Murid Yang Plin-Plan & Hubungannya Dengan “Catur Prayoga”

Majalah dharma talk edisi Agustus 2014 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2014/agustus/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Murid Yang Plin-Plan & Hubungannya Dengan “Catur Prayoga” dari Majalah dharma talk edisi Agustus 2014

Murid Yang Plin-Plan & Hubungannya Dengan “Catur Prayoga”

Akhir-akhir ini saya menjadi paham sepenuhnya akan sebuah ungkapan Cina yang berbunyi, “Satu jenis beras menghasilkan ratusan jenis manusia.”

Meskipun ada 2 juta orang yang berguru kepada saya [Terhitung 1996, ada sekitar 4 juta siswa], apakah mereka semua mempunyai benak yang sama?

Saya pernah meng-analogi-kan siswa-siswa saya sebagai berikut:

Mereka itu bagaikan air, pergi mengalir ke bawah.
Mereka itu bagaikan angin, pergi kemana angin bertiup.
Mereka itu bagaikan api, pergi kemana api membakar.

Benak (pikiran) dari siswa-siswa saya itu tak berbeda dengan pikiran manusia lainnya. Mereka sangat mudah berubah pikiran, adakalanya dengan kecepatan yang mengejutkan. (Seorang siswa yang mengaku akan memberikan dukungan penuh bisa saja malah menjadi orang yang malah akan mencelakakan.)

Sewaktu saya memahami benak mereka, saya mengasihani mereka. Mereka hanyalah para insan yang belum mencapai kesucian. Mereka pun belum mencapai yoga (kontak batin) dalam latihan Tantra mereka.

Seorang Tantrika harus mulai dengan Catur Prayoga dan harus mengingat “Mula Guru” 3 kali sehari. Ia harus menjapa mantra “Catur Sarana” untuk memurnikan pikirannya dan untuk meletakkan fondasi yang kuat bagi pelatihan diri nya.

Setelah berhasil dalam sadhana “Catur Prayoga”, semua siswa saya itu akan mempunyai benak (pikiran) yang sama.

Pikiran mereka akan serasi dengan pikiran dari“Guru Akar” dan para Buddha. Jadi, ketekunan dalam berlatih Catur Prayoga sampai mencapai yoga (kontak batin) adalah suatu keharusan. Hanya sekedar beriman tidaklah cukup.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Maha Mula Acarya Zhenfo Zong, Mahaguru Lian Sheng – Mahaguru Lian Sheng yang bernama awam Sheng-yen Lu lahir tahun 1945 chiayi, Taiwan. Tahun 1982 berimigrasi ke negara Amerika (Seattle).
    • * Mengenal Acarya Sejati – Mahaguru mengharap semua umat mempunyai Mata Kebijaksanaan, sebab ada beberapa Acarya yang benar-benar menekuni bhavana dan memiliki maitrikaruna, bahkan memiliki sraddha kokoh.
    • * Abhiseka Jangan Lobha – Marilah kita mengingat dan mempraktekkan ajaran Mahaguru: Berkonsentrasi pada Trimula, jangan lobha akan metode Dharma, harus menghormati abhiseka, bahkan setelah memohon abhiseka harus benar-benar ditekuni!
    • * Murid Yang Plin-Plan & Hubungannya Dengan “Catur Prayoga”– Jadi, ketekunan dalam berlatih Catur Prayoga sampai mencapai yoga (kontak batin) adalah suatu keharusan.
    • * Pembahasan Visi Sebelum Meninggal (Perubahan Kesadaran) – Menjelang kematian yang biasa, kecuali kecelakaan (kematian yang mendadak), kebanyakan akan memperoleh visi (penglihatan) aneh.
    • * Pengulasan Tata Ritual Tantra Lengkap dan Mendetail Bagian 3 & 4 – Setiap saat kita hendak mulai bersadhana, tentu harus membersihkan tubuh, apa maksud dari membersihkan tubuh ? Yaitu sebuah persiapan sebelum bersadhana.
    • * Meninggalkan Semua Yang “Ada”– Namun, ini adalah “Meninggalkan semua yang ada”. Aku bukan hartawan, sama sekali tidak mencengkram erat-erat kemasyuran dan materi.
    • * Sisi Gelap Dari Jiwa – “Hal yang paling berarti di dunia ini adalah hidup dan mati. Jika nafas berikutnya tidak ada lagi, waktu itu anda berada didunia yang lain.
    • * Maitreya Bodhisattva – Wujud Maitreya Bodhisattva di Garbhadhatu-mandala : Maitreya Bodhisattva mengenakan mahkota ratna, di tengah mahkota terdapat Stupa Ratna, di dalam Stupa Ratna terdapat sarira, telapak tangan kiri terbuka di depan dada.
    • * 【釋經文】長老舍利弗& 摩訶目犍連。

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment