Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Amitabha Buddha 19 April 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Amitabha Buddha 19 April 2015 :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan selengkapnya:

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Ada 2 keluarga yang ingin mendoakan keluarga mereka (peringatan kematian) yang baru meninggal di Vihara. Maka Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitabha Buddha. Upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan dan di dampingi oleh V.A Lian Pu serta para Bhikkhu Lhama.

Tentu agama Buddha mengenal Amitabha Buddha. Pada umumnya Amitabha Buddha merupakan Buddha yang berhubungan dengan orang meninggal, dalam arti apabila ada seseorang yang meninggal dimana keluarga tersebut beragama Buddha, mereka memohon kepada Amitabha Buddha untuk hadir dan menjemput orang meninggal tersebut agar dapat terlahir di alam Sukhavatiloka tempat Amitabha Buddha. Dalam sebuah artikel, Nama “Buddha Amitabha” adalah perkataan dari Bahasa Sansekerta yang diucapkan sebagai “Hyang Buddha Amitayus” adalah “Cahaya yang Tidak Terbatas”. Sebagai penguasa tanah Suci yang terletak di sebelah Barat dari bumi kita atau dari alam semesta yang penghuninya dapat menghayati kehidupan yang berkebahagiaan taraf paling tinggi, Hyang Buddha Amitabha mengajar kepada makhluk-makhluk hidup, agar mereka dapat mentransformasikan, mengubah diri mereka (dari berkehidupan atau berwatak yang belum sempurna menjadi sempurna), sehingga mereka kelak dapat diterima di Tanah Suci Hyang Buddha Amitabha, sesuai dengan sumpah Maha suci dan sejati yang telah beliau ikrarkan. Hyang Buddha Amitabha ini dibantu atau mempunyai pendamping dua Bodhisattva yaitu, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta…..(baca selengkapnya artikel ini di sini)

Dalam sebuah buku yang berjudul Kelahiran Alam Padma 9 Tingkat, beberapa kutipan penjelasan dari Mahaguru yang terkait dengan Amitabha Buddha adalah Mahaguru mengatakan Sutra Amitabha “Sutra ini menyelamatkan umat yang tidak terhingga”, karena sutra ini merupakan Sabda Buddha dan kita meyakini BUddha, maka kita hendaknya meyakini Tanah Suci Amitabha. Kita melafalkan nama Buddha dan pelafalan kita terdengar oleh Buddha, maka Buddha akan datang menjemput.

Kita semua memiliki benih dan buah Buddha, kini setelah mendengarkan Sutra Amitabha, kita hendaknya selalu menyebarkan pahala Buddha Amitabha dengan mencetak Sutra Amitabha, senantiasa melafalkan nama BUddha atau membaca kita Sutra Buddha, dan menyebarkan Kitab Sutra ini kepada orang lain. Ini merupakan pahala besar dan perbuatan yang berarti………….

Dari penjelasan di atas, selain kita melafalkan nama Amitabha Buddha, kita juga bisa melafalkan Sutra Amitabha Buddha atau mencetak Sutra Amitabha Buddha ataupun menulis Sutra tersebut, apalagi penyaluran jasanya kita limpahkan untuk orang yang meninggal, sungguh pahala yang luar biasa.

Minggu, 19 April 2015 pukul 4 sore upacara dimulai. Semua seperti biasa berdasarkan tata ritual upacara api homa.

Untuk Visualisasi Amitabha Buddha adalah Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara XIE berwarna merah, memancarkan cahaya merah yang terang benderang. Bijaksara XIE yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Amitabha Buddha, kedua tangan-Nya membentuk Mudra Dhyana, membawa sebuah patra yang sarat akan amtra, memandang insan dengan pandangan maitri. Bervisualisasi amerta yang berada di dalam patra yang dibawa oleh Amitabha Buddha berubah menjadi seberkas cahaya putih melesat ke atas dan membusur memasuki ubun-ubun kepada sadhaka, sekujur tubuh sadhaka menjadi putih dan bening bagaikan kristal, segala karma buruk lenyap semua. (atau boleh juga bervisualisasi teratai di atas tangan Amitabha Buddha memancarkan cahaya putih yang terang benderang menerangi sadhaka). Mantra Amitabha Buddha : 嗡。阿彌爹哇。些. (om. a mi die wa. xie)

Selesai upacara, Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Amitabha BUddha

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Tata ritual sadhana Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-amitabha-buddha/

* Untuk download Mantra Amitabha Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-amitabha/

* Untuk download Sutra Amitabha Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-amitabha-buddha/

* Untuk download Penyalinan Sutra Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Mudra Amitabha Buddha beserta, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Artikel Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/artikel-amitabha-buddha/

* Untuk download Screen Saver Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-amitabha-buddha/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment