Sejarah Masuknya “Tathagata Usnishavijaya Dharani” ke Tiongkok

Download: Sejarah Masuknya “Tathagata Usnishavijaya Dharani” ke Tiongkok(PDF)

Sejarah Masuknya “Tathagata Usnishavijaya Dharani” ke Tiongkok
Tathagata Usnishavijaya Bhagawati

Atas welas asih Sang Buddha Gautama menyelamatkan Pangeran Sanzhu dari penderitaan, maka dibabarkannya “Tathagata Usnishavijaya Dharani”, oleh sebab itu Usnishavijaya Dharani dikenal luas di India.

Berapa abad setelah Sang Buddha memasuki Parinirvana pada tahun pertama Yi Feng penanggalan Dinasti Tang lebih kurang tahun 676 Masehi terdapatlah seorang Bhikkhu Brahmana dari India yang bernama Buddhapali (佛陀波利), ia mengembara menghadapi rintangan hanya untuk mengunjungi Manjusri Bodhisattva (文殊師利菩薩) di gunung Wu Thai di daerah provinsi Shan Xi Tiongkok.

Sesampainya di kaki gunung Wu Thai, dengan tulus hati ia merebahkan tubuhnya ke tanah dan bernamaskara ke puncak gunung dengan satu langkah sekali sujud, demikianlah ia mendaki ke puncak gunung.

Dengan hati welas asih yang tanpa batas serta dari hati nuraninya berujar, “Beberapa abad setelah Sang Buddha mencapai Parinirvana, para Yang Arya dan Mahasattva tidak lagi keluar menolong para insan yang menyedihkan ini……….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment