Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Padmasambhava 21 September 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Padmasambhava :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_21sept2014.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 21 September 2014 jam 2 siang, Vihara Vajra Bumi Sriwijaya mengadakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Padmasambhava (南摩蓮華生大士息災祈福超度護摩火供大法會). Upacara tersebut dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di damping oleh V. A Lian Pu, dan para Bhikkhu Lhama. Sebelum Upacara Api Homa dimulai terlihat sekali umat yang antusias dalam mengikuti Upacara tersebut. Ada yang sedang menulis kayu homa dan ada yang sedang membeli bahan persembahan untuk di persembahkan pada Buddha dan Bodhisattva.

Di tempat persembahan api homa kali ini ada yang berbeda. Terdapat persembahan berupa tongkat, topi, Vajra Dorje, dll yang dibawa oleh Padmasambhava. Upacara dimulai pukul 14.00 WIB, lagu Pendupaan mengiringi V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa, kemudian Lu Xiang Zan dan dilanjutkan dengan Qing Jing Zan. Selanjutnya Mantra Pembersihan, mantra pengundang, hingga Mantra Padmakumara dilafalkankan sesuai dengan tata ritual, setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra yidam Padmasambhava kemudian bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara “XIE” berwarna merah, memancarkan cahaya merah muda. Bijaksara “XIE” yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Padmasambhava yang berwarna merah muda, mengenakan mahkota dan duduk bersila di atas padmasana, serta menetap di atas angkasa. Tangan kanan memegang vajra, siku tangan kiri menjepit tongkat trisula dan tangan kiri memegang tempurung kepala yang berisikan ratna dan amrta. Bervisualisasi air amrta berubah menjadi cahaya putih, membusur mengabhiseka sadhaka. Dan Maha Amrta ini melenyapkan segala karma buruk, penderitaan dan rintangan mara sadhaka.

Melafalkan mantra Padmasambhava “Om. A Hum. Bie Zha. Gu Lu. Bei Ma. Xi Di. Hum. Xie.” dengan lantang untuk mengundang kehadiran Padmasambhava.

Setelah Upacara Api Homa selesai, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah dharma, temen – temen bisa dengarkan di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Padmasambhava

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Mantra Padmasambhava : https://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmasambhava/
* Screen Saver Padmasambhava : https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-padmasambhava/
* Tata Ritual Sadhana Padmasambhava : https://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-padmasambhava/
* Mudra Sadhana Padmasambhava : https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

*Temukan informasi menarik lainnya di https://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment