Persembahan Tantrayana

Majalah dharma talk edisi November 2014 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2014/november/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Persembahan Tantrayana dari Majalah dharma talk edisi November 2014

Persembahan Tantrayana

Hari ini kita membahas topik persembahan yang tak terbatas di dalam Tantrayana.

Di dalam Tantra selain persembahan api homa, masih ada lagi jenis persembahan yang sedikit berbeda dengan aliran mahayana, karena persembahan di Tantrayana masih harus ditambahkan dengan melakukan visualisasi perubahan.

Ada tiga macam visualisasi yang diperlukan, pertama yaitu visualisasi dari satu menjadi banyak, kedua yaitu dari bentuk kecil menjadi besar bagaikan gunung semeru (dari kecil menjadi besar), ketiga yaitu visualisasi bagaikan jaring mutiara yang ada di surga devanam sakra indra, maksudnya memenuhi alam jagat raya.

Sebagian orang yang mengunjungi vihara mereka tidak memahami cara visualisasi yang demikian, mereka menaruh sepiring buah-buahan setelah itu menyalakan dupa, setelah dupa sudah terbakar separuh mereka mengambil buah-buahan tadi untuk dibawa pulang dan dimakan sendiri. Di Tantrayana tidaklah sama, buah -buahan tadi divisualisasikan dari sedikit menjadi banyak, dari kecil menjadi besar, dan memenuhi alam jagat raya, inilah letak perbedaan di dalam Tantrayana, metode ini dikenal dengan sebutan persembahan yang tak terhingga.

Saya pribadi juga masih menambahkan visualisasi lagi yaitu dari satu menjadi beragam jenis, seperti didalam menyusun asta puja, dan didepan nya masih ada delapan cangkir air, anda jangan mengira bahwa air itu selamanya air tetapi air bisa berubah menjadi bunga, menjadi 8 kuntum bunga, selain itu boleh berubah menjadi 8 mangkok besar yang didalamnya berisi sop cumi.

Yang terpenting adalah apa yang Anda pikir paling bagus, anda visualisasikan. 8 cangkir air ini adalah untuk Anda melakukan beragam jenis visualisasi.

Mahaguru setiap kali menerima dherma makanan yang lezat, oleh karena itu haruslah melakukan puja kepada para Buddha Bodhisattva, Anda jangan mengira setiap pagi mahaguru melakukan pemercikan amrta, yang dipercikkan adalah air tetapi saya pribadi menambahkan visualisasi menjadi beragam jenis amrta, bukan hanya satu menjadi banyak, dari kecil menjadi besar, memenuhi jagat raya, dan masih berubah menjadi beragam jenis.

Oleh karena itu visualisasi yang mahaguru lakukan sangatlah beragam, seperti hari ini mempersembahkan es krim, karena kemarin saya makan es krim dan saya merasa menikmati es tersebut, selain itu melihat bunga yang indah maka saya pun menjelmakan bunga tersebut untuk dipersembahkan,saya menggunakan media amrta untuk menjelmakan semuanya agar memenuhi alam jagat raya ini.

Seperti beberapa hari kemarin, saya makan mie cumi-cumi dan saya juga bervisualisasi diangkasa penuh dengan mie cumi, karena sudah lama tidak menikmati makanan ini, dan ternyata siswa dari taiwan yang membuatnya.

Anda makan roti yang menurut Anda enak, Anda juga boleh melakukan visualisasi memenuhi alam semesta, termasuk ketika Anda memercikkan amrta juga boleh visualusasi roti tadi.

Anda semua boleh melakukan penjelmaan yang saya bicarakan ini, barang yang Anda suka Anda boleh lakukan visualisasi demikian, metode ini kita kenal dengan sebutan persembahan yang tak terhingga, dan bisa mendapatkan berkah yang berlimpah.

Para Buddha Bodhisattva pernah bersabda bahwa semua visualisasi yang Anda lakukan semuanya berasal dari hati, tata ritual memang perlu kita laksanakan, tetapi Anda harus menaruh niat hati didalam persembahan Anda itu, dengan demikian inilah yang dimaksud persembahan tanpa batas.

Para Buddha Bodhisattva juga mengatakan bahwa “1atau 2 tetes air, sehelai daun, satu kuntum bunga, semuanya anda persembahkan dengan niat hati yang tulus maka akan diterima oleh para Buddha Bodhisattva dengan hati yang gembira, bukan dengan banyak atau sedikitnya bahan persembahan itu. Walaupun hanya sedikit tetapi diikuti dengan niat hati yang tulus maka persembahan itu menjadi sesuatu yang tak terhingga. Inilah maksud sesungguhnya dari persembahan.

Om ma ni pei me hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * “KarmaTumpang Tindih – Ikatan karma bukan hanya terjalin dalam satu kehidupan saja, ada juga yang berlanjut hingga banyak kehidupan, malapetaka akan terhindar bila telah menemukan persoalan pokoknya.
    • * Tiga Hal Pokok Bagi Seorang Sadhaka – Oleh karena itu, kita para sadhaka, pada dasarnya harus memantapkan hati, berdoa secara tulus, bersadhana dan senantiasa mengundang Adi Guru Mula, Yidam serta Dharmapala.
    • * Mara Bodhisattva – Saya sudah paham sekarang. Bodhisattva adalah Bodhisattva, juga adalah Mara.
    • * Persembahan Tantrayana – Di dalam tantra selain persembahan api homa, masih ada lagi jenis persembahan yang sedikit berbeda dengan aliran mahayana, karena persembahan di tantrayana masih harus ditambahkan dengan melakukan visualisasi perubahan.
    • * PengulasanTata Ritual Tantra Lengkap Dan Mendetail Bagian 7&8
    • * Hantu Mencari Pengganti – Masyarakat zaman sekarang, hantu tetap ada yang mencari pengganti
    • * 【【釋經文】周利槃陀伽, 難陀 & 阿難陀、羅喉羅

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment