Jasa Dilimpahkan Pada Sukhavatiloka Barat

Majalah dharma talk edisi Februari 2014 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2014/februari/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Jasa Dilimpahkan Pada Sukhavatiloka Barat dari Majalah dharma talk edisi Februari 2014

Jasa Dilimpahkan Pada Sukhavatiloka Barat

Seseorang bertanya lagi pada saya tentang Buddhadharma, “Anda mengatakan bahwa menjalankan kebajikan akan naik ke surga, lalu mengatakan bahwa naik ke surga hanya mementingkan kenikmatan akan kesenangan dan berkah, bila berkah telah habis, maka akan jatuh lagi, bukankah ini berarti menjalankan kebajikan tidak ada artinya?”

Saya menjawab, “Tidak juga, selama sadhaka tidak mengusahakan terlahir di surga, jasa dilimpahkan pada Sukhavatiloka Barat, menyempurnakan buah karma baik, dengan sendirinya sadhaka akan menitis di Sukhavatiloka dan tidak akan mundur lagi, karena tidak akan mundur dan jatuh, dengan sendirinya ada harapan untuk mencapai kebuddhaan.”

“Titik beratnya pada pelimpahan jasa?”

“Benar.”

Tanya, “Ada yang melimpahkan jasa datang lagi ke dunia untuk menyeberangkan para insan, bolehkah itu?”

Saya menjawab, “Boleh. Karena dunia manusia ada suka dan duka, bahkan duka lebih banyak dari suka, sehingga banyak manusia mengerti melatih diri, itulah yang membuat dunia manusia lebih unggul daripada alam surga. Oleh karena itu, datang lagi ke dunia manusia, juga merupakan cara yang baik untuk melatih diri hingga mencapai pembebasan dan kebuddhaan.”

Saya bercerita bahwa pada zaman dulu ada seorang bhiksu yang menekuni samadhi, tak disangka ia digigit ular berbisa, lalu mati keracunan, bhiksu ini belum mencapai keberhasilan, hanya mematuhi sila. Sehingga ia pun naik ke alam surga, dilayani oleh 500 dewi, bhiksu ini tidak ingin menikmati kesenangan di alam surga.

Lalu bertanya pada dewi, di mana ia boleh melanjutkan melatih diri.

Dewi menjawab, “Satu-satunya cara adalah masuk ke Taman Divasa Bhumi dan menjadi bhiksu.”

Akhirnya, si bhiksu meninggalkan kesenangan surgawi, tetap masuk ke “Taman Divasa Bhumi” dan menjadi bhiksu. Ia bukan orang yang puas dengan kesenangan surgawi. Ia belajar Agama Buddha, bukan demi menikmati berkah dalam kehidupan yang akan datang, melainkan untuk mencapai pembebasan dan kebuddhaan sejati.

Saya berharap siswa saya melimpahkan semua jasa yang baik pada Sukhavatiloka Barat, menitis dalam teratai, tidak mundur selamanya, bertemu Buddha dan mengatasi hidup dan mati, kemudian datang lagi ke triloka, bebas leluasa menyelamatkan dan menyeberangkan para insan.

Sadhaka yang dapat menjamin dirinya tidak tersesat di dunia ini, boleh berikrar datang lagi ke dunia manusia, jika tidak, jalan terbaik adalah melimpahkan jasa pada Sukhavatiloka Barat.

Buddhadharma berbeda dengan agama lain karena Buddhadharma mengajarkan manusia untuk tidak puas dengan naik ke alam surga saja.

Om Mani Padme Hum

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Bersih dan Tiada Pikiran Sepenuh Hati Berlindung pada Mulacarya – Namun, bersarana di dalam Tantra, berlindung pada Mulacarya adalah seperti ini, asalkan Anda telah bersarana, asalkan Anda telah berlindung pada Mulacarya ini, maka harus berlindung selamanya.
    • * Buddha Tertinggi dari Padmakumara adalah Buddha Rahasia Sinar Suci (淨光秘密佛) di Dalam Sutra Raja Agung – Buddha yang tertinggi dari Padmakumara tertulis di dalam Sutra Raja Agung, apa nama Buddha pertama? Buddha Rahasia Sinar Suci, mengapa disebut Buddha Rahasia Sinar Suci? Karena Ia menghasilkan terang yang sangat terang dan bersih, disebut sinar suci.
    • * Jasa Dilimpahkan Pada Sukhavatiloka Barat – Saya berharap siswa saya melimpahkan semua jasa yang baik pada Sukhavatiloka Barat, menitis dalam teratai, tidak mundur selamanya, bertemu Buddha dan mengatasi hidup dan mati, kemudian datang lagi ke triloka, bebas leluasa menyelamatkan dan menyeberangkan para insan.
    • * Petunjuk Mimpi – Suatu malam. Ayahnya tidur di ranjang, sehampar remang-remang. Sehampar angin dingin berembus masuk, di tengah kabut tebal, terdengar gemuruh bunyi rantai besi, roh seseorang berdiri di depan ranjang…..
    • * Mengerti Mengatur Antara Kendur dan Kencang Adalah Meditasi – Jadi, ada satu ilustrasi, kecapi terlalu kendur, sama sekali tidak ada suara; kecapi terlalu kencang, ia akan putus, jadi keduanya harus diatur pas-pasan.
    • *Orang yang Meninggal Harta Kekayaan – Orang kaya memiliki kekuasaan berlimpah, ikut berubah seiring dengan perubahan duniawi, mengabaikan hidup yang paling penting, moralitas yang paling berharga, dan melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya.
    • *Tian Shang Sheng Mu – Asal muasal Tianshangshengmu tidak sembarangan, Beliau berasal dari Surga Tusita tempat Maitreya Bodhisattva.
    • * 【釋經名「佛說阿彌陀經」】阿彌陀

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment