Welas Asih

Download: Welas Asih(PDF)

Welas Asih

Welas asih adalah awal dari Buddhisme dan ini adalah intisari dari Buddhisme. Buddha Sakyamuni mempraktekkan dan memanifestasikan welas asih melalui kehidupannya. Kita bahkan akan mengatakan bahwa beliau muncul di dunia ini untuk memanifestasikan welas asih.

Buddha Sakyamuni menjadi seorang praktisi karena beliau telah melihat penderitaan hidup dan beliau ingin mengetahui alasannya. Beliau melihat kilesa semua makhluk dan realita dari kelahiran, usia tua, sakit dan mati. Hal ini menyebabkan beliau mereflektasikannya ke dalam situasinya sendiri; bahwa beliau juga akan melalui proses kelahiran, usia tua, sakit dan mati. Buddha telah melakukan praktek tidak hanya memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, mengatasi penderitaannya sendiri akan tetapi dikarenakan kepeduliannya terhadap semua makhluk dan welas asihnya pada apa yang tampaknya menjadi takdir yang tak terelakkan.

Pada akhirnya kehidupan Buddha, setelah empat puluh lima tahun mengajar dan menolong semua makhluk, mereka yang dapat membebaskan selama hidupnya telah terbebaskan dan beliau telah menanam benih pembebasan di masa yang akan datang pada mereka yang belum terbebaskan. Oleh karena Buddha Sakyamuni memanifestasikan welas asih dari awal hingga akhir kehidupannya, maka welas asih merupakan jantung dan intisari dari Buddhisme. Welas asih tidak terpisahkan dari realita kehidupan sehari-hari Buddha dan meskipun kita tidak dapat melatih welas asih pada tingkat yang beliau praktekkan, hal ini tidak akan terpisahkan dari kehidupan kita…….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment