Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha 13 April 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha 13 April 2014 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka festival Qing Ming, Minggu, 13 April 2014, VVBS menyelenggarakan upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha Bodhisattva. Festival Qing Ming tentu masyarakat tionghoa pasti mengetahui hal ini. Secara umum, festival qing ming adalah ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah ke kuburan. Jadi pada saat ini, seluruh keluarga berkumpul bersama untuk berziarah ke makan leluhur. Untuk orang Tionghua, hari ini merupakan suatu hari untuk mengingat dan menghormati nenek moyang. Setiap orang berdoa di depan nenek moyang/leluhur, menyapu pusara dan bersembahyang dengan makanan, teh, arak, dupa, kertas sembahyang dan berbagai asesoris, sebagai persembahan kepada nenek moyang.

Selain sembayang leluhur, ada juga yang menunjukkan bakti mereka terhadap leluhur dengan mendaftarkan leluhur mereka dalam upacara penyeberangan. Untuk itu, umat VVBS tidak melewatkan hal ini. Sebelum upacara dimulai, banyak umat yang sedang sibuk menulis formulir untuk mendaftarkan leluhur mereka atau membeli kertas sembayang untuk dipersembahkan kepada leluhur mereka.

Upacara dimulai pukul 2 siang. Upacara kali ini ada yang spesial yaitu Bhikkhu LHama Lian Pu yang telah di angkat oleh Mahaguru Lian Sheng menjadi seorang Vajra Acarya pada tanggal 5 April 2014 di Taiwan Lei Zang Si, pada upacara Api Homa kali ini mendampingi Vajra Acarya Lian Yuan Sebagai seorang Vajra Acarya. Upacara kali ini sungguh spesial, dengan adanya 2 orang Vajra Acarya.

Barisan rombongan penjemputan Vajra Acarya telah berjalan diiringi Mantra Mahaguru untuk menjemput kedua Acarya tersebut menuju Bhaktisala. Sesampai di ruang Bhaktisala, mempersilahkan Vajra Acarya Lian Yuan untuk mempersembahkan dupa diiringi lagu pendupaan. Kemudian mempersilahkan kedua Acarya untuk duduk.

Upacara diawali dengan Vajra Acarya melakukan Sima Bhandana, dilanjutkan membaca naskah doa, Vajra Acarya memberkati Naskah Doa & Formulir Pendaftaran, Menyanyikan Lagu – Lagu Pemujaan (Lu xiang zan & Qing jing zan), Mantra Pembersihan hingga Mantra Padmakumara untuk memohon adhistana Silsilah.

Setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra Ksitigarbha Bodhisattva dan bervisualisasi : Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera dan di tengahnya terdapat bijaksara HA berwarna kuning, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara HA yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Ksitigarbha Bodhisattva yang mengenakan mahkota Panca Buddha, berpakaian Kasaya, berbadan putih, kedua tangan-Nya menopang mutiara (ranta-mani), duduk di padmasana. Kemudian bervisualisasi ratna-mani bercahaya, membusur mengabhiseka sadhaka dari ubun-ubun, sekujur tubuh sadhaka menjadi bersih dan suci. Mantra Ksitigarbha : 嗡。哈哈哈。微三摩耶。梭哈。Om.ha ha ha. wei san mo ye. suo ha.

Kemudian Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa, memutar Japamala memberkati, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan diberkati oleh Vajra Acarya, kemudian di giring menuju tungku homa diiringi mantra Ksitigarbha. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala,pemberkahan dan penyeberangan.

Selesai puja api homa, dilanjutkan dengan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Ksitigarbha

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata Ritual Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-ksitigarbha-bodhisattva/

Untuk download Sutra Ksitigarbha Meredam Bencana dan Memperpanjang Usia beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-meredam-bencana-dan-memperpanjang-usia/

Untuk download Sutra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
* Bab Awal : http://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-bab-awal/
* Bab Tengah : http://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-bab-tengah/
* Bab Akhir : http://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-bab-akhir/

Untuk download Sutra Penerang Mata beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-penerang-mata/

Untuk download Mantra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-ksitigarbha/

Untuk download Mudra Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk Multimedia Interaktif Info Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/multimedia/

Untuk download penyalinan sutra Ksitigarbha, Sutra Ksitigarbha Meredam Bencana dan Memperpanjang Usia, Sutra Penerang Mata, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment