Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan Memperingati HUT Mahaguru ke-71 Tahun 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Rangkaian Kegiatan Memperingati HUT Mahaguru ke-71 Tahun 2015 :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 4 Juli 2015:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_4juli2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 2 Juli 2015:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_2juli2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 1 Juli 2015:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_1juli2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 30 Juni 2015:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_30juni2015.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka HUT Mahaguru ke 71, VVBS Palembang menyelenggarakan upacara yaitu Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitayus. Kedua upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh V.A Lian Pu, Dharmacarya Lian Xing dan para Bhikkhu Lhama, serta Pandita Lokapalasraya Andi.

Upacara Pertobatan 3000 Buddha berlangsung dari tanggal 29 Juni 2015 – 4 Juli 2015. Tanggal 29 Juni 2015 Sebelum upacara dimulai, shixiong shijie yang hadir sibuk menulis formulir pemberkahan untuk mendaftarkan keluarga mereka yang masih hidup, serta formulir penyeberangan untuk mendaftarkan keluarga mereka yang telah meninggal. Pukul 19.30 WIB, upacara dimulai. Lantunan lagu Pendupaan mengiringi V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa setelah Beliau sampai di Bhaktisala. Kemudian dilanjutkan sesuai dengan tata ritual pertobatan 3000 Buddha. Wah, hari pertama upacara saja, umat yang hadir lebih banyak dari biasanya. Rupanya mereka semua antusias untuk berpartisipasi dalam upacara pertobatan ini. Selesai upacara pertobatan, bersama – sama kita menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Mahaguru, kemudian di rekam dan dikirim ke TBSN.

Jumat, 3 Juli 2015 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Mahaguru ke – 71. Seluruh umat Zhenfo Zong yang ada di dunia pasti merayakannya. Seperto biasa Upacara Pertobatan dimulai pukul 16.00 WIB, yang spesial hari ini adalah adanya pembacaan Sutra Satya Buddha sebagai tambahan. Selesai upacara, yang terlihat spesial juga adalah kue ulang tahun yang telah disiapkan sungguh besar sekali, dan Ketua vihara membagikan bingkisan untuk orang tua dan anak – anak yang hadir pada upacara tersebut, serta beragam jenis makanan yang telah disiapkan untuk merayakan hari Ulang Tahun Mahaguru. Perayaan tahun ini sungguh meriah.

Minggu, 5 Juli 2015 jam 2 siang terselenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Amitayus sebagai penutup dari Upacara Pertobatan 3000 Buddha ini. Barisan Muda Mudi telah menjemput rombongan Vajra Acarya menuju ruang Bhaktisala. Kemudian Lagu “Pendupaan” mengiringi Vajra Acarya mempersembahkan dupa. Setelah itu upacara berjalan sesuai dengan tata ritual Api Homa dari Mantra Pembersihan hingga Mantra Padmakumara, memohon kehadiran Padmakumara untuk memberkati.

Untuk visualisasi Buddha Amitayus :
Bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara xie berwarna merah, memancarkan cahaya merah. Kemudian bijaksara tersebut berubah menjadi Buddha Amitayus. Buddha Amitayus mempunyai badan yang berwarna merah, satu kepala dan sepasang tangan serta membentuk mudra dhyana. Di atas mudra tersebut terdapat sebuah patra yang di dalamnya terdapat amrta.

Bervisualisasi amrta tersebut memancarkan tri cahaya memberkati sadhaka. Segala karma buruk sadhaka terkikis, mendapatkan umur yang panjang.

Bervisualisasi di dalam patra terdapat bijaksara xie berwarna putih memancarkan cahaya putih, memohon kehadiran dari para Buddha Bodhisattva dan Dharmapala untuk masuk ke dalam patra tersebut, setelah itu semua berubah menjadi amrta.
Kemudian Buddha Amitayus memberkati sadhaka dengan menuangkan amrta berwarna bening ke kepala sadhaka hingga amrta tersebut memenuhi seluruh tubuh. Tubuh sadhaka menjadi bersih.

Untuk Mantra Amitayus yaitu :嗡。阿媽惹尼。祖溫底耶。梭哈。Om. a ma re ni. zhu wen di ye. shuo ha

Persembahan kali ini ada yang sedikit berbeda, terlihat ada sebuah wadah yang berisi persembahan dan di wadah tersebut tertempel gambar pratima Amitayus, dan satu lagi berbentuk pot Buddha Amitayus. Selesai puja api homa, dilanjutkan dengan Mantra 8 yidam hingga Mantra pariputna. Upacara selesai, muda mudi VVBS menampilkan sebuah tayangan yang berisi informasi yang bisa bermanfaat untuk semuanya seputar Namaskara dan lainnya.

Selasa, 7 Juli 2015 jam 6 sore, diselenggarakan perayaan Ulang tahun Mahaguru di sebuah restoran. Berbagai hadiah menarik dibagikan, kemudian muda mudi mempersembahan nyanyian lagu “Gan Xie Shizun” serta menayangkan kembali video yang berisikan informasi yang bisa bermanfaat untuk semua. Sungguh perayaan kali ini benar – benar spesial.

Rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Mahaguru telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada seluruh donatur dan umat yang telah partisipasi dalam upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Informasi terkait :
*Sutra Satya Buddha : https://www.shenlun.org/sutra/sutra-satya-buddha/
*Tata Ritual Sadhana Padmakumara : https://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-padmakumara/
*Tata Ritual Buddha Amitayus : https://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-amitayus-buddha/
* Mantra Hati Padmakumara : https://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmakumara/
* Mantra Hati Buddha Amitayus : https://www.shenlun.org/mantra/mantra-amitayus/
* Penyalinan Sutra Satya Buddha : https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/
* Gambar Mudra Padmakumara dan Buddha Amitayus : https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/
* Screen Saver Grand Master : https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-grand-master/

*Temukan informasi menarik lainnya di https://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment