Rangkaian Upacara Memperingati Hari Suci Amitabha Buddha 7-8 Januari 2015 di VVBS Palembang

Om Mani Padme Hum!
Saudara saudari se-dharma yang berbahagia.

Amitabha Buddha

Amitabha Buddha

Dalam rangka hari suci Amitabha Buddha,VVBS akan menyelenggarakan 2 Upacara yaitu :

  • * Rabu, 7 Januari 2015 pukul 19.00 WIB : Upacara Pertobatan Sukhavatiloka (淨土寶懺息災祈福超度拜懺大法會). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan (Indonesia),dan para Bhikkhu Lhama.
  • * Kamis, 8 Januari 2015 pukul 19.00 WIB : Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha (南無阿彌陀佛息災祈福超度護摩大法會).Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan (Indonesia),dan para Bhikkhu Lhama.

Upacara bertempat di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya.

Sekilas mengenai Amitabha Buddha :
西方極樂世界阿彌陀佛 – (Xi fang jie le shi jie a mi tuo fo) – Amitabha Buddha. Nama “Buddha Amitabha” adalah perkataan dari Bahasa Sansekerta yang diucapkan sebagai “Hyang Buddha Amitayus” adalah “Cahaya yang Tidak Terbatas”. Sebagai penguasa tanah Suci yang terletak di sebelah Barat dari bumi kita atau dari alam semesta yang penghuninya dapat menghayati kehidupan yang berkebahagiaan taraf paling tinggi, Hyang Buddha Amitabha mengajar kepada makhluk-makhluk hidup, agar mereka dapat mentransformasikan, mengubah diri mereka (dari berkehidupan atau berwatak yang belum sempurna menjadi sempurna), sehingga mereka kelak dapat diterima di Tanah Suci Hyang Buddha Amitabha, sesuai dengan sumpah Maha suci dan sejati yang telah beliau ikrarkan. Hyang Buddha Amitabha ini dibantu atau mempunyai pendamping dua Bodhisattva yaitu, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta.

Menurut Sutra atau Kitab suci agama Buddha yang bernama “Sutra Tentang Kehidupan yang Tidak Dapat Diukur Waktunya”, sebelum beliau mencapai tingkat ke Buddhaan adalah seorang Raja. Setelah mendapat pelajaran dari Hyang Buddha yang memerintah dunia timur, beliau memutuskan di dalam pikiran beliau untuk menjalani Jalan kehidupan ke Buddhaan yang tak tersaingi atau tak terungguli oleh siapapun, dan lalu menjadi seorang Bhiksu, lama melakukan pembinaan diri, beliau telah mengucapkan ikrar sumpah Maha Suci-Nya yang terdiri dari 48 (empat puluh delapan) butir sumpah Maha Suci, isinya terutama mengenai sumpah untuk mendirikan Tanah Suci, atau Surga yang penghuninya dapat menghayati kehidupan berkebahagiaan tingkat paling tinggi, dengan hiasan-hiasan yang indah dan sangat menakjubkan. Makhluk-makhluk hidup yang mengucapkan atau memanggil nama beliau untuk memohon pertolongan akan beliau bawa mengarungi Samudera kehidupan hingga tiba di Tanah Suci yang beliau ciptakan itu…..(baca selengkapnya artikel ini di sini)

Kutipan dari ceramah Mahaguru (Pengulasan Sutra Amitabha Buddha) : Sutra Amitabha “Sutra ini menyelamatkan umat yang tak terhingga”. Bila ada Pria atau wanita yang budiman yang mendengar nama Buddha Amitabha, bahkan dapat melafalkan nama Beliau dengan tulus dan tekun dalam tujuh hari dengan pikiran terpusat; maka saat ajal tiba, Buddha Amitabha beserta para dewa lainnya akan muncul di hadapannya, bila keyakinan seseorang tetap tidak kendur saat menjelang ajal, maka dirinya akan ditransmisikan ke Sukhavatiloka Buddha Amitabha”.

Temen – temen yang ingin partisipasi dalam upacara api homa ini, bisa download formulirnya di bawah ini :

* formulir pemberkahan http://www.shenlun.org/pendaftaran/pemberkatan
* formulir homa http://www.shenlun.org/pendaftaran/homa/
* formulir bardo http://www.shenlun.org/pendaftaran/bardo/

Formulir yang telah diisi dapat di email kembali ke : contactus@shenlun.org

Pendaftaran ditunggu paling lambat 12 jam sebelum Upacara berlangsung.

Temen – temen yang ingin berdonasi untuk upacara ini bisa langsung menghubungi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya melalui email atau telepon.

Kami mengundang seluruh temen – temen agar dapat berpartisipasi dalam Upacara ini. Jangan lupa untuk berpartisipasi. _/\_

Info lebih lanjut hubungi :
E-mail : contactus@shenlun.org
facebook : Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya
Web : http://www.shenlun.org/
Blog: http://blog.shenlun.org/
電話 : 0711350798
傳真 : 0711320124

Om Mani Padme Hum!

Leave a comment

Your comment