Bahaya Dari Kemarahan

Majalah dharma talk edisi Juli 2015 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2015/juli/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Bahaya Dari Kemarahan dari Majalah dharma talk edisi Juli 2015

Bahaya Dari Kemarahan

Dalam penjelajahan spiritual. Melihat seorang senior baik hati yang dulu saya kenal, menderita di dalam neraka, hati saya panik, sedih, terkejut, dan ketakutan.

Senior ini sangat saya hormati, sepengetahuan saya, orang ini adalah orang yang gemar berbuat kebajikan, sepanjang hidup tidak berani berbuat jahat, juga boleh dikatakan mengumpulkan jasa dan pahala, di mana ada perbuatan baik, pasti ikut, seperti bangun vihara, cetak Sutra, membuat pratima, menolong orang miskin, membantu orang dalam kesulitan, diri sendiri mengeluarkan dana dan tenaga, melakukan banyak hal yang memberikan manfaat untuk orang banyak, boleh dikatakan seorang budiman.

Senior seperti ini, mengapa bisa jatuh ke neraka? Terutama ia pernah melakukan satu hal yang layak dibanggakan, ia pernah bertanggungjawab pada satu proyek besar, sedangkan kontraktor, malam-malam mengantarkan angpao besar menyuap, ia tidak hanya menolak, bahkan langsung menyetir dan mengembalikan, sedikit pun tidak ceroboh.

Orang ini jujur, mengapa bisa jatuh ke neraka?

Kemudian, saya bertanya padanya, “Mana mungkin?”

Ia menjawab, “Sesaat.”

“Mengapa sesaat?”

“Sesaat tidak bisa tahan amarah.”

Sepengetahuan saya, senior karena dicelakai oleh rekan kantor, sehingga senior kehilangan pekerjaan, semakin ia berpikir, ia makin tidak rela, timbul sebuah api kegelapan batin, lalu membakar asrama rekan kantornya, lalu mati terbakar, tidak sedikit orang cedera.

Saya mengetahui kejadian ini, hati murung.

Sastra Madhyamika menyebutkan, “Kebencian yang timbul sekejap, cukup menghancurkan seluruh karma baik yang dikumpulkan selama seratus kehidupan.”

Bodhisattvacarya dari Bodhisattva Jitian juga menyebutkan, “Walaupun Anda pernah berbuat kebajikan sebanyak apapun, seperti memberikan persembahan untuk Para Buddha atau berdana untuk insan, semua karma baik yang dikumpulkan selama seribu kalpa berturut-turut, semua bisa hancur karena amarah sesaat.”

Api membakar hutan pahala juga demikian.

Saya menemukan di dunia ini, ternyata kejadian yang tidak mungkin terjadi, mungkin sekali terjadi karena emosi sesaat.

Emosi sesaat, tidak sengaja pukul mati seseorang.

Emosi sesaat, naik darah, malah membakar untuk melampiaskan amarah.

Emosi sesaat, timbul keberanian berbuat kejahatan.

Bahaya yang ditimbulkan tidaklah kecil.

Harus bersabar, bersabar, bersabar, bersabar, hanya bersabar barulah “tidak ada masalah.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Bahaya dari Kemarahan– Bodhisattvacarya dari Bodhisattva Jitian juga menyebutkan, “Walaupun Anda pernah berbuat kebajikan sebanyak apapun, seperti memberikan persembahan untuk Para Buddha atau berdana untuk insan, semua karma baik yang dikumpulkan selama seribu kalpa berturut-turut, semua bisa hancur karena amarah sesaat.”
    • * Buah Karma Buruk dari Perbuatan Durhaka yang Tercela – “Di dunia ini ada semacam orang, melihat orang lain berdagang obat sangat laku, sehingga membuat obat palsu, dicampur dalam obat-obatan, obat palsu tentu saja tidak dapat menyembuhkan penyakit, malah mencelakakan orang hingga meninggal dunia.
    • * Mohon Dharmapala Jangan Pergi – Suatu kali, ia bersadhana, ia kesal pada orang tuanya, Dharmapala keluar dari tubuh, berkata padanya, “Anda selalu melawan orang tua, saya tidak dapat melindungi Anda lagi.
    • * Penyelamatan Sejati di Neraka – Sesungguhnya kisah sejati mengenai penyelamatan semacam ini sudah tak terhitung lagi banyaknya.
    • * Hinayana & Mahayana – Yang berusaha mencapai Kebuddhaan adalah Mahayana. Yang berusaha mencapai Kearahatan maupun Pratyeka-buddha adalah Hinayana.
    • * Dharmadesana Dharmaraja Lian Sheng: Pandanglah Mentari Terbenam Biarkan Cahayanya Menerangi Anda dan Anda pun Bercahaya – Penekunan Tantra itu meminjam cahaya yaitu menghimpun cahaya di luar, berubah menjadi cahaya diri sendiri, tubuh Anda pun bercahaya, ini adalah sadhana bagian alam.
    • * Pengulasan Tata Ritual Tantra Lengkap Dan Mendetail: Bagian 20: Menghitung Pernapasan – Menurut saya terdapat manfaat dari menghitung pernafasan, orang yang mempunyai banyak pikiran kacau paling baik jika dapat berlatih metode menghitung nafas.
    • * Cintamani Pandaravasini Avalokitesvara Bodhisattva –Sadhaka yang menekuni sadhana ini selama satu bulan, dapat memperoleh kemakmuran dan kemuliaan.
    • * Bau Orang Tua – “Timbulnya hati tidak melekat pada rupa, timbulnya hati tidak melekat pada sabda (suara), gandha (wewangian), rasa, sprastavya (sentuhan), dan Dharma. Timbulnya hati harus tidak melekat pada segala sesuatu.”
    • * 【釋經文】又舍利弗……成就如是功德莊嚴

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment