Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan & Penyeberangan Avalokitesvara 7 April 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Avalokitesvara 7 April 2015:

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_7apr2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_7apr2015.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Selasa, 7 April 2015 bertepatan dengan hari Suci Avalokitesvara dan juga masih dalam bulan Cheng Beng (Festival Qing Ming), Vihara Vajra Bumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Avalokitesvara (南摩觀世音菩薩息災祈福超度護摩火供大法會). Upacara tersebut dipimpin oleh V.A Lian Pu, di damping oleh V.A Lian Yuan, Para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya Andi (Lubuk Linggau).


Temen – temen tentu telah mengenal Avalokitesvara (Guan Yin). Mahaguru pernah berceramah :

“pada masa lampau, Avalokitesvara Bodhisattva adalah ‘Zheng-fa-ming Rulai’, Beliau memiliki banyak manifestasi, diantaranya ada Deva-manusya-purusa Avalokitesvara, Pandaravasini Avalokitesvara, Naga-vahana Avalokitesvara, Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara dan lain sebagainya.

Avalokitesvara merupakan Bodhisattva yang paling cepat memberikan respon spiritual, ada pepatah Tionghoa ‘Tiap Keluarga Memuja Avalokitesvara’, oleh karena itu, Avalokitesvara memiliki afinitas paling erat dengan para insan. Paling maîtra-karuna, oleh karena itu disebut : ‘Namo Avalokitesvara Bodhisattva Yang Mahamaitri Mahakaruna Penolong Yang Menderita, Mengentaskan Dari Kesukaran, Paling Luas Menganugerahkan Respon Spiritual.’

“Sebelum Upacara Api Homa dimulai seperti biasa umat yang hadir sibuk menulis kayu homa, formulir pemberkahan, dan formulir penyeberangan untuk mendaftarkan keluarga mereka baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal. Selain itu juga ada yang membeli persembahan.

Upacara dimulai pukul 19.30 WIB, lagu Pendupaan mengiringi V.A Lian Pu mempersembahkan dupa, kemudian Lu Xiang Zan dan dilanjutkan dengan Qing Jing Zan. Selanjutnya Mantra Pembersihan, mantra pengundang, hingga Mantra Padmakumara dilafalkankan sesuai dengan tata ritual, setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra yidam Avalokitesvara kemudian bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara XIE berwarna putih, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara XIE yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Avalokitesvara Bodhisattva, Avalokitesvara Bodhisattva berbadan putih yang penuh dengan welas asih mengenakan jubah dan berbagai ratna, duduk bersila di atas padmasana, memancarkan cahaya putih yang terang tiada taranya.

Melafalkan mantra Avalokitesvara “Om. Mani. Padme. Hum.” dengan lantang untuk mengundang kehadiran Avalokitesvara. Kemudian Vajra Acarya melakukan puja api homa. Setelah selesai api homa, dilanjutkan dengan melafalkan Sutra Saddharma Pundarika dikarenakan hari ini merupakan hari suci Avalokitesvara.

Setelah Upacara Api Homa selesai, Vajra Acarya, para Bhikkhu Lhama, Pandita Lokapalasraya bersama para umat bersama – sama melafalkan Sutra Dagang. Dilanjutkan dengan V.A Lian Pu menyampaikan ceramah dharma, temen – temen bisa dengarkan di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Avalokitesvara

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Tata Ritual Avalokitesvara, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-avalokitesvara-bodhisattva/

* Untuk download Sutra Saddharma Pundarika beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-saddharma-pundarika/

* Untuk download Sutra Hrdaya Prajna Paramitha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-hrdaya-prajna-paramita/

* Untuk download Mantra Avalokitesvara beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-avalokitesvara/

* Untuk download Mudra Avalokitesvara, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download penyalinan sutra Saddharma Pundarika, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download penyalinan sutra Hrdaya Prajna Paramitha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Informasi menarik lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment