Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha 19 Desember 2013 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha 19 Desember 2013 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka hari suci Amitabha Buddha, Kamis 19 Desember 2013 jam 7 malam, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan.

Pukul 7.30 malam, upacara di mulai. V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa dan diiringi lagu pendupaan yang menjadi salah satu lagu pembuka. Dan dilanjutkan dengan Lu Xiang Zan dan Qing jing Zan, setelah itu Acarya dipersilahkan duduk di tempat yang telah disediakan, begitupula dengan para Bhikkhu Lhama.

Upacara dimulai berdasarkan tata ritual dari membaca mantra pembersihan dan dilanjutkan dengan mantra pengundang, setelah seluruh prosesi tata ritual dilakukan, selanjutnya membentuk mudra Amitabha Buddha, bervisualisasi “Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara XIE berwarna merah, memancarkan cahaya merah yang terang benderang. Bijaksara XIE yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Amitabha Buddha, kedua tangan-Nya membentuk Mudra Dhyana, membawa sebuah patra yang sarat akan amtra, memandang insan dengan pandangan maitri.Bervisualisasi amerta yang berada di dalam patra yang dibawa oleh Amitabha Buddha berubah menjadi seberkas cahaya putih melesat ke atas dan membusur memasuki ubun-ubun kepada sadhaka, sekujur tubuh sadhaka menjadi putih dan bening bagaikan kristal, segala karma buruk lenyap semua. (atau boleh juga bervisualisasi teratai di atas tangan Amitabha Buddha memancarkan cahaya putih yang terang benderang menerangi sadhaka).”

Setelah itu membaca mantra Amitabha Buddha :“嗡。阿彌爹哇。些。(Om. a mi die wa. xie)”.

Mempersilahkan V.A Lian Yuan memberkati sarana puja dan kayu homa, dan melakukan simabandhana (Jie Jie), kemudian satu persatu persembahan di masukkan ke dalam tungku di lanjutkan dengan memperagakan berbagai mudra.

Setelah itu memasuki samadhi, dilanjutkan mantra 8 yidam dan penyaluran jasa, puja Amitabha, mantra sataksara, namaskara dan diakhiri dengan mantra paripurna.

Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Amitabha BUddha

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Tata ritual sadhana Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-amitabha-buddha/

* Untuk download Mantra Amitabha Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-amitabha/

* Untuk download Sutra Amitabha Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-amitabha-buddha/

* Untuk download Penyalinan Sutra Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Mudra Amitabha Buddha beserta, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Artikel Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/artikel-amitabha-buddha/

* Untuk download Screen Saver Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-amitabha-buddha/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment