Artikel Dewa Angin, Dewa Halilintar, Dewa Kilat dan Dewa Awan – 風神,雷神,電神,雲神

Download: Artikel Dewa Angin, Dewa Halilintar, Dewa Kilat dan Dewa Awan(PDF)

Artikel Dewa Angin, Dewa Halilintar, Dewa Kilat dan Dewa Awan

Feng Shen adalah Dewa yang mengatur peredaran angina. Ia sering disebut Feng Bo (Hong Pek, Pangeran Angin). Banyak pendapat yang mengatakan siapa sesungguhnya Feng Bo ini. ada anggapan bahwa jabatan Feng Bo dipegang salah satu dari Er shi ba Xiu atau 28 bintang, yaitu bintang Qi (Shui Bao) dari kelompok Cang Long (Naga Hijau).

Tapi ada legenda lain yang menyebutkan bahwa Feng Bo adalah seekor naga yang bernama Fei Lian, pembantu Chi You si pemberontak yang akhirnya ditundukkan oleh Kaisar Huang Di. Setelah Chi You dikalahkan, Fei Lian kabur dikawasan selatan dan menimbulkan bencana disana. Kaisar Yao, pengganti Huang Di, lalu memerintahkan pemanah sakti, Hou Yi untuk menaklukkan sisa-sisa anak buah Chi You. Fei Lian dapat dikalahkan dan menyerah setelah terjadi pertempuran sengit, dimana Fei Lian mengeluarkan kesaktiannya dengan mendatangkan angina disertai pasir dan batu yang beterbangan.

Fei Lian berlutut dihadapan Hou Yi dan minta ampun atas segala kesalahannya. Ada juga sebuah sumber yang mengatakan bahwa Fei Lian adalah seekor naga penjelmaan dari seorang menteri yang jahat. Pembantu Kaisar Zou Wang pada masa akhir dinasti Shang atau Yin. Dan gugur dalam pertempuran dengan tentara Zhou Wu Wang yang mengatakan Fei Lian digambarkan sebagai makhluk yang bertumbuh seperti rusa, besarnya kira-kira sama dengan seekor macan tutul, kepalanya berbentuk kepala burung bertanduk ular dan dapat menimbulkan angin besar sesukanya.

Yu Shi atau disebut juga Yu Shen, bertugas mengatur peredaran hujan. Jabatan ini dipegang oleh bintang Bi (Yue Niao) dari kelompok tujuh bintang Bai Hu (macan putih) dari Er shi ba Xiu.

Yu Shi dilukiskan dengan memakai baju perang bersisik kuning bertopeng biru dengan jambul kuning, berdiri di atas awan dengan membawa ember untuk menyiram air hujan ke bumi. Kadang kala ia juga digambarkan dengan membawa pinggan kecil di tangan kiri dan dalam pinggan itu terdapat seekor naga. Sumber lain mengatakan Yu Shen adalah Chi Song Zi seorang Dewa ahli pembuat hujan yang hidup pada zaman Kaisar Shen Nong. Nong meminta bantuan Chi Song Zi untuk mendatangkan hujan. Ia meminta semangkok air putih dan kemudian memetic sebatang cabang di puncak sebuah gunung. Dicelupkannya kedalam mangkok dan dipercikkan ke angkasa, sekejap mata turun hujan deras disertai dengan awan tebal. Sejak itu Chi Song Zi diangkat menjadi Dewa Hujan. Digambarkan dengan memegang mangkok mustikanya …….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment