Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Marici Bodhisattva 2 Oktober 2016 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Marici 02 Oktober 2016 :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Sekilas informasi mengenai Marii yang ada di TBSN.org : 【 Pengenalan Singkat Pratima Marici Devi 】:

Marici Devi Bodhisattva, tubuh mengenakan jubah surgawi berwarna merah, dihiasi perhiasan aneka ratna manikam.

Marici Devi berkepala tiga, bermata tiga, berlengan delapan ( Tangan kiri : memegang pasa , busur, dahan pohon Asoka dan benang ; Tangan kanan : memegang Vajra, jarum, ankusa dan anak panah )

Wajah utama berparas ksanti, tersenyum berwarna kuning tua, mata terbuka, bibir merah, merupakan raut gagah berani dan leluasa ; Wajah kanan berwarna merah tua bagaikan warna padma ratna manikam dari bulan purnama musim gugur, memancarkan terang teragung, berparas welas asih penuh sukacita, merupakan rupa seorang gadis ; Wajah bagian kiri adalah wajah varahi, bengis dan angkara, taring mencuat, berwarna biru, alis mata mengrenyit, lidah terjulur, menakutkan bagi yang menatapnya, berparas Mahakrodha ; Bodhisattva berdiri atau duduk di atas sebuah kereta perang yang ditarik oleh Babi emas.

【 Marici dalam wujud Devi】:Bodhisattva duduk atau berdiri di atas padmasana, tangan kiri membawa sebuah kipas surgawi, seperti kipas Devi yang berada di depan Vimalakirti, tangan kanan terjulur ke bawah, telapak tangan menghadap depan, membentuk mudra varada. Bodhisattva mengenakan jubah surgawi, dapat divisualisasikan di kedua sisi kiri dan kanan Bodhisattva terdapat Devi pengiring yang membawa vyajana ( kebutan putih )…………….. selengkapnya baca di sini

Menurut artikel yang ada di website VVBS : Nama “Marici” adalah perkataan Bahasa Sanskerta. Terdapat beberapa versi terjemahannya, sebagai misalnya: ” Marici yang bercahaya-cahaya, atau Sang sinar matahari”. Maha bodhisattva Marici atau Dewi Marici adalah makhluk golongan Dewa dan adalah seorang Dewi atau Dewa wanita. Beliau memiliki kemampuan dapat tidak menampakkan diri untuk melenyapkan kejahatan dan bencana-bencana yang mengancam para makhluk dan menganugerahkan berkah keselamatan dan kemanfaatan-kemanfaatan kepada makhluk –makhluk. Walaupun beliau itu adalah seorang Dewi penghuni surga kadang-kadang beliau juga dinamai Maha Bodhisattva Marici atau Maha Bodhisattva Marici Yang Agung.

Menurut naskah suci agama Buddha yang dinamai “Marici Dharani Sutra”, diceritakan bahwa Maha Bodhisattva Marici ini memiliki kekuatan Spiritual yang besar. Beliau selalu berjalan di depan dewa matahari, tetapi dewa matahari tidak melihat sang dewi. Sebaliknya sang dewi dapat melihat dewa matahari. Karena Dewi ini mampu tidak menampakkan diri, maka orang dan makhluk –makhluk lain, tidak mampu melacak keberadaan beliau. Tidak ada seorang pun makhluk yang dapat menangkap, melukai, atau mendustai beliau. Menurut kitab suci agama Buddha, orang-orang yang mengikuti ajaran spiritual dari Maha Bodhisattva Marici atau yang mengucapkan Doa-doa suci dari Marici Sutra, dia akan memperoleh perlindungan dari beliau……………………Baca selengkapnya di sini

Di majalah Dharma Talk edisi November 2009, Nama “Marici” adalah perkataan Bahasa Sanskerta terdapat beberapa versi terjemahannya, sebagai misal “Marici yang Ber-Cahaya-Cahaya’, atau “Sang Sinar-nya Matahari”. Maha Bodhisattva Marici, atau Dewi Marici, adalah makhluk Golongan Dewa, dan adalah seorang Dewi, atau Dewa Wanita. Beliau memiliki kemampuan dapat tidak menampakkan diri untuk melenyapkan kejahatan dan bencana-bencana
yang mengancam para makhluk, dan menganugerahkan Berkah keselamatan dan kemanfaatan-kemanfaatan, kepada makhluk-makhluk. Walaupun Beliau itu adalah seorang Dewi penghuni surga, kadang-kadang beliau juga dinamai Maha Bodhisattva Marici, atau Maha Bodhisattva Yang Agung.

Menurut naskah suci Agama Buddha yang dinamai “Marici Dharani Sutra”, diceritakan
bahwa Maha Bodhisattva Marici ini memiliki Kekuatan Spiritual yang besar. Beliau selalu berjalan di depan Dewa Matahari, tetapi Dewa Matahari tidak melihat Maha Bodhisattva Marici November’09 41 Sang Dewi. Sebaliknya, Sang Dewi dapat melihat Dewa Matahari. Karena Dewi ini mampu tidak menampakkan diri, maka orang dan makhluk-makhluk lain, tidak
mampu melacak keberadaan beliau. Tidak ada seorang pun makhluk, yang dapat menangkap melukai, atau mendustai beliau. Menurut Kitab Suci Agama Buddha, orang-orang yang mengikuti Ajaran Spiritual dari Maha Bodhisattva Marici, atau
yang mengucapkan doa-doa suci Marici Sutra, dia akan memperoleh perlindungan dari beliau….selengkapnya baca di sini

Menyambut hari suci Marici Bodhisattva, tanggal 2 Oktober 2016 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengadakan Upacara Api Homa Tolak Bala, Pemberkahan dan Penyeberangan Marici Bodhisattva.

Upacara tersebut dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan didampingi para Bhikkhu Lhama(Lian Xia & Lian Zui).

Sebelum upacara dimulai seperti biasa, para umat sedang sibuk mendaftarkan keluarga mereka untuk pemberkahan atau mendaftarkan leluhur, arwah penagih hutang, arwah janin, dll untuk penyeberangan. Ada juga umat yang sedang membeli barang persembahan (Gong Yang), ada yang membeli bunga dan ada yang sedang menulis kayu homa.

Pukul 14.00 WIB, antusias dari umat yang hadir memenuhi ruang bhaktisala, upacara pun segera di mulai. Rombongan Muda-mudi mengiringi para Acarya untuk memasuki ruang bhaktisala, lalu V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa dan diiringi lagu pendupaan yang menjadi salah satu lagu pembuka.

Upacara dimulai berdasarkan tata ritual dari membaca mantra pembersihan dan dilanjutkan dengan mantra pengundang, sampai ke melafalkan mantra Mahaguru untuk memohon adhistana silsilah. Selanjutnya memasuki tahap inti, membentuk mudra Marici Bodhisattva bervisualisasi di atas samudera langit cerah, cakra candra terbit dari permukaan laut dan di tengahnya terdapat bijaksara (Mo) berwarna emas yang memancarkan cahaya keemasan, bijaksara tersebut berputar dan muncul Marici Bodhisattva berwujud lengan dua, duduk di atas padmasana, tangan kiri memegang kipas, tangan kanan menjulur ke bawah, membentuk mudra Varada. Tubuh Marici Bodhisattva berwarna emas, mengenakan jubah berwarna putih. lalu bervisualisasi Marici Bodhisattva memancarkan tricahaya pada diri sadhaka, sadhaka memperoleh triguhya, sekujur tubuh menjadi bersih dan bening. Setelah itu membaca mantra Marici Bodhisattva :“嗡.摩利支玉.梭哈(Om. Mo Li Zhi Yu. Suo Ha)” 21x.

Mempersilahkan V.A Lian Yuan memberkati sarana puja dan kayu homa, dan melakukan simabandhana (Jie Jie), kemudian satu persatu persembahan di masukkan ke dalam tungku di lanjutkan dengan memperagakan berbagai mudra. V.A Lian Pu dan Bhikkhu Lhama Lian Zui ada membuat kipas marici dan mandala mini marici untuk dipersembahkan kepada Marici.

Setelah itu memasuki samadhi dan membaca mantra 8 yidam dilanjutkan dengan penyaluran jasa, puja Amitabha, mantra sataksara, namaskara dan diakhiri dengan mantra paripurna.

Selesai upacara, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Marici Bodhisattva

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum.

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Marici beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-marici-bodhisattva/

untuk download sutra Marici beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-marici-bodhisattva/

Untuk download Mudra Marici, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

untuk download Dokumen Penyalinan sutra Marici, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download Artikel Marici, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/artikel-lain/artikel-marici-bodhisattva/

Untuk download screen saver Marici, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-marici-bodhisattva/

Informasi menarik lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment