Liputan dan Dokumentasi VVBS Partisipasi Kirab Sriwijaya 20 – 22 Desember 2013 di Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi VVBS Partisipasi Kirab Sriwijaya 20 – 22 Desember 2013 di Palembang :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Tanggal 20 – 22 Desember 2013, VVBS berpartisipasi dalam Kirab Sriwijaya. Hari Jumat, tanggal 20 Desember 2013 Pukul 08.30 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengutus 2 umat untuk membawa pratima keluar dari VVBS menuju kelenteng Che Bun Lao, sekitar 30 menit perjalanan dari VVBS menuju kesana. Sesampai di sana, pratima tersebut di letakkan di altar. Suasana di sana sangatlah ramai dan tim barongsai juga ikut meramaikan suasana. Setelah semua pratima yang berpartisipasi kirab hadir, maka upacara penyambutan pratima pun di mulai oleh pemimpin upacara di kelenteng tersebut.

Upacara tersebut berlangsung sekitar 45 menit. Sekitar pukul 11.30, seluruh peserta kirab membawa masing – masing pratima tersebut menuju ke Bukit Siguntang. Semua peserta kirab membawa pratima dengan cara meletakkan pratima tersebut di atas nampan dan diikat dengan kain merah pada pegangan nampan tersebut lalu kain itu di kalungkan ke leher masing-masing peserta. Ada sekitar 21 pratima yang di bawa dari kelenteng menuju ke Bukit Siguntang. Perjalanan dari kelenteng menuju Bukit Singguntang kira-kira 20 menit.

Sekitar pukul 12.30 WIB rombongan tiba di Bukit Siguntang, lalu seluruh peserta kirab membawa pratima tersebut menuju altar yang telah di siapkan sambil diiringi oleh barongsai dan panji. Lalu rupang-rupang tersebut di letakkan di altar mandala dan kemudian ritual upacara dilakukan. upacara doa pun di mulai, pada saat upacara di mulai suasana di sana sangatlah tenang dan seluruh peserta kirab mengikuti upacara hingga selesai. Kurang lebih 1 jam upacara berlangsung, pukul 14.30 siang para peserta kirab beristirahat sebentar untuk menunggu perjalanan selanjutnya menuju Bek-Ang dengan menaiki tongkang menuju ke rumah Panggung.

Sesampai di rumah panggung, sekitar pukul 4 sore, dilakukan ritual doa kembali. Kurang lebih 1 jam, ritual doa pun selesai. Sekitar pukul 5 sore, ritual doa di mulai kembali. Sekitar pukul 7 malam, semua peserta kirab membawa pratima – pratima tersebut secara bersamaan menuju ke kelenteng Kwan Im di 10 ulu untuk di letakkan di altar tersebut karena besok pagi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya akan mengadakan puja api homa di tempat tersebut.

Hari Sabtu, tanggal 21 Desember 2013, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengadakan Upacara Api Homa Pemberkahan Dewi Matsu. Sebelum upacara di mulai, seluruh pratima yang berada di dalam kelenteng, dibawa keluar dan di letakkan di altar mandala yang telah di siapkan. Pukul 8 pagi puja api homa di mulai. Di sana api homa berlangsung sangat luar biasa, banyak umat yang hadir untuk mengikuti upacara tersebut. Kurang lebih 1 jam upacara berlangsung, akhirnya api homa pun selesai di laksanakan, lalu Vajra Acarya Lian Yuan memberkati seluruh pratima yang berada di altar mandala. Setelah itu, seluruh pratima di bawa oleh masing-masing peserta kirab untuk memutari api homa sebanyak 3x. Setelah itu, peserta kirab melanjutkan kirab laut, diawali dengan menuju pulau Kemarao dengan naik tongkang.

Sekitar pukul 10 pagi, perjalanan dari kelenteng 10 ulu menuju ke pulau Kemarao dimulai. Kurang lebih 1 jam perjalanan air. Setiba di Pulau Kemarao, ritual doa dimulai, sebelumnya peserta kirab meletakkan semua pratima yang telah disediakan. Sekitar pukul 1 siang, perjalanan dilanjutkan dari pulau Kemarao menuju Bek-Ang. dilanjutkan perjalanan darat dengan menggunakan mobil menuju TPKS, kurang lebih 30 menit perjalanan, akhirnya tiba di TPKS. Sesampainya di sana, seluruh peserta kirab harus berjalan kaki untuk masuk ke dalam karena di dalam sana ada altar yang telah disiapkan. Lalu peserta kirab satu per satu meletakkan rupang tersebut di altar yang telah di siapkan dan dilakukan ritual pembacaan doa. Setelah selesai mengadakan ritual pembacaan doa, sekitar 20 menit beristirahat, perjalanan dilanjutkan ke kelenteng KM.7. Semua pratima diletakkan di sana, karena besok akan dimulai kirab darat.

Minggu, 22 Desember 2013 kirab darat dilaksanakan, sebelumnya seluruh pratima di letakkan di masing – masing tandu yang telah di siapkan. Terlihat orang – orang yang berpartisipasi, ada yang sedang melihat tandu, ada yang sedang bersembayang, ada juga yang sedang menghias tandu tersebut. Pukul 14.00 kirab darat dimulai, satu per satu tandu keluar dari kelenteng tersebut. Sebelum dibawa keluar, terlebih dahulu tandu yang diangkat melakukan penghormatan. Setelah itu langsung berjalan menuju ke kelenteng berikutnya. Antusiasme temen – temen yang ikut kirab jalan ini sungguh terlihat.

Setiap berkunjung ke kelenteng, semua tandu diletakkan kemudian dilakukan pembacaan doa terlebih dahulu, setelah itu semua tandu secara bergilir melakukan penghormatan. Sekitar pukul 18.00, tiba di sebuah kelenteng, semua peserta istirahat dan makan. Pukul 19.00 kirab jalan dimulai kembali. pukul 20.30 kirab jalan selesai, semua tandu dibawa pulang kembali ke kelenteng pertama tempat tandu diletakkan pada awal sekali. Temen – temen yang berpartisipasi adalah dari ada orang tua, remaja, dewasa bahkan anak kecil, karena tidak dibatasi oleh umur.

Kirab Sriwijaya telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Yao chi jin mu – Ma shang you qian silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-yao-chi-jin-mu-ma-shang-you-qian/

* Untuk download Mantra Maha Dewi Yao Chi beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-yao-chi/

* Untuk download Sutra Maha Dewi Yao Chi beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-maha-dewi-yao-chi/

* Untuk download Penyalinan Sutra Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Mudra Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Artikel Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/yao-chi-jin-mu/

* Untuk download Screen Saver Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-golden-mother/

* Untuk download Mudra Dewi Matsu, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Mantra Dewi Matsu beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-matsu/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment