Artikel Dewata Penguasa Lima Pegunungan – 五嶽大帝

Download: Artikel Dewata Penguasa Lima Pegunungan(PDF)

Artikel Dewata Penguasa Lima Pegunungan

Kelima Dewa ini secara bersama-sama disebut Wu Yue Da Di yang berarti Maharaja 5 Pegunungan. Masing-masing menguasai satu wilayah pegunungan.Dong Yie Da Di adalah penguasa pegunungan timur. Yang dimaksud Dong Yue adalah pegunungan Tai Shan di propinsi Shandong. Xi Yue Dan Di adalah penguasa pegunungan barat. Yang dimaksud dengan Xi Yue adalah pegunungan Hua Shan di propinsi Shanxi. Nan Yue Da Di adalah menguasai pegunungan selatan. Yang dimaksud dengan Nan Yue adalah pegunungan Heng Shan di propinsi Hunan. Bei Yue Da Di adalah menguasai pegunungan utara. Yang dimaksud pegunungan utara ialah Heng Shan di propinsi Shanxi. Sedangkan Zhong Yue Da Di adalah penguasa pegunungan tengah. Yang dimaksud adalah pegunungan Song Shan di propinsi Henan.

Kelima pegunungan itu adalah gunung-gunung yang dianggap suci di Tiongkok dan secara bersama-sama disebut Wu Yue yang artinya Lima Gunung Suci.

Sejak runtuhnya dinasti Shang dan berdirinya dinasti Zhou, mulailah orang-orang berdatangan ke-5 tempat suci itu untuk berziarah, nabi Kongzi sendiri pernah datang ke gunung Tai Shan dan menulis syair pujian disana. Bersembahyang di Tai Shan menjadi upacara kebesaran bagi kaisar. Juga upacara-upacara di empat pegunungan yang lain. Oleh para kaisar itu, Dewa-dewa penguasa kelima pegunungan diberi gelar “kehormatan”………Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment