Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Marici Bodhisattva 13 Oktober 2013 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Marici 13 Oktober 2013 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Mahaguru mengatakan Marici Devi Bodhisattva merupakan manifestasi dari Mahavirocana Tathagata, mempunyai Mahabahijna untuk dengan leluasa menyembunyikan wujudnya, merupakan kerabat dari Deva Indra, senantiasa berjalan cepat dihadapan Deva Surya.

Marici Devi merupakan Vajra yang sangat agung yang melindungi Zhenfo Zong, gelarnya adalah Vajra Wibawa Tanding (Zhanwei Jingang), atau Vajra Yang Membangkitkan Wibawa dan Kekuatan (Yang-wei Jin-gang), Beliau mempunyai power yang besar, kekuatannya sangat besar. Bodhisattva ini merupakan Devata Perang yang agung, sadhaka yang menekuni Sadhana Marici Devi, mampu meraih kemenangan dalam tanding, dalam peperangan tiada yang tidak menang, wibawa dan kekuatannya dahsyat bagaikan Raja Simha Vijaya, garang tanpa tanding.

Kekuatan Marici Devi mengungguli tujuh bintang utara, 28 konstelasi, 36 Tiangang, 72 Disha, Mantian Huagai, Surya Deva, Candra Devi, semua ini ada dalam kekuasaannya, Beliau menguasai semua perbintangan – deva dan bhuta, oleh karena itu Beliau dijuluki sebagai : Nakshatramalapati (Pimpinan Rangkaian Perbintangan)

Marici Devi memiliki kemampuan khusus dalam menyingkirkan kesukaran dan meredakan berbagai macam malapetaka. Dalam Sutra Dewi Marici ada tertulis : “Marici Devi senantiasa berjalan dihadapan Hyang Surya, Marici Devi ini tiada yang dapat melihatnya, tiada yang dapat menangkapnya, tiada yang dapat mendustainya, tiada yang dapat mengikatnya, tidak ada yang dapat mengambil hartanya, tiada musuh yang dapat mencelakainya.”…..

Dalam rangka hari suci Marici Bodhisattva, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengadakan Upacara Api Homa Tolak Bala, Pemberkahan dan Penyeberangan Marici Bodhisattva.

Upacara tersebut dipimpin oleh V.A Lian Jin dari Taiwan dan didampingi V.A Lian Yuan, Bhikkhu Lhama Lian Pu, Bhikkhu Lhama Lian Zui.

Sebelum upacara dimulai tampak umat satu persatu mulai berdatangan, ada umat yang sedang membeli barang persembahan (Gong Yang), ada yang membeli bunga dan ada yang sedang menulis kayu homa.

Pukul 14.00 WIB, antusias dari umat yang hadir memenuhi ruang bhaktisala, upacara pun segera di mulai. Rombongan Muda-mudi mengiringi para Acarya untuk memasuki ruang bhaktisala, lalu V.A Lian Jin mempersembahkan dupa dan diiringi lagu pendupaan yang menjadi salah satu lagu pembuka. Dan dilanjutkan dengan Lu Xiang Zan dan Qing jing Zan, setelah itu para Acarya dipersilahkan duduk di tempat yang telah disediakan, begitupula dengan para Bhikkhu Lhama.

Upacara dimulai berdasarkan tata ritual dari membaca mantra pembersihan dan dilanjutkan dengan mantra pengundang, setelah seluruh prosesi tata ritual dilakukan, selanjutnya membentuk mudra Marici Bodhisattva bervisualisasi di atas samudera langit cerah, cakra candra terbit dari permukaan laut dan di tengahnya terdapat bijaksara (Mo) berwarna emas yang memancarkan cahaya keemasan, bijaksara tersebut berputar dan muncul Marici Bodhisattva berwujud lengan dua, duduk di atas padmasana, tangan kiri memegang kipas, tangan kanan menjulur ke bawah, membentuk mudra Varada. Tubuh Marici Bodhisattva berwarna emas, mengenakan jubah berwarna putih. lalu bervisualisasi Marici Bodhisattva memancarkan tricahaya pada diri sadhaka, sadhaka memperoleh triguhya, sekujur tubuh menjadi bersih dan bening. Setelah itu membaca mantra Marici Bodhisattva :“嗡.摩利支玉.梭哈(Om. Mo Li Zhi Yu. Suo Ha)” 21x.

Mempersilahkan V.A Lian Jin memberkati sarana puja dan kayu homa, dan melakukan simabandhana (Jie Jie), kemudian satu persatu persembahan di masukkan ke dalam tungku di lanjutkan dengan memperagakan berbagai mudra.

Setelah itu memasuki samadhi dan membaca mantra 8 yidam dilanjutkan dengan penyaluran jasa, puja Amitabha, mantra sataksara, namaskara dan diakhiri dengan mantra paripurna.

Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Marici Bodhisattva

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Marici beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-marici-bodhisattva/

untuk download sutra Marici beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-marici-bodhisattva/

Untuk download Mudra Marici, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

untuk download Dokumen Penyalinan sutra Marici, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download Artikel Marici, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/artikel-marici-bodhisattva/

Untuk download screen saver Marici, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-marici-bodhisattva/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment