Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Raga Vidyaraja 26 Juli 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Raga Vidyaraja 26 Juni 2015 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_26juli2015.mp3

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_26juli2015.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Sekilas mengenai Raga Vidyaraja. Raga Vidyaraja atau Ai Ran Ming Wang (愛讓明王). Vidyaraja satu ini terkenal dikalangan Zhenfo Zong merupakan Adinata yang berhubungan dengan cinta kasih. Penjelasan Mahaguru mengenai Raga Vidyaraja :

* Ragavidyaraja bermanifestasi dari Maha-vairocana Tathagata yang memasuki hati Samantabhadra Bodhisattva, Beliau adalah Bodhisattva yang sangat agung. Raga Vidyaraja disebut sebagai Maha Vidyaraja yang paling unggul di antara semua yoga, Raga Vidyaraja merupakan manifestasi Vajrasattva.

* Raga adalah nafsu keinginan, makna dari nama-Nya adalah penguasa atas nafsu keinginan. Raga Vidyaraja adalah kemurnian moral yang dimiliki oleh setiap makhluk, mula dari Buddhata yang tak tercemari.

* Rahasia Pengundangan : Saat membentuk Mudra Raga Vidyaraja dua jari tengah yang bersilangan saling digesekkan, inilah Raga ; Anda mengundangnya dengan metode ini, maka Beliau pasti segera hadir, Beliau dengan cepat turun pada tubuh Anda, dengan metode pengundangan ini dengan sendirinya Beliau akan tiba, ini tergolong dalam kiat rahasia.

Baca di TBSN Indonesia

Di Majalah Dharma Talk edisi April 2009, Mahaguru menjelaskan mengenai Sadhana Melukis Figur Raga Vidyaraja, apabila kita dapat melukis figur Raga Vidyaraja, maka kita akan mendapatkan pahala. Tetapi setelah figur Ragavidyaraja dilukis, sadhaka harus menjapa Mantra Ragavidyaraja genap 300 ribu kali. Semuanya harus ingat, Mantra Ragavidyaraja yang berjumlah 300 ribu kali sangat efektif.

Di Majalah Dharma Talk edisi Juni 2011, Mahaguru menjelaskan mengenai Sadhana Air Amrta Raga Vidyaraja, Visualisasi Ragavidyaraja, seharusnya ada sebuah botol pusaka, awalnya visualisasi botol pusaka, dari dalam botol pusaka ini, tumbuh sekuntum teratai, di atas teratai, baru ada Ragavidyaraja berlengan 6. Satu tangan-Nya pegang japamala merah, satu tangan lagi pegang teratai, tangan di tengah pegang busur dan panah, tangan paling bawah pegang Vajra Dorje dan Vajra Gantha. benarkah demikian? Benar! Dulu, guru saya mengajarkan, kita harus mendapatkan satu kunci penting Ragavidyaraja, saat menekuni sadhana-Nya, lebih dulu visualisasi diri sendiri menjadi sebuah botol pusaka, kemudian dari atas kepala tumbuh batang teratai. Di bagian ubun-ubun kepala, ada sebuah akar teratai, batang teratai! Kemudian teratai, di atas adalah Ragavidyaraja, kemudian kita japa mantra-Nya, “HUM. ZHAZHI. HUM. RE.” “HUM. ZHAZHI. HUM. RE.” “HUM. ZHAZHI. HUM. RE.” “HUM. ZHAZHI. HUM. RE.”, japa mantra-Nya, visualisasi Ia duduk di atas teratai di kepala kita, diri kita berubah menjadi botol pusaka, kemudian, dari batang teratai ini menetes air amrta yang berwarna merah, saat japa mantra, visualisasi setetes air amrta yang berwarna merah masuk ke dalam botol pusaka, terus menetes, menetes sampai penuh. Semua sifat dan kebiasaan kita yang tidak baik, rintangan-rintangan karma, yang tidak baik, semua mengalir keluar dari pori-pori kita, namun, yang terisi di dalam botol pusaka adalah air amrta Ragavidyaraja.

Untuk selengkapnya anda bisa baca di kedua majalah Dharma Talk tersebut.

Minggu, 26 Juni 2015 jam 2 siang, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Raga Vidyaraja. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh V.A Lian Pu dan para Bhikkhu LHama.

Dalam upacara ini, ada yang spesial yaitu rata – rata umat yang hadir mengenakan baju berwarna merah, kemudian terdapat mandala Raga Vidyarja yang dihiasi dengan 108 tangkai mawar berwarna merah, lalu persembahan homa terdapat panah, kemudian Vajra Gantha dan Vajra Dorje serta mawar merah untuk dipersembahkan masuk ke dalam tungku.

Upacara dimulai pukul 14.00 WIB, rombongan Acarya dengan diiringi muda – mudi memasuki ruang Bhaktisala. Kemudian Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu “Pendupaan”. Prosesi tata ritual upacara dari penjemputan Vajra Acarya hingga pelafalan mantra Mahaguru untuk memohon adhistana pemberkahan dari Mahaguru itu sama seperti biasa, yang membedakannya yaitu dimana setelah pelafalan mantra Mahaguru tersebut, memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra yidam, bervisualisasi yidam dan melafalkan mantra yidam.

Untuk visualisasi Raga Vidyaraja sebagai berikut di atas langit cerah tak berawan muncul cakra chandra, ditengah cakra chandra terdapat bijaksara “HUM”. Bijaksara “HUM” muncul sebuah Ratna Kalsa, di atas Ratna Kalasa terdapat teratai berwarna merah, teratai tersebut di atasnya terdapat sebuah cakra candra yang ditengahnya terdapat bijaksara “HUM”, kemudian bijaksara “HUM” tadi keluar Raga Vidyaraja. Wujud dari Raga Vidyaraja bertubuh merah putih, wajah memiliki tiga mata, menatap dengan penuh wibawa. Kepala mengenakan mahkota simha yang dihiasi panca kusa, rambut panca warna terurai di sisi telinga, bertangan enam. Tangan kiri pertama memegang gantha, tangan kiri kedua memegang busur, tangan kiri ketiga memegang padma. Tangan kanan pertama memegang vajra berpucuk lima, tangan kanan kedua memegang panah, tangan kanan ketiga juga memegang padma. Duduk di atas padmasana merah, selanjutnya bervisualisasi dari Raga Vidyaraja memberkati Tricahaya.

mantra Raga Vidyaraja : HUM. ZHAZHI. HUM. RE.

Bhikkhu Lhama mempersilahkan Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa, memutar Japamala memberkati, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan dimasukkan ke dalam tungku. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala pemberkahan dan penyeberangan.

Setelah selesai puja api homa, sebelum kembali ke Dharmasana, Vajra Acarya memberkati altar Dirgahayu dan altar Penyeberangan yang digelar, dimana disana telah ada nama – nama donatur dari upacara ini.

Upacara dilanjutkan dengan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Raga Vidyaraja

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Raga Vidyaraja beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-ragaraja/

Untuk download Mudra Raja Vidyaraja, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment