Mengapa Harus Bersadhana

Majalah dharma talk edisi Mei 2015 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2015/mei/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Mengapa Harus Bersadhana dari Majalah dharma talk edisi Mei 2015

Mengapa Harus Bersadhana

Malam ini akan membicarakan mengapa harus bersadhana? Masalah ini sering didengar, setiap hari kita semua sedang bersadhana, setiap hari sabtu semua kesini untuk mengikuti kebaktian, tetapi masih ada yang bertanya mengapa harus bersadhana?

Ada orang menjawab bersadhana yaitu melatih diri, ada lagi yang bertanya mengapa disebut melatih diri? Kita menjawab melatih diri yaitu melatih semua kebiasaan atau tingkah laku.

Saya ingat, masa lalu Guru saya juga memberitahu benar-benar melatih diri yaitu melatih apa? Yaitu melatih hati, melatih hati ini! Saya ingat pertama kali saya bekerja, pada waktu menghadapi masalah, direktur perusahaan menulis di atas kaca (mencuci tangan harus mencuci hati). Membenahi sebagian besar pekerja dalam perusahaan dengan kasar, pekerja tidak jujur, disamping mereka mencuci tangan disisi lain mentertawakan direktur perusahaan (mencuci tangan mana mungkin bisa mencuci hati)? Tetapi, saya merasa direktur perusahaan menulis mencuci tangan harus mencuci hati memiliki makna sangat dalam. Walaupun saya sendiri juga tidak dapat mengerti.

Kami berdua pekerja yang hampir menyerupai anak kecil, berlari untuk bertanya kepada direktur perusahaan, (bagaimana cara mencuci hati? Tolong direktur tunjukkan kepada kami). Hasilnya kami berdua diam tidak berbicara. Sesungguhnya direktur kami hanya dapat menulis juga tidak dapat mencuci. Sebagian besar karyawan memanggil direktur perusahaan kami orang gila.

Selain itu pada akhirnya Guruku mengajarkan kepada saya, dia berkata apa yang disebut melatih diri yaitu, harus melatih hati. Beginilah cara dia mengajar. Saya juga bertanya kepada Guru saya, hati ini bagaimana harus dilatih? Pada saat itu di Amerika sedang popular transpalasi hati, ini memang sedikit berbeda.

Bagaimanapun Guruku sangat baik, dia memberikan penjelasan dengan teliti. Dia berkata, melatih hati adalah melatih pikiran kita. Sesuai yang dikatakan Guru, hal pertama yang harus dilakukan ketika melatih diri yaitu, menjaga pikiran kita, tidak peduli banyak pikiran atau sedikit pikiran, pikiran baik atau pikiran buruk, semua pikiran itu harus dilatih.

Saya berpikir, ada atau tidak orang yang melatih pikiran ini tidak ada orang yang tahu. Sesuai dengan yang Guru saya katakan, ada atau tidak melatih pikiran, Buddha, Bodhisattva mengetahui. Tidak hanya Buddha dan Bodhisattva mengetahui tetapi, semua pikiran dapat mempengaruhi hati orang yang melatih diri. Setiap pikiran ini tidak hanya mempengaruhi hati orang yang melatih diri tetapi, juga sudah mempengaruhi tubuh dari orang yang melatih diri.

Saya bertanya kepada Guru saya, bagaimana hal ini bisa terjadi? Bagaimana bisa pikiran dapat mempengaruhi tubuh orang yang sedang melatih diri? Beginilah Guruku menjelaskannya, ketika pikiran seseorang yang sedang marah, tekanan darahnya berubah tinggi, seluruh bagian saraf kepala bereaksi, mempengaruhi seluruh tubuh, bergoncang kuat. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam berbicara, kalau tidak kita dapat memancing kemarahan orang yang berada di depan kita yang dapat membuatnya langsung terkejut bahkan pingsan. Saya berpikir, ingin berbakti kepada orang tua dapat menjadi sebuah alasan, karena kamu bertentangan dengan orang tua, orang tua langsung jatuh pingsan, bagian otak langsung kejang atau dapat terjadi hal lainnya, harus di antar kerumah sakit dan dalam sekejap dapat saja langsung selesai, ini kesalahan besar.

Ketika seseorang sedang marah dapat langsung mempengaruhi bagian otaknya, dapat membunuh banyak sel, orang yang memiliki mata batin dapat melihat disekeliling tubuh orang yang sedang marah terdapat kobaran api, tangan di genggam sangat erat, gigi di tekan sangat kuat, kedua mata dapat menyerupai seekor monyet bermata merah, terhadap barang yang paling ia sukai semua juga dapat dihancurkan.

Sekali kemarahan di dalam pembuluh nadi dapat mempercepat peredaran darah, membuat pembuluh nadi pecah. Oleh karena itu Guru saya berkata kepada saya mengenai kekuatan pikiran, ketika pikiran sedang marah dapat mengurangi usia 3 tahun. Perkataan yang disampaikan Guruku sepertinya ilmu kedokteran tidak dapat menyampaikannya.

Sekali lagi dia berkata, ketika pikiran seseorang sedang tidak normal, kadang kali di dalam hati merasa kosong. Kemudian pori-pori tubuhnya terbuka akan sangat mudah merasa kedinginan dan kepanasan. Pikiran orang yang sedang tidak normal akan lebih mudah flu. Selain itu Guru saya juga berkata ketika pikiran sedang kacau, tubuhnya pasti lemah. Ada satu penyakit yang disebut sakit jiwa, sebagian tubuhnya sangat lemah, pikiran kacau, menggunakan kesadaran untuk mengatasi kekacauan. Orang ayng sering berpikiran tamak (loba), tamak pada makanan pada akhirnya akan merasakan lambungnya tidak dapat lagi mencerna. Selain itu, lambungnya juga tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

Ketika timbul pikiran negatif didalam tubuh akan langsung merespon untuk timbulnya penyakit. Saya tidak percaya perkataan bahwa pikiran begitu dahsyat. Setelah Guruku sering memberikan petunjuk. Dia berkata, kamu pergi sampai disuatu tempat, sangat banyak anak kecil buang air besar di atas tanah. Sebenarnya kamu hanya melihat kotoran itu. Justru kamu berpikir ingin muntah, kamu tidak perlu merasakan bau hanya perlu di lihat saja anda sudah merasakan ingin muntah. Guruku menjelaskan bahwa ini adalah pikiran. Kita pernah pergi ke David Square melihat kotoran buatan, sebenarnya barang ini tentu saja tidak mengeluarkan bau karena buatan, tetapi disusun didepan kita, kita merasa sangat jijik, merasakan ingin muntah, inilah disebut pikiran.

Ada orang pergi menonton film di bioskop kedua mata anda hanya perlu melihat film, tetapi bayangan itu dapat sampai ke dalam otak anda, di dalam otak anda ada pikiran ini. Karena di dalam tubuh kita terdapat darah yang sudah mengantarnya masuk ke dalam pikiran. Oleh karena itu menurut yang Guru saya sampaikan di dalam darah kita menunjukkan apapun yang di bayangkan semuanya merupakan hasil dari pikiran kita. Kamu sering berpikiran baik, kamu sudah memiliki hati yang benar dan tingkah laku baik; kamu sering memiliki pikiran tidak baik, karena tubuh yang tidak baik maka tingkah laku pun tidak baik. Oleh karena itu hari ini berlatih Buddhadharma ingin mendapatkan pikiran baik.

Orang yang berlatih Tantrayana akan mendapatkan tubuh sehat, sering merasakan kebahagiaan dan ketenangan maka, akan dijauhkan dari penyakit. Oleh karena itu Guru saya berkata kepada saya, pada awal bersadhana pertama sekali melatih pikiran sendiri. Hari ini datang belajar dharma bersadhana yaitu, harus melatih pikiran, ketika anda memiliki pikiran yang tidak baik, di dalam tubuh akan menimbulkan hal yang tidak baik. Pikiran yang baik akan menghasilkan kebahagiaan yang membuat tubuh kita menjadi sehat.

Om Mani Padme Hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Mengapa Harus Bersadhana – Ada orang menjawab bersadhana yaitu melatih diri, ada lagi yang bertanya mengapa disebut melatih diri? Kita menjawab melatih diri yaitu melatih semua kebiasaan atau tingkah laku.
    • * Urutan Sadhana – Kita tahu di dalam bersadhana harus di mulai dari catur prayoga, dilanjutkan dengan sadhana guru yoga, selanjutnya sadhana yidam yoga, setelah mendapatkan keberhasilan dari sadhana yidam yoga boleh anda lanjutkan sadhana vajra yoga, stelah mendapatkan keberhasilan dari sadhana vajra yoga dapat dilanjutkan sadhana anuttara yoga.
    • * Sadhana Wasikarana – Sadhana wasikarana bisa membuat mendapat simpati dari orang lain, membuat harmonis suami istri, membuat suasana persahabatan yang harmonis.
    • * Rahasia Sadhana Mahapuja – Pada dasarnya para bhikhulama ketika menyantap makanan mereka terlebih dahulu membaca mantra, melakukan visualisasi persembahan, terlebih dahulu persembahkan kepada Buddha dan Bodhisattva, lalu kepada para dewa , dan persembahkan juga kepada makhluk di tri alam samsara, dan yang terakhir adalah diri sendiri yang menikmatinya.
    • * Mengkontemplasikan Tujuh Dewa Berkah Dapat Memperoleh Adhistana dan Karunia – Untuk menekuni Sadhana Tujuh Dewa Berkah, Anda harus melakukan kontemplasi, Ebisu, Sarasvati, Vaisravana, Shoulaoren, Fulushou, Mahakala dan Bhiksu Budai, Anda harus mengkontemplasikan Mereka, maka Mereka akan tiba.
    • * Pengulasan Tata Ritual Tantra Lengkap Dan Mendetail: Japa Mantra & Dharmadesana – Setelah selesai bervisualisasi dapat melangkah ke bagian selanjutnya yaitu menjapa mantra, kebanyakan mengatakan : baiklah waktunya menjapa mantra, kemudian mengambil japamala, ada yang meletakkannya di atas paha, kemudian mulai menjapa “Om. A-mi-die-wa Xie.”, “Om. A-mi-die-wa Xie.”, tangan menghitung japamala, sesungguhnya ini tidak benar.
    • * 【釋經文】又舍利弗……是故彼國名為極樂。

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment