Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Mayuri 25 Oktober 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Mayuri 25 Oktober 2015 :

Dharmadesana V.A Lian Yuan selengkapnya:

Dharmadesana V.A Lian Pu selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Sekilas mengenai Maha Mayuri yang ada di TBSN : Mahamayuri Vidyarajni berlengan empat dan tubuhnya berwarna emas atau putih atau bahkan perpaduan antara putih dan keemasan, kepala mengenakan Mahkota Pancadhyani Buddha. Tangan kanan pertama memegang Padma Putih, tangan kanan ke dua memegang buah matulunga merah. Tangan kiri pertama memegang bilva kuning, tangan kiri ke dua memegang bulu merak.

Mahamayuri Vidyarajni melambangkan Tri Tathagata : Mahamayuri Vidyarajni merupakan sambhogakaya dari Sakyamuni Buddha, sebab pada kehidupan lampau Sakyamuni Buddha pernah terlahir sebagai Raja Meraj, oleh karena itu merupakan Sambhogakaya dari Sakyamuni Buddha. Merupakan nirmanakaya dari Amitabha Buddha, dalam Amitabha Sutra ada tertulis bahwa di Sukhavatiloka terdapat Burung jivamjivaka, burung mayura ( merak ), burung suka , burung kalavinka, Mayura atau merak merupakan nirmanakaya dari Amitabha Buddha. Mahavairocana Tathagata sendiri mengenakan Mahkota Pancadhyani Buddha, parasnya sangat agung, seluruh rupa Nya juga adalah rupa dari Mahamayuri Vidyarajni. Mahamayuri Vidyarajni merupakan nisyandakaya dari Mahavairocana Tathagata, yaitu tubuh persamaan, oleh karena itu Beliau merupakan manifestasi gabungan paling utama dari Tiga Buddha Agung. Abhiseka-kalasa dalam tantrayana semua ditancapi bulu merak, melambangkan bahwa Abhisekakalasa tersebut merupakan manifestasi dari Mahamayuri Vidyarajni, Abhisekakalasa sendiri merupakan perwujudan dari Mahamayuri Vidyarajni.

Dikarenakan Dharmabala Tiga Buddha Agung ini bergabung menjadi satu, maka Mahamayuri Vidyarajni mampu mengubah karma tetap, sekalipun takdir yang sukar diluputkan juga dapat dirubah. Oleh karena itulah kekuatan dari Mahamayuri Vidyarajni tak terhingga…………………baca selengkapnya di sini.

Sekilas Maha Mayuri yang ada di Dharma Talk :

  • * Mahamayuri adalah “tubuh persamaan” dari Buddha Vairocana, Sambhogakaya dari Buddha Amitabha, dan Nirmanakaya dari Buddha Sakyamuni.(Dharma Talk edisi Oktober 2009, hal 16)

  • * Mahaguru bahkan menyebutkan, penerapan Simabandhana sangat luas, tebarkan abu homa Mahamayuri di keempat sudut terjauh dari sebuah negara, bisa Simabandhana untuk seluruh negara. (Dharma Talk edisi Maret 2010, hal 25).

  • * Selengkapnya bisa baca di sini

Begitu dahsyatnya kekuatan Maha Mayuri, Tantra Timur sangat menjunjung tinggi Mahamayuri Vidyarajni, Beliau dapat melindungi negara, seperti Upacara Agung Perlindungan Bagi Negara. Dalam skala besar dapat melindungi negara, dalam skala kecil mampu menyembuhkan penyakit, bahkan dapat menghadirkan Buddhatta. Untuk mendoakan negara Indonesia khususnya kota Palembang yang sedang dilanda bencana asap, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Mayuri pada tanggal 25 Oktober 2015 pukul 2 siang. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan didampingi V.A Lian Pu dan Bhikkhu LHama.

Upacara kali ini merupakan upacara terakhir di bulan Oktober 2015. Ini merupakan upacara Perdana bagi VVBS dengan yidam Maha Mayuri.

Di ruang bhaktisala altar persembahan homa Maha Mayuri dan juga pratima Maha Mayuri yang terlihat sungguh anggun dan berwibawa. Yang membedakan upacara kali ini yaitu di sekeliling altar tersebut terdapat Pot untuk abhiseka (guan ding ping) dimana pot tersebut terdapat bulu merak, kemudian pratima Maha Mayuri dikelilingi oleh beberapa patung arahat (murid dari Sakyamuni Buddha), di lingkaran kedua terdapat 8 panji yang bertuliskan dama para Buddha. Di lingkaran ketiga terdapat ling pai yang bertuliskan nama – nama dari pada para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala, para Dewa Dewi dan Makhluk suci lainnya yang ada di Mandala Maha Mayuri.

Upacara dimulai pukul 14.00 WIB, rombongan Acarya dengan diiringi muda – mudi memasuki ruang Bhaktisala. Kemudian Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu “Pendupaan”. Prosesi tata ritual upacara dari penjemputan Vajra Acarya hingga pelafalan mantra Mahaguru untuk memohon adhistana pemberkahan silsilah, yang membedakannya yaitu dimana setelah pelafalan mantra tersebut, ada sedikit yang berbeda dari tata ritual kali ini yaitu di bagian Catur Sarana.

memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra yidam, bervisualisasi yidam dan melafalkan mantra yidam.

Untuk visualisasi Maha Mayuri sebagai berikut 大海上面,萬里無雲晴空,先出現孔雀羽,然後孔雀羽當中有一個白色種子 字「 」瑜字。然後變化成一隻金色大孔雀王。再觀想孔雀的背上有一個白色種子字「 班 」字變化成白色蓮花。在白色蓮花上顯現一個金色或白色種子字「 摩 」字旋轉變化成金色或白色或金白混合色的四臂孔雀明王,頭戴五佛冠。祂的右手第一隻手拿的是白色蓮花,右手的第二隻手是拿著紅色俱緣果。左手的第一隻手是拿著黃色吉祥果,左手第二隻手是拿著孔雀羽。再觀想孔雀明王天心部放出一道白光,直照自己天心。孔雀明王喉部放出一道紅光,直照自己喉部。孔雀明王心輪放出一道藍光,直照自己心輪,白、紅、藍三光溶入自己身心。 Bervisualisasi Di atas samudera langit cerah tanpa awan. Pertama-tama, muncul bulu merak, kemudian di tengah bulu merak ada sebuah aksara YU berwarna putih, kemudian aksara tersebut berubah menjadi raja merak raksasa berwarna keemasan. Kemudian visualisasi di punggung merak terdapat aksara BANG berwarna putih, bijaksara Ban berubah menjadi teratai putih. Di atas teratai putih muncul bijaksara MO berwarna putih atau emas berubah menjadi Mahamayuri Vidyarajni yang berwarna keemasan atau putih atau perpaduan warna keemasan dan putih. Kepala mengenakan mahkota Pancabuddha. Tangan kanan pertama memegang teratai putih, tangan kanan kedua membawa buah Juyuan merah. Tangan kiri pertama memegang buah kemujuran berwarna kuning, tangan kiri kedua memegang bulu merak. Kemudian bervisualisasi cakra kening Mahamayuri Vidyarajni memancarkan seberkas sinar putih langsung ke cakra kening sadhaka. Tenggorokan Mahamayuri Vidyarajni memancarkan seberkas sinar merah langsung ke tenggorokan sadhaka. Cakra hati Mahamayuri Vidyarajni memancarkan seberkas sinar biru langsung ke cakra hati sadhaka. Sinar putih, merah dan biru melebur dalam lahir dan batin sadhaka.


mantra Mayuri : 嗡。摩玉利。吉拉帝。梭哈 Om. Mo yu li. ge la di. suo ha.

Vajra Acarya dipersilahkan untuk memberkati sarana puja dan kayu homa, memutar Japamala memberkati, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan dimasukkan ke dalam tungku. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala pemberkahan dan penyeberangan.

Setelah selesai puja api homa, sebelum kembali ke Dharmasana, Vajra Acarya memberkati altar Dirgahayu dan altar Penyeberangan yang digelar, dimana disana telah ada nama – nama donatur dari upacara ini.

Upacara dilanjutkan dengan melafalkan Gatha Usai Samadhi : 世尊大悲心,法體寂滅性,大力大作用,功德全具足。Shi zun Da bei xin (Baghavan Mahakaruna); Fa ti Ji mie xing (Dharmakaya Nirvanam); Da li Da zuo yong (Mahabala Mahasaguna); Gong de Quan Ju zu (Sarvaguna Upapeta) dilanjutkan denganmantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa sebelumnya ditambah kata – kata ini terlebih dahulu 家園永固,身心安樂,全佛世界,佛法無盡。Jia yuan Yong gu, Shen xin An le, Quan fo shi jie, Fo fa wu jin (Keluarga kokoh selamanya, bahagia dan tenteram baik lahir maupun batin, seluruh Buddhaloka, Buddhadharma tak terhingga), mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Adinata Upacara

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Mayuri beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-maha-mayuri/

Untuk download Mudra Mayuri, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk Baca hal unik Maha Mayuri di Dharma Talk, silahkan ke sini :
http://blog.shenlun.org/2013/06/5-hal-unik-seputar-maha-mayuri/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Comments (1)

Lian Hua U SIongDecember 9th, 2015 at 12:05 pm

SangSe,

Mohon info dimana dan bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan SUTRA MAHA MAYURI yang ada phin yin (cara membacanya).

Terima kasih Sangse,
Lian Hua U SIong

Leave a comment

Your comment