Liputan dan Dokumentasi Upacara Argam Puja Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Dewi Yao Chi 13 Februari 2016 di VVBS Palembang

Temen – temen,
berikut ini adalah dokumentasi Upacara Argam Puja Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Dewi Yao Chi

Dharmadesana V.A Lian Yuan selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_13feb2016.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut

Masih dalam semarak Tahun Baru Imlek, Sabtu 13 Februari 2016, pukul 14.00 WIB Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan upacara Argam Puja Pemberkahan dan Penyeberangan Maha Dewi Yao Chi(南無無極瑤池金母大天尊息災祈福超度水供大法會). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan (釋蓮元金剛上師主壇) dan di dampingi oleh V.A Lian Pu (釋蓮菩金剛上師), para Bhikkhu Lhama (眾法師), para pandita Lokapalasraya (助教護壇).

Upacara kali ini di hadiri oleh Ketua dan pengurus beserta umat dari Luar kota Palembang (vihara Vajra Bumi Prabu, Vihara Vajra Bumi Silampari, Vihara Tri Ratna, Vihara Samanthabadra pontianak, Ketua Majelis Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia, Vihara Maha Welas Asih, Vihara Vajra Bumi Pekalongan, dan lain sebagainya), lalu beberapa umat dari vihara lain juga ikut hadir berpartisipasi (WALUBI Sumsel, KMBP, PSMTI,dll). Terlihat di atas panggung telah di dekor dengan Gambar Maha Dewi Yao Chi yang besar, ada barang – barang persembahan seperti buah dan kue di susun sedemikian rupa, sehingga altar mandala terlihat sangat cantik dan anggun. Di atas altar terdapat Pagoda yang berisi sarira yang diberikan oleh Mahaguru dan Miniatur Vihara Vajra Garbha Seattle dimana di dalamnya terdapat sutra. Tandu Maha Dewi Yao Chi diletakkan di tengah dekat pintu masuk, sehingga waktu umat yang hadir memasuki ruangan, bisa langsung beranjali di hadapan Pratima Maha Dewi Yao Chi. Umat yang hadir sekitar 800 orang.

Upacara dimulai dengan dipandu oleh V.A Lian Pu dan Bhikkhu Lhama Lian Zui sebagai MC. Barisan muda mudi menjemput rombongan Vajra Acarya menuju altar mandala, setibanya V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa diiringi lagu “Pendupaan”. Kemudian V.A dan yang lainnya dipersilahkan duduk. Dilanjutkan dengan memperkenalkan rombongan dari luarkota atau tamu undangan. Upacara berlangsung dengan sangat khidmat sesuai dengan tata ritual argam puja. Saudara – saudari sedharma yang hadir terlihat sangat khuysuk saat pembacaan mantra, sutra. Memasuki proses visualisasi yidam yaitu Visualisasi Yao Chi Jin Mu. 大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有白色種子字「 」吽字,放大白光。月輪中「 」吽字旋轉,化為無極瑤池金母,戴鳳冠持拂塵及如意,面帶微笑,法相莊嚴,慈眼視眾生。觀想金母的手中拂塵及如意放白光上昇,成一弧形從密宗行者的頂竅灌入,行者透體成白色水晶透明,業障全消除。(或觀想金母天心部位放出一道白光,直照自己天心。金母喉部放出一道紅光,直照自己喉部。金母心輪放出一道藍光,直照自己心輪,白、紅、藍三光溶入自己身心。)
Diatas samudera, langit cerah tanpa awan, cakra chandra muncul dari permukaan laut, ditengah cakra chandra terdapat bijaksara HUM berwarna putih (lihat gambar), memancarkan cahaya putih. Bijaksara HUM berputar searah jarum jam, berubah menjadi Yaochijinmu, memakai mahkota feniks, tangan kanan membawa Vjayana, tangan kiri membawa Ruyi. Berupa agung, tersenyum dan menatap para makhluk dengan penuh kasih . Bervisualisasi vyajana dan ruyi memancarkan cahaya putih melesat keatas, membusur memasuki ubun-ubun sadhaka, menyebar ke seluruh tubuh, karma buruk berubah menjadi asap hitam keluar melalui pori pori tubuh, sekujur tubuh menjadi sebening kristal.(Atau bervisualisasi cakra dahi Yaochijinmu memancarkan cahaya putih menyinari dahi kita. Leher Yaochijinmu memancarkan seutas sinar merah menyinari leher kita, dan cakra hati Yaochijinmu memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita.)

Setelah itu melafalkan mantra Maha Dewi Yao Chi 嗡。金母悉地。吽。(om. jin mu xi di. hum. ).

Mantra Maha Dewi Yao Chi mengiringi V.A Lian Yuan mempersembahkan persembahan ke dalam air. Terlebih dahulu satu persatu divisualisasikan, kemudian di masukkan ke dalam air. Selesai Upacara, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengarkan di atas. Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka Ma Shang You Qian.

Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama yang dihadiri oleh perwakilan Gubernur Sumatera Selatan, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Walikota Palembang, dan pejabat penting lainnya. Acara ini diisi dengan penampilan dari muda mudi VVBS (gerak dan tari), kemudian tarian Maha Dewi Yao Chi, Modern Dance Imlek, duet cilik, Line dance dari vihara Vajra Bumi Prabu.

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Tata ritual sadhana Yidam Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-maha-dewi-yao-chi/
* Tata ritual sadhana Yao Chi Jin Mu Ma Shang You Qian : https://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-yao-chi-jin-mu-ma-shang-you-qian/
* Mantra Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-yao-chi/
* Screen Saver Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-golden-mother/
* Sutra Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/sutra/sutra-maha-dewi-yao-chi/
* Penyalinan Sutra Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/
* Mudra Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/
* Artikel Maha Dewi Yao Chi : https://www.shenlun.org/artikel-lain/yao-chi-jin-mu/

*Temukan informasi menarik lainnya di https://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment