Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Dewi Matsu 18 Desember 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Dewi Matsu 18 Desember 2014 di VVBS Palembang :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_18des2014.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Kamis, 18 Desember 2014, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Dewi Matsu (Tian Shang Sheng Mu – 天上聖母). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh V.A Lian Pu dan Bhikkhu Lhama Lian Xia.

Berdasarkan ceramah Mahaguru :
Tianshangshengmu disebut juga Mazu, mampu menggerakkan roh untuk menolong insan dimanapun berada, bahkan telah menaklukan dan menerima “Qianliyan , Shunfenger” ( Mata Ribuan Li, Telinga Ribuan Li ) menjadi pengawalnya ; Menampilkan abhijna, menolong para insan di samudera.

Asal muasal Mazu : Di Meizhou Putian Tiongkok ada keluarga bermarga Lin, ada satu generasi dimana marga Lin ini melakukan banyak sekali perbuatan kebajikan, yaitu dikala terjadi paceklik mereka gemar berdana kepada rakyat miskin. Diantaranya terdapat seorang pelatih diri Tao yang sering datang ke rumah mereka untuk menerima dana makanan, demikian selama tiga thaun . Akhirnya Taoist ini memberikan petunjuk fengshui bagi keluarga Lin, sehingga generasi demi generasi keluarga Lin lulus ujian kenegaraan, menjadi pejabat, dan bahkan diantaranya lahirlah seorang Suciwan Wanita, yaitu Lin Moniang.

Beranjak dewasa, Lin Moniang berjumpa dengan seorang Taoist yang bernama Xuantong Daozhang, Beliau mentransmisikan Metode Tao yang sangat berharga “Jiu-zhuan Xuan-gong Fa” kepada Lin Moniang. Setelah Lin Moniang memperoleh keberhasilan dalam bhavana, mampu melakukan perjalanan astral, serta menjalin afinitas dengan Avalokitesvara Bodhisattva dan Yaochijinmu. Yaochijinmu membawanya berjumpa dengan Dewa Indra, sehingga Beliau dianugerahi gelar : “Tian-hou” “Tianshangshengmu” ( Ibu Suci Surgawi ) , serta “Tianhou Niangniang Miaoxing Yvnv” , inilah Mazu, Tianshangshengmu.

Asal muasal Tianshangshengmu tidak sembarangan, Beliau berasal dari Surga Tusita tempat Maitreya Bodhisattva. Tianshangshengmu bukan hanya dewa biasa, tidak hanya kepercayaan rakyat belaka, Beliau adalah Bodhisattva. Banyak sekali mukjizat yang dilakukan oleh Bodhisattva Mazu, Beliau merupakan Devata Perairan, dimana ada air, maka termasuk kekuasaan Nya, Beliau sangat agung dan terhormat………………. (baca selengkapnya di TBSN Indonesia)

Upacara dimulai pukul 19.30 WIB. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual upacara api homa. Untuk persembahan kali ini terlihat ada Tandu yang di dalamnya terdapat gambar Dewi Matsu dan Kedua pengawal Beliau, kemudian ada topi Dewi Matsu dan juga ada Lingphai yang dipegang oleh Dewi Matsu.

Untuk visualisasi Dewi Matsu : Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara [Hum] memancarkan cahaya. Untuk warna dari bijaksara tersebut tergantung dari permohonan. Bila permohonan tolak bala maka bervisualisasi bijaksara tersebut berwarna putih dan Dewi Matzhu juga memancarkan cahaya putih. Bila memohon berkah rezeki (paustika) warnanya kuning, bila memohon cinta kasih (wasikarana) warnanya merah, bila memohon penaklukan (abicaruka) warnanya biru. Bijaksara tersebut berputar kemudian berubah menjadi Dewi Matzhu. Di bagian kening Dewi Matzhu memancarkan seberkas cahaya putih menerangi kening kita. Di bagian tenggorokan Dewi Matzhu memancarkan seberkas cahaya merah menerangi tenggorokan kita. Di bagian cakra hati Dewi Matzhu memancarkan seberkas cahaya biru menerangi cakra hati kita. Demikian tri cahaya melebur ke dalam lahir batin diri kita

Mantra Dewi Matsu : 嗡。 阿利也。蘇利哆。陀密。梭哈。om. A li ye. su li duo. tuo mi. suo ha.

Selesai upacara api homa, Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma, silahkan dengarkan di atas.
Upacara Api Homa telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Mantra Dewi Matsu silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-matsu/

* Untuk download Mudra Dewi Matsu, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment