Latihan Bhadra Kumbha

Download: Latihan Bhadra Kumbha(PDF)

Latihan Bhadra Kumbha
Pernapasan Botol

Bhadra-Kumbha (pernapasan botol) adalah sejenis latihan pernapasan. Sehari hanya boleh dilakukan dua puluh satu kali, tidak boleh lebih dari itu. Dalam Tantrayana, yang terpenting adalah prana, kemudian nadi. Dengan prana, nadi diseluruh tubuh ditembus lancarkan.

Kemudian bindu (tilaka) bindu adalah titik (terang), sesuatu yang terpusat. Mengenai prana, ada cara latihannya. Mula-mula anda menghembuskan udara kotor sebanyak 3 kali, kemudian menghirup sekali udara bersih. Dengan pikiran menuntunnya menuju Tan Thien, tubuh bagian atas digoyang-goyangkan, tubuh bagian bawah tidak bergerak.

Digoyang terus, sampai tak tertahankan lagi, barulah udara yang ditahan dihembuskan. Penghembusan napas dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi. Ini dihitung sebagai satu kali (pernapasan). Kemudian lakukan pernapasan yang kedua. Udara masuk, udara disimpan di Tan Thien, bukan terus menerus berdiam di Tan Thien, melainkan disebarkan ke seluruh tubuh, termasuk tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Seluruhnya tubuh berubah menjadi sebuah botol, botol yang berisi udara, seperti ban yang dipompa dengan udara, seluruh tubuh pasti dengan udara, penuh dengan prana……….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment