakini hukum sebab akibat, selalu ingat untuk melimpahkan jasa kepada semua makhluk, selalu ingat untuk berbakti kepada orang tua dan menjaga keharmonisan dalam hubungan persaudaraan.

Sebagai penutup dari Upacara Pertobatan Kaisar Liang, tgl 14 Juli 2013 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengadakan upacara penyeberangan Ulkamukhayoga. Yidam dari upacara penyeberangan Ulkamukhayoga ini adalah Ksitigarbha Bodhisattva. Tujuan utama dari Penyeberangan Ulkamukhayoga, yaitu untuk menolong makhluk – makhluk yang terlahir di alam samsara (alam neraka dan alam preta/setan kelaparan). Inti dari ritual Penyeberangan Ulkamukhayoga adalah kita bervisualisasi menyatu dengan Ksitigarbha Bodhisattva dan kita belajar dari ikrar Ksitigarbha Bodhisattva yaitu menolong semua makhluk agar dapat terbebas dari penderitaan neraka baru menjadi Buddha.

Di dalam tantrayana zhenfo zong, upacara ulkamukhayoga ini sangatlah khusus, karena Mahaguru pernah mendapatkan bendera suci dari Ksitigarbha yaitu bendera 7 bintang. Apabila para arwah yang terkena pancaran cahaya dari Bendera 7 Bintang Ksitigarbha ini, maka para arwah tersebut dapat terlahir di tanah suci Buddha.

Dalam upacara pertobatan maupun upacara penyeberangan, banyak umat yang mendaftarkan nama – nama leluhur, arwah penagih hutang, arwah penjerat, arwah janin serta arwah penunggu rumah di formulir pendaftaran dan di ling pai (panel arwah). Serta memberikan persembahan 7 jenis kertas mulia yang diajarkan oleh Mahaguru, teratai maupun kertas sembayang lainnya.
Selain itu juga ada juga umat yang mempersembahkan kapal yang dihiasi dengan bijaksara dan mantra, yang berfungsi sebagai bahtera untuk membawa arwah – arwah yang didaftarkan maupun yang tidak terdaftar agar bisa terseberangkan ke tanah suci Buddha.

Upacara Pertobatan Raja Liang dan Ulkamukhayoga Ksitigarbha berjalan dengan sukses dan sempurna.

Seluruh kegiatan dan upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

(by Bhikkhu Lhama Lian Pu)

Informasi terkait :

Untuk download Tata ritual sadhana Ksitigarbha Bodhisattva silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-ksitigarbha-bodhisattva/

Untuk download Sutra Ksitigarbha bab awal sampai bab akhir beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/sutra/

Untuk download Penyalinan Sutra Ksitigarbha bab awal sampai bab akhir, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download Mantra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-ksitigarbha/

Untuk download Mudra Ksitigarbha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download Screen Saver Ksitigarbha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-ksitigarbha/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment