Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 28 Agustus 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 28 Agustus 2014 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_28agustus2014.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Kamis, 28 Agustus 2014 jam 7 malam, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning. Upacara kali ini merupakan upacara perdana bagi V.A Lian Pu.

Dalam Tantrayana Satya Buddha, tidak ada yang tidak mengenal Jambala Kuning. Beliau terkenal sebagai Dewa terkaya di langit. Jambala Kuning juga merupakan salah satu 8 Yidam dalam Zhenfo Zong (Tantrayana Satya Buddha). Sekilas mengenai Jambala Kuning bisa baca artikelnya di sini

Maha Guru tahu sekali Maha raja Vaisravana adalah dewa yang paling kaya raya makmur di alam surga utara, dan juga beliau adalah seorang Dewata Pelindung Dharma (Dharmapala) yang senang memberi bantuan kepada para umat manusia, selain itu Maha raja Vaisravana mempunyai banyak sekali rahasia-rahasia Dharma yang agung, Beliau memiliki kekuatan yang dapat berubah wujud. Maka Maha Guru menurunkan sadhana Jambala Kuning ini. Orang yang melakukan sadhana Jambala Kuning tersebut cepat mencapai Yoga dan mendapat berkah keuntungan, cita – cita tercapaikan.

Karena ini merupakan Jambala Kuning, wow!! tidak mungkin di lewatkan. Umat berbondong – bondong hadir ke vihara, ada yang menulis kayu homa, ada juga yang membeli persembahan seperti coklat, susu, arak, dll. Terlihat di ruang bhaktisala, ada mandala Jambala Kuning yang sungguh anggun dan berkilauan. Pratima Jambala yang didudukkan di atas beras, di belakang pratima tersebut terdapat bulu merak yang berwarna emas, dikelilingi berbagai simbol persembahan. (lihat gambar)

Upacara dimulai pukul 7.30 malam, Vajra Acarya dengan diiringi muda – mudi memasuki ruang Bhaktisala. Kemudian Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu “Pendupaan”. Setelah selesai, Vajra Acarya dipersilahkan duduk. Banyak umat yang berjodoh bisa hadir dan berpartisipasi dalam Upacara ini, baik hadir secara langsung maupun berpartisipasi melalui formulir atau kayu homa.

Upacara dimulai dari Mantra Pembersihan hingga Mantra Padmakumara. Kemudian bersama – sama membentuk mudra Jambala Kuning, Bervisualisasi di tengah kepulan asap dari tiga batang dupa yang disembahkan, muncul sebuah cakra chandra, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara ZHEN berwarna kuning dan memancarkan cahaya kuning. Bijaksara ZHEN yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Jambhala Kuning yang berbadan kuning, duduk setengah bersila, dengan mengenakan mahkota emas, di atas mahkota emas dihiasi dengan berbagai ratna permata, berwajah bundar, tampak berwibawa, tubuh-Nya dihiasi dengan kalung dari batu berharga, tangan kanan-Nya memegang sebuah pusaka, layaknya sebuah jeruk, tangan kiri-Nya merangkul seekor tikus pusaka. Bervisualisasi jempol kaki kanan Jambhala membengkak dan amat sakit. Sadhaka memanjatkan mantra “Om. Ah. Hum. Suo ha” 3x untuk memohon kehadiran Panca Dhyana Buddha. Bervisualisasi Panca Buddha berada di atas Jambhala Kuning dan masing-masing memancarkan lima berkas cahaya memberi abhiseka kepada Jambhala Kuning. Sementara sadhaka menjapa mantra Abhiseka 3 kali “Om Hum Zhen Sha Ya”. Berkat abhiseka dari Panca Buddha, maka bengkak dan sakit yang diderita Jambhala Kuning pada jempol kaki kanannya pun pulih kembali, dan Jambhala Kuning pun tersenyum. Selanjutnya mulut tikus pusaka pun terbuka, melimpahkan berkah sesuai kehendak sadhaka. Melafalkan mantra Jambala Kuning : 嗡。針巴拉。 查冷查那耶。梭哈。Om. Zhen Ba La. Cha Leng Cha Na Ye. Suo Ha. sebanyak 21 x.

Bhikkhu Lhama mempersilahkan Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa, memutar Japamala memberkati, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan dimasukkan ke dalam tungku, kemudian susu, arak, parfum, dan terakhir kayu homa. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala dan pemberkahan. Proses puja api homa tersebut diiringi Mantra Jambala Kuning, shixiong shijie dengan khyusuknya berdoa. Vajra Acarya pernah mengatakan bahwa saat Vajra Acarya sedang melakukan puja api homa, hendaknya shixiong shijie dengan tulus melafalkan mantra, bervisualisasi dan berdoa kepada Yidam. Dalam Puja Api Homa kita bisa bervisualisasi ditengah tungku, api yang berpijar membakar diri sendiri, sehingga semua karma buruk terbakar menjadi hawa hitam, keluar melalui pori – pori, diri sendiri menjadi bersih. Karma buruk pun lenyap. Visualisasi bijaksara Cen berubah menjadi Adinata dan masuk ke cakra hati sadhaka, Sadhaka dan Adinata menjadi satu dan masuk ke dalam tungku homa sehingga tubuh Sadhaka menjadi bersih. Sadhaka, yidam dan api menjadi satu kesatuan.

Setelah selesai puja api homa, sebelum kembali ke Dharmasana, Vajra Acarya memberkati altar Dirgahayu yang digelar untuk upacara ini dan altar Jambala, Kemudian kembali ke Dharmasana.

Upacara dilanjutkan dengan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Jambala Kuning

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata ritual sadhana Jambala Kuning, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-jambala-kuning/

Untuk download Mantra Jambala Kuning beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-jambala-kuning/

Untuk download Mudra Jambala Kuning, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download Screen Saver Jambala Kuning, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-jambala-kuning/

Untuk download Artikel Jambala Kuning, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/artikel-lain/jambala-kuning/

Informasi menarik lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment