Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan & Penyeberangan Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata 16 Maret 2017 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata 16 Maret 2017 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Bertepatan dengan hari suci Avalokitesvara Bodhisattva, Kamis, 16 Maret 2017, Vihara Vajra Bumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata(南摩千手千眼觀世音菩薩息災祈福超度護摩火供大法會). Upacara tersebut dipimpin oleh V.A Lian Yuan, di dampingi oleh V.A Lian Pu, dan para Bhikkhu Lhama.


Temen – temen tentu telah mengenal Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata(Qian shou guan yin).

【 Pengenalan Singkat Pratima Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara Bodhisattva 】

Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara Bodhisattva bermuka sebelas, tiga wajah bagian depan adalah wajah Bodhisattva, tiga wajah bagian kiri adalah wajah krodha dan tiga wajah bagian kanan adalah wajah bhuta, satu kepala di belakang adalah Mahakrodha yang tertawa, sedangkan paling atas adalah wajah Buddha.

Ini merepresentasikan lima bagian, yang paling atas adalah Buddha-kula, sedangkan wajah Bodhisattva dan Bhuta merepresentasikan Padma-kula, wajah krodha merepresentasikan Vajra-kula , wajah Mahakrodha tertawa merepresentasikan Karma-kula.

【 Dharmaraja Lian-sheng Berdharmadesana 】 : Asal Muasal dan Kiat Sadhana Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara Bodhisattva

Asal mula Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara Bodhisattva adalah : Dahulu kala, Avalokitesvara Bodhisattva telah membangkitkan Mahapranidhana yang sangat luas. Pada suatu hari Hyang Bodhisattva menjumpai meskipun Beliau telah menuntun para insan yang tak terhingga banyaknya, namun sama sekali tak nampak berkurang, samasekali tidak bertambah juga tidak berkurang. Bodhisattva telah demikian tekun dan gigih dalam menuntun insan, namun para insan yang perlu dituntun tetap tak ada habisnya , Beliau mulai putus asa, oleh karena itu telah melanggar pranidhana, sehingga kepalanya pecah menjadi sepuluh bagian dan tubuhnya hancur menjadi seribu kepingan.

Saat itu Buddha Amitabha yang merupakan Mulacarya dari Avalokitesvara Bodhisattva, dengan Dharmabhala Buddha memasuki Samadhi Bodhisattva, berubah menjadi Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara Bodhisattva .

Kepala Amitabha Buddha ditambahkan sepuluh bagian kepala, menjadi Ekadasamukha ( 11 Kepala ), melambangkan Bhumi Kesebelas yaitu Sambodhi, yang teratas adalah Amitabha Buddha. Kemudian seribu kepingan tubuh dijadikan seribu lengan dengan seribu mata, menjadi Sahasrabhuja Sahasranetra Avalokitesvara Bodhisattva. Mantra Bodhisattva ini yang paling termasyur adalah Mahakaruna Dharani (Da-bei zhou) , yang kemujarabannya luar biasa.

………………..Baca selengkapnya disini

Awalnya akan diadakan upacara api homa Avalokitesvara, tetapi dikarenakan suatu hal, maka yidam diganti menjadi Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata. Sebelum Upacara Api Homa dimulai seperti biasa umat yang hadir sibuk menulis kayu homa, formulir pemberkahan, dan formulir penyeberangan untuk mendaftarkan keluarga mereka baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal. Selain itu juga ada yang membeli persembahan. Terlihat di mandala puja api homa terdapat persembahan botol yang di pegang Avalokitesvara, kemudian kalung. Kedua benda ini terbuat dari manik – manik (Motek). Dan juga ada yang mempersembahkan Topi.

Upacara dimulai pukul 19.30 WIB, mantra Mahaguru mengiringi Barisan muda-mudi yang menjemput rombongan Vajra Acarya. Sampai di ruang Bhaktisala, lagu Pendupaan mengiringi V.A Lian Yuan mempersembahkan dupa, kemudian mempersilahkan V.A Lian Yuan untuk duduk, dan juga mempersilahkan V.A Lian Pu beserta para Bhikkhu Lhama dan umat untuk duduk. Dilanjutkan dengan pembacaan surat doa. Setelah selesai membaca surat doa, V.A Lian Yuan memberkati surat doa beserta formulir pendaftaran. Selanjutnya menyanyikan lagu Lu Xiang Zan & Qing Jing Zan, Mantra Pembersihan, mantra pengundang, hingga Mantra Padmakumara dilafalkankan sesuai dengan tata ritual, setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra yidam Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata, kemudian bervisualisasi 我們觀想虛空出現一個月輪,月輪中心有一個種子字「些」,然後千手千眼觀世音菩薩出現。你要觀想九個頭,一千隻手,中間的手是合掌的,發出毫光。再觀想供品在前面,以一個咒字「磅」,就變化無窮無盡,供養千手千眼觀世音菩薩;觀世音菩薩生歡喜心,放三光加被你,白光、紅光、藍光,你自身化為非常的光明;這個時候觀世音菩薩因接受你的供養,祂變成一個光點移到你的頂輪,從你的頂輪進入你的中脈,你心裡面有一個蓮花,中間有一個「些」字,這時候觀世音菩薩進入你的心中,坐在你心中的蓮花上;然後這個光點慢慢增強,到你的全身都充滿,一彈指之間,你自己就變成千手千眼觀世音菩薩,觀想自己完完全全變成千手千眼觀世音菩薩

Visualisasi di angkasa muncul sebuah cakra candra, di tengah cakra candra tersebut terdapat bijaksara [xie], dan muncullah Sahasrabuja netra Avalokitesvara, sadhaka bervisualisasi Avalokitesvara tersebut memiliki Sembilan kepala, seribu tangan, tangan yang berada di tengah dalam posisi Anjali, memancarkan cahaya.

Kemudian bervisualisasi sarana puja yang ada di depan kita, dan terdapat bijaksara [bang], persembahan tersebut berubah menjadi banyak tak terhingga dan di persembahkan kepada yidam. Dan Yidam dengan gembira menerima persembahan tersebut. Kemudian yidam memacarkan Tricahaya memberkati kita.

Tubuh kita memacarkan cahaya yang terang, pada saat ini Yidam berubah menjadi sebuah titik sinar dan sinar tersebut masuk melalui ubun kepala kita dan turun melalui nadi tengah, dan di tengah cakra hati sadhana terdapat sebuah teratai, di atas teratai tersebut terdapat bijaksara [xie], pada saat itu yidam masuk ke dalam hati anda, dan duduk di atas padmasana tersebut.
Dan titik sinar tersebut perlahan – lahan memenuhi tubuh sadhaka dan dalam satu petikan jari, diri sadhaka berubah menjadi yidam.

Melafalkan mantra Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata “南摩。三滿多。母多南。瓦日拉。達摩。些。」na mo. San man duo. Mu duo nan. Wa ri la. Da mo. xie” dengan lantang untuk mengundang kehadiran Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu mata sebanyak 21x. Kemudian Vajra Acarya melakukan puja api homa.

Setelah Upacara Api Homa selesai, Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma, temen – temen bisa dengarkan di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu mata

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Mantra Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-avalokitesvara-seribu-tangan-seribu-mata/

* Untuk download Screen Saver Avalokitesvara Seribu Tangan Seribu Mata, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-avalokitesvara-seribu-tangan-seribu-mata/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment